15 Istilah di Twitter dan Artinya yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp
istilah di twitter

Istilah di Twitter adalah salah satu bentuk interaksi yang sering digunakan warga Twitter untuk mempermudah komunikasi antar pengguna.

Sebagaimana diketahui, Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang cukup populer di dunia, termasuk Indonesia. Penggunanya bisa berinteraksi dengan teman, rekan kerja, selebtwit, keluarga, dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Seperti media sosial lainnya, di Twitter kamu juga bisa membagikan informasi terbaru hingga menjadikan aplikasi berlogo burung ini sebagai tempat curhat. Istilah populernya, yaitu melakukan tweet.

Twitter dapat diakses melalui smartphone dan laptop. Jadi, sesama pengguna bisa saling berkomunikasi dengan dua perangkat di atas. Nah, supaya gak ketinggalan informasi, ada beberapa istilah di Twitter yang kerap membingungkan. Apalagi jika kita baru bikin akun.

15 Istilah di Twitter dan Artinya

Agar tidak bingung dengan istilah yang ada di platform ini, berikut ini istilah-istilah dalam Twitter yang bisa mempermudah komunikasi kamu saat mencari yang sedang ramai diperbincangkan.

1. Tweet

Tweet adalah pesan yang di-posting ke Twitter dan dapat berisi teks yang bisa ditambahkan foto, GIF, video, dan tautan.

Kamu bisa memposting tweet hingga 280 karakter dengan maksimal 4 buah foto. Klik tombol + agar kamu bisa membuat tweet untuk profil kamu.

2. Thread

Thread adalah tweet berantai yang membahas topik tertentu. Istilah ini digunakan ketika ada suatu tweet yang memberikan kisah, informasi yang menarik atau tips dan trik yang agak panjang dan tidak bisa dijadikan satu cuitan.

Selain itu, banyak juga pengguna Twitter yang berbagi kisah dan pengalaman hidupnya di aplikasi Twitter dalam sebuah Thread.

3. JB

JB atau JBJB merupakan istilah yang banyak dipakai pengguna Twitter. JB memiliki arti “join bareng.” Istilah JB biasa dipakai saat ada sebuah obrolan atau thread pada sebuah tweet orang lain dan kamu ingin ikut nimbrung atau membalasnya.

4. Acc

Jika merujuk dalam bahasa Inggris, acc memiliki arti accepted. Namun, di dunia Twitter acc memiliki arti “account.” Setiap akun yang ada di Twitter juga memiliki beberapa kategori dan istilahnya seperti berikut ini:

  • PA atau Personal Account adalah akun pribadi dengan foto diri sendiri.
  • CA atau Cyber Account adalah akun pribadi yang memakai foto orang lain.
  • FA atau Fan Account merupakan akun yang biasanya digunakan untuk kegiatan fangirling atau fanboying artis yang disukai.
  • BA adalah Business Account atau akun yang digunakan untuk usaha, yaitu online shop.
  • RP atau Roleplayer yang merupakan akun untuk bermain layaknya cosplay. Akun ini tidak mem-posting informasi real life sama sekali dan memakai foto idol yang disukai.

5. Retweet

Retweet adalah sebuah fitur ketika kamu ingin membagikan kembali postingan orang lain sebagai tweet kamu. Dengan menekan tombol retweet, informasi yang ada di cuitan tersebut akan muncul juga di linimasa (timeline) kamu.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan “quote tweet” jika ingin membagikan tweet tersebut dengan ditambahkan sebuah komentar.

6. Alter

Istilah alter atau akun alter merupakan sebuah akun yang memberikan gambaran lain atau menunjukkan kepribadian lain yang berbeda dengan aslinya.

Akun alter biasa digunakan untuk menunjukkan sisi lain penggunanya tanpa diketahui oleh orang dari dunia real life.

7. Mutualan

Istilah mutualan tidak akan asing di dunia pengguna Twitter. Istilah ini dipakai ketika seseorang mengajak orang lain untuk saling follow di akun twitter.

Dengan mutualan, kita bisa mendapatkan teman dengan mudah.

8. Salty

Salty adalah bahasa slang hasil dari garam (salty) menjadi geram. Istilah ini dipakai untuk menunjukkan kekesalan terhadap suatu tweet.

Menurut ahli bahasa Indonesia, yaitu Ivan Lanin, salty merupakan di-salty-in = disindir; dicela. Tampaknya “asin” (salty) dimaknai sebagai celaan.

9. Nder

Nder adalah kependekan dari sender yang artinya pengirim. Istilah ini mengacu kepada pembuat tweet. Ketika ada orang lain berkomentar, ia akan memanggil pembuat tweet tersebut dengan panggilan “nder.”

10. SJW

SJW adalah singkatan dari Social Justice Warrior atau pejuang keadilan sosial. Istilah ini dipakai untuk pengguna twitter yang sering melakukan pembelaan atas sesuatu yang tidak adil.

Istilah SJW sering dikaitkan dengan orang yang selalu merasa benar secara berlebihan dan menganggap orang yang berlawanan dengan ideologinya selalu salah.

11. Menfess

Menfess atau mention confess, yaitu pesan yang ingin disampaikan kepada seseorang tanpa mengungkapkan identitas pengirim di sebuah akun menfess. Ada banyak akun menfess di Twitter, kamu tinggal pilih jenis yang disukai.

Contohnya ada menfess makanan, menfess yang membahas kuliah, menfess yang membahas kegiatan sehari-hari, bahkan akun menfess dari sebuah universitas yang dibuat oleh mahasiswanya.

12. GA

GA atau bisa juga disebut giveaway, tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat. Lewat kegiatan GA di Twitter, artinya akun tertentu akan membagikan hadiah disertai dengan syarat atau kuis yang bisa diikuti oleh seluruh pengikut.

Orang yang mengadakan GA biasanya akan memilih pemenang secara acak atau mengundinya.

13. Dom

Dom adalah kependekan dari domisili. Biasanya domisili yang ditanyakan di Twitter adalah nama kota dari pemilik akun tersebut.

Twitter adalah aplikasi jejaring sosial yang luas, aplikasi ini memungkinkan penggunanya mengenal orang lain yang berbeda domisili.

14. OOT

Istilah OOT atau Out Of Topic seringkali digunakan ketika ada seseorang yang membalas Tweet tidak sesuai konteks. Istilah ini juga bisa dipakai ketika ada seseorang ingin membahas di luar topik yang sedang dibicarakan.

15. Spill The Tea

Spill The Tea atau tumpahkan tehnya merupakan istilah yang dipakai untuk mengungkap sesuatu yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Istilah ini sering dipakai untuk menjelaskan kebenaran yang ada dalam sebuah tweet.

Demikianlah beberapa istilah di Twitter yang sering digunakan lengkap dengan artinya. Setelah mengetahui istilah tersebut, tentunya kamu tidak perlu bingung lagi, bukan?

Pos terkait