Minum dari Botol Plastik, Aman Gak Ya?

Minum dari Botol Plastik, Aman Gak Ya?
Loading...

Di situasi tertentu, tak jarang sebagian dari kita ‘terpaksa’ minum air kemasan. Tapi, apakah aman meminum air dari botol plastik? Air botol tersedia dalam wadah plastik dan kaca. Wadah kaca adalah pilihan yang lebih aman. Tapi umumnya, kita lebih memilih yang lebih murah dan lebih suka air dalam botol plastik.

Keamanan botol plastik bervariasi tergantung pada jenis plastik yang digunakan. Produk berkualitas rendah mungkin dapat berdampak pada masalah kesehatan yang serius seperti kanker.

Sebagian besar botol plastik yang tersedia di pasaran hanya untuk sekali pakai. Tetapi, tak sedikit yang menggunakannya kembali untuk menyimpan air. Plastik ini terbuat dari polietilen tereftalat (PET/PETE), yang murah dan ringan. Menggunakannya kembali akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Sebagian besar air kemasan yang tersedia dengan harga murah terbuat dari plastik berkualitas rendah. Jika Anda bertanya-tanya apakah aman minum air dari botol plastik, jawabannya tergantung pada jenis plastik yang digunakan dan apakah boleh digunakan kembali.


Komplikasi kehamilan

Loading...

BPA yang digunakan dalam botol plastik Tipe 7 terbukti menyebabkan komplikasi bagi wanita hamil dan janin. BPA meniru estrogen palsu dan ini dapat menyebabkan kelainan kromosom, yang mengakibatkan cacat lahir.

Pubertas awal

Paparan bahan kimia yang meniru hormon seperti estrogen akan menghasilkan pubertas dini. Ini juga akan meningkatkan kemungkinan Anda menderita kanker prostat dan kanker payudara jika digunakan secara rutin. Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa air kemasan berkualitas rendah dapat memengaruhi kesuburan juga.

Infeksi

Anda berisiko lebih tinggi terkena infeksi saat minum air dari botol plastik. Jika air tidak dimurnikan dengan benar berdasarkan pedoman yang disyaratkan, mungkin ada bakteri penyebab penyakit. Desain botol juga memainkan peran penting, karena akan mengandung bakteri jika sulit dibersihkan.

Karsinogenik

Jika air dalam botol plastik dalam keadaan hangat, kemungkinan besar mengandung senyawa karsinogenik, karena reaksi antara air hangat dan plastik. Hindari menggunakan botol plastik untuk menyimpan air hangat. 

Untuk menyimpan atau membawa air, lebih baik menggunakan gelas atau botol baja. Jika memilih air kemasan, pilihlah yang memiliki kode 2,4 atau 5. Ingat, kualitas botol menentukan kualitas air di dalamnya.

Sumber: Boldsky

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *