Ngobrol Epik

Macam-macam Tipe Mantan Setelah Putus, Mantanmu Tipe yang Mana?

sumber : DewiKu.com

Jika kamu ingin tahu macam-macam tipe mantan setelah putus, kamu harus lebih dulu memastikan kalau kamu pernah punya pacar.

Membahas mantan, artinya menyentuh kembali kenangan (pahit/manis) di masa lalu. Di saat yang sama, mantan sering kali dikemas sebagai sesuatu yang menyakitkan dengan beragam batas maklum; tentang mantan terbaik; mantan terindah. Tapi tetap saja meninggalkan sakit yang sama – luka yang lama sembuhnya.

Mantan punya sejuta gaya bahasa putus untuk mengubah status dari pacar menjadi mantan. Gaya bahasa tersebut sepertinya hampir-hampir tidak pernah berbeda dari dulu. Ya kalaupun beda, mereka mungkin adalah kelompok orang-orang kreatif yang terlatih memutuskan sebuah hubungan. 

Gaya bahasa putus dalam hubungan percintaan yang paling banyak digunakan adalah berlindung dari kalimat “Maaf, kamu terlalu baik buat aku”. Gaya bahasa ini biasanya dipakai jika salah satu sudah merasa bosan dengan hubungan yang sedang ia jalankan. Atau salah satu diam-diam memiliki ketertarikan dengan seseorang yang lain yang ia temui di belakang kekasihnya. Jadi, “kamu terlalu baik” hanya sebuah topeng untuk menutupi maksud lain si Mantan.

Gaya bahasa putus yang tak kalah banyak penganutnya adalah “Aku ingin fokus belajar/kuliah”. Seseorang yang mengandalkan kalimat ini sebagai senjata putus biasanya akan menjalin hubungan baru dengan orang lain dalam waktu singkat. Bangsat bukan?

Tapi putus, tak selalu disampaikan lewat kata-kata: “kamu terlalu baik buat aku” atau “aku ingin fokus belajar/kuliah”. Beberapa putus disampaikan dengan sebuah tamparan di pipi, siraman air, atau cacian yang disertai tangisan histeris. Biasanya, hal seperti ini disebabkan oleh pasangan yang ketahuan selingkuh. Kalimat puncak dari kejadian tersebut adalah “kamu jahat” – yang kemudian menjadi salah satu lagu hits dari Group Band Geisha.

Sayangnya, mantan tak hanya menjadi seseorang yang menyebalkan ada di masa lalu, ia bisa saja muncul di kehidupanmu hari ini. Tentu dengan tingkah dan lakunya yang unik-unik. Inilah macam-macam tipe mantan setelah putus:

Macam-macam Tipe Mantan Setelah Putus

Satu : Mantan yang Sok Perhatian
Saya yakin, di antara orang-orang yang punya mantan, pasti menemukan mantan yang tidak tahu diri seperti ini. Masih sering basa-basi menanyakan:
Hai, apa kabar?”
“Kamu lagi apa?

Tidak, tidak ada yang salah memang. Menanyakan kabar dan menjalin silaturahmi ke sesama manusia itu baik. Tidak bisa disangkal. Tapi bagaimana jika basa-basi seperti itu terus berlanjut. Apalagi jika dikirim melalui pesan whatsapp dan dibaca pacar, bukannya menjadi masalah baru? Mantan seakan gak ada puasnya membuat kamu susah, ya.

Kalau kamu mendapatkan mantan yang suka berkirim pesan seperti ini, balas aja: “yee kocak”.

Dua: Mantan yang Suka Like dan Comment Postingan Instagram
Tipe mantan seperti ini juga mengganggu. Apalagi jika sampai ngespam like and comment di Instagram. Pasti akan memunculkan pertanyaan sekaligus perdebatan dengan pacar yang sekarang: “Kenapa mantan kamu like semua postingan dan komen begitu? Masih sering komunikasi dengan dia, hah?

Tiga: Mantan yang Ngajak Balikan Tiap Hari
Ternyata, gak ada orang sebaik kamu yang aku temui. Kamu memang yang terbaik, mau gak jadi pacarku lagi?”
“Aku udah selesai ujian, pacaran lagi yuk”
“Maafin, kemarin aku khilaf. Balikan yuk, aku masih sayang kamu”
“Kemarin aku gila, sekarang udah nggak, ini bukti surat dari RSJ-nya”

 

Ada banyak alasan mantan untuk mengajak kamu balikan. Alasan-alasan itu kadang bikin baper, kadang malah bikin eneg. Tergantung kamu mau terima atau nggaknya. Yang pasti jangan sampai terulang kejadian di masa lalu. Inget baik-baik kesalahannya, apakah memungkinkan untuk diberi kesempatan?

Empat: Mantan yang Suka Berkata Kasar
Banyak dari mantan-mantan itu kemudian menemukan karmanya sendiri. Sehingga mereka diingatkan atas kesalahan di masa lalunya: yang nyakitin kamu. Alhasil, ia ingin kembali. Tapi terlambat. Kamu keburu bahagia dengan yang lain – yang lebih baik dan sayang dengan kamu.

Biasanya, kondisi begini sangat tidak diinginkan mantan.Beberapa akan tidak terima jika kamu bahagia dengan yang lain. Kelakuan mereka beragam, mulai dari menjelek-jelekan kamu ke orang-orang di sekitarmu, membuat story-story sindiran yang bahkan kamu gak akan melihat karena sudah tidak follow sosmed-nya. Kadang juga ada yang nekat mengirim pesan di direct massage Instagram kamu dan pacar dengan akun anonim atau fake akun. Isinya sudah bisa ditebak: cacian, hujatan bahkan hinaan.

Jika mantanmu begini, jangan langsung panik dan hapus pesannya. Baiknya kamu capture dan simpan. Jika semakin merugikanmu, kamu bisa tuntut dia.

Lima: Mantan Gatelan
Nah, mantan yang satu ini amat sangat dan harus dihindari, ya. Itupun kalau kamu tidak mau hidup susah: harus beli Daktarin tiap hari. Orang mah minum Yakult tiap hari.

Jadi, kalau ketemu mantan gatelan, jangan lupa kasih Daktarin terus ngomong depan muka dia: Daa Jamur!

Itulah macam-macam tipe mantan setelah putus. Mantan kamu tipe nomer berapa? 
 

oleh: Fatma Kumala



Loading...




[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar