Makanan Ikan Cupang yang Sehat dan Bergizi Tinggi

  • Whatsapp
makanan ikan cupang

Alam memberi banyak pilihan untuk makanan ikan cupang. Meski pakan ikan cupang dapat ditemui dengan mudah, tak ada salahnya memberikan variasi makanan yang bernutrisi tinggi kepada cupang kesayangan.

Sebagai pehobi ikan hias terutama ikan cupang atau betta fish, biasanya kita kesulitan mencari pakan alam yang baik untuk ikan cupang. Jangan salah-salah, ikan cupang memiliki cukup banyak pantangan dalam makanan, lho. Jangan sembarangan kasih empan, bisa-bisa ikan cupang ente teler alias koid!

Bacaan Lainnya

Memelihara ikan cupang membuat kita mesti rutin berkeliling got atau parit. Pasalnya, di sanalah kebanyakan pakan alam untuk ikan cupang berasal. Biasanya nih, pakan alam yang kita cari akan berkumpul di tempat-tempat tertentu. Apa saja sih pakan alam yang baik untuk ikan cupang?

7 Rekomendasi Pakan Ikan Cupang Terbaik

Berikut beberapa pakan alam yang baik dikonsumsi ikan cupang dan penjelasannya.

1. Jentik Nyamuk/Encuk

Siapa yang tidak tahu dengan jentik nyamuk atau encuk ini. Jentik nyamuk merupakan larva nyamuk yang biasanya hidup di air kumuh seperti got atau parit. Kehadiran jentik nyamuk tentu saja meresahkan banyak orang. Maka, di poin ini, sebenarnya peternak/pehobi ikan cupang adalah petugas lingkungan yang sangat diandalkan dan dibutuhkan orang banyak.

Menurut saya, jentik nyamuk merupakan pakan alam yang sangat baik untuk ikan cupang. Baik jentik nyamuk yang masih kecil maupun yang menyerupai kepompong. Semuanya boleh dikonsumsi oleh ikan cupang. Akan tetapi, telitilah dalam memberikan pakan ini kepada ikan cupang. Sebab, bisa saja ada spesies lain yang nyempil seperti larva capung atau belatung got yang apabila dimakan oleh ikan cupang dapat menyebabkan ikan kita mengalami sisik nanas/dropsy.

Satu lagi yang penting adalah porsinya. Memberi pakan alam kepada ikan jangan langsung diporsir banyak ya. Kebanyakan ikan cupang sulit menahan napsu makannya sehingga melahap apapun yang bergerak di sekitarnya. Hal itu juga dapat memicu penyakit pada ikan cupang. Jadi, perhatikan porsinya juga, ya!

2. Kutu Air

Pakan alam selanjutnya yang baik dikonsumsi ikan cupang adalah kutu air. Hewan kecil yang doyan berkerubung dan berwarna merah ini juga gampang-gampang sulit ditemukan. Saya sangat merekomendasikan kutu air untuk burayak ikan cupang usia 4-20 hari.

Saya pribadi juga menggunakan kutu air untuk burayak cupang saya yang berusia 4 hari. Hasilnya? Sangat memuaskan. Kalau ada yang mengatakan ini-itu lebih baik, jangan langsung percaya, ya. Bisa saja itu teknik marketing saja. Hahaha.

Kutu air juga bagus kok untuk ikan cupang dewasa. Yang harus diingat lagi, porsinya jangan langsung diporsir banyak ya. Lebih baik memberikan makan ikan cupang 2 atau 3 kali sehari daripada sekali tapi dengan porsi yang berlimpah.

3. Cacing Sutra

Cacing sutra juga pakan alam yang gampang ditemui di parit-parit atau got dekat rumah. Hanya saja, saya pribadi jarang menggunakan karena agak sulit mengambilnya dari tanah. Terlebih lagi, saya sedikit takut dengan cacing sehingga saya lebih sering menggunakan encuk dan kutu air.

Bagi yang tidak bermasalah dengan cacing, cacing sutra bisa jadi rekomendasi berikutnya untuk pakan alami ikan cupangmu. Porsiran cacing yang berwarna merah ini tak perlu terlalu banyak juga. Cukup berikan sekitar 8-10 cacing sutra saja. Berikan dua kali pagi dan sore, maka ikan cupang kita akan terus sehat.

4. Cacing Darah

Bloodworm atau cacing darah yang terkenal akan warnanya yang merah menyala ini adalah pilihan pakan untuk ikan Cupang selanjutnya yang bisa jadi pilihan Toppers.

Meskipun bergizi, protein dari cacing darah bisa dibilang tak setinggi jenis-jenis makanan ikan Cupang lainnya. Hanya saja, makanan Cupang satu ini dipercaya baik untuk menghasilkan warna yang lebih indah pada Cupang hias.

Jadi, tak ada salahnya jadikan cacing darah sebagai salah satu alternatif pakan ikan Cupang favoritmu.

5. Microworms

Pilihan pakan alami untuk ikan Cupang selanjutnya adalah Microworms. Disebut demikian karena ukuran dari cacing ini sangatlah kecil. Karena ukurannya yang kecil inilah Microworms sangatlah cocok dijadikan makanan untuk ikan Cupang yang masih bayi alias burayak.

Membudidayakan Microworms untuk dijadikan makanan Cupang tidaklah sulit. Toppers cukup membeli Microworms dari pedagang ikan hias, dan letakkan ke dalam toples. Berikan sedikit roti tawar yang dijadikan remah-remah dan biarkan hingga microworms akan berkembang biak dengan sendirinya.

6. Lalat

Tak kalah bernutrisi dibandingkan makanan-makanan ikan Cupang lainnya, Lalat adalah pilihan pakan yang bergizi untuk Ikan Cupang selanjutnya. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak memberikan terlalu banyak lalat kepada ikan Cupang serta buang terlebih dahulu bagian kepala lalat sebelum diberikan sebagai makanan Cupang.

7. Kuning Telur

Makanan ikan Cupang yang bernutrisi tinggi selanjutnya adalah kuning telur yang kaya akan protein. Untuk berikan kuning telur pada ikan Cupang, Toppers bisa merebus atau mengukus kuning telur terlebih dahulu sebelum kemudian diberikan kepada ikan Cupang.

Pastikan untuk tidak berikan terlalu banyak dan sering kuning telur karena sisa-sisa pakan ikan Cupang satu ini bisa mengotori aquarium ikan Cupang yang berujung terganggunya kesehatan ikan.

Baca Juga: Jenis Makanan Kucing Terbaik yang Aman Dikonsumsi

Itulah beberapa pilihan makanan ikan cupang yang mudah ditemukan dan baik dikonsumsi ikan cupang. Sesungguhnya, mencarikan pakan alam untuk ikan cupang tidaklah begitu sulit, yang sulit justru membersihkan pakan yang telah kita dapatkan itu. Sebab, tak jarang, ada banyak spesies lain yang tertangkap serokan dan dapat membahayakan si ikan cupang.

Intinya terletak pada ketelitian kita dalam melihat sekumpulan jentik nyamuk, kutu air atau cacing sutra itu. Jangan sampai spesies seperti ulat atau belatung parit ikut masuk dan dilahap oleh ikan cupang. Kemudian lagi, kita juga harus menyaring pakan alam tersebut beberapa kali untuk menghilangkan kandungan kotoran yang ada di parit atau got.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *