Cara Mengubah IG Personal ke Instagram Bisnis

  • Whatsapp
instagram bisnis

Instagram Bisnis adalah salah satu marketing platform terpopuler untuk mempromosikan bisnis secara online. Media sosial satu ini menawarkan beragam fitur menarik yang tidak bisa didapatkan pada akun personal.

Melalui IG Bisnis, pengguna dapat dengan mudah melakukan branding, dan menjangkau audiens secara global. Pasalnya, banyak manfaat Instagram Bisnis jika pengguna tahu bagaimana cara memaksimalkannya.

Pada kesempatan kali ini, Kawula akan menguraikan dengan ringkas bagaimana cara mengalihkan akun IG personal menjadi akun bisnis hingga menggunakan akun dagang ini secara efektif.

Instagram Bisnis Adalah

Instagram Bisnis adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video gratis yang bisa dilakukan oleh setiap pengguna. Berbeda dengan akun IG Personal, IG Bisnis mampu menjangkau lebih banyak orang, dapat membantu pengguna untuk berkembang sekaligus menemukan audiens yang tepat sasaran.

Untuk mendapatkan akun bisnis ini, pengguna hanya perlu melakukan registrasi layaknya menggunakan Facebook Personal. Namun, di sini pengguna disarankan mengalihkan IG Personal menjadi Bisnis.

Cara Mengubah Akun Personal ke Instagram Bisnis

Untuk mengubah IG Personal menjadi Bisnis hanya memerlukan beberapa langkah saja. Berikut caranya.

  • Jika kamu sudah punya aplikasi IG di dalam ponselmu, silakan log in terlebih dahulu.
  • Lalu, klik ikon 3 baris yang terdapat di pojok kanan atas profile, kemudian pilih pengaturan (setting).
  • Selanjutnya, ketuk Switch to Profesional Account (beralih ke akun profesional)
  • Berikutnya, kamu akan diminta memilih jenis profil. Karena ini untuk bisnis, maka pilih Bussines (bisnis). Tapi, jika kamu seorang konten kreator, kamu bisa memilih jenis profil satu ini.
  • Lalu, kamu akan diarahkan untuk memilih kategori bisnis. Pilih salah satu yang sesuai dengan bisnis kamu. Kemudian ketuk Next
  • Berikutnya ada halaman kontak. Halaman kontak tersebut memiliki tiga data yang harus diisi, yaitu nomor telepon, email, lokasi bisnis. Silakan diisi.
  • Menghubungkan ke halaman Facebook. Pada tahap ini, kamu bisa memilih untuk menghubungkan IG Bisnis-mu ke halaman FB. Namun, jika belum memiliki Facebook Page, kamu bisa mengetuk tulisan Don’t Connect to Facebook Now.
  • Langkah terakhir, yaitu melengkapi data profil. Pada tahap ini kamu tentu sudah tahu dong.

Manfaat Instagram Bisnis

Berdasarkan hasil sebuat riset, lebih dari 50% pengguna sering menemukan produk terbaru di Instgaram. Dengan kata lain, Instagram memang cocok dijadikan wadah berjualan dan mempromosikan bisnis secara online.

Bagaiaman tidak, untuk membuat akun di IG saja, pengguna tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Selain itu, banyak fitur menarik dan manfaat Instagram Bisnis yang bisa Anda temui.

Berikut manfaat penggunaan profil bisnis di IG.

1. Instagram Insights

Kehebatan pertama yang dimiliki akun Instagram bisnis adalah Insights. Insights merupakan sebuah alat yang mampu menganalisis sekaligus menunjukkan data setiap aktivitas yang terjadi di halaman akun Anda.

Adanya fitur ini, pengguna bisa melihat performa Instagram bisnis secara eksplisit. Mulai dari skala impresi, jumlah pengikut, bahkan data demografi dan jam favorit pengunjung pun bisa diketahui.

Pengguna tidak akan menemukan kelebihan ini ketika menggunakan profil pribadi. Dapat dibilang, di akun IG Personal, kamu hanya bisa melihat jumlah likes dan komentar untuk mengukur seberapa besar performa bisnis didapatkan.

2. Instagram Ads

Fitur Instagram bisnis berikutnya adalah ads atau fitur iklan. Adanya fitur ads, kesempatan untuk menjangkau lebih banyak audiens bisa semakin luas. Pengguna bisa menargetkan audiens secara lebih spesifik berdasarkan usia, demografi, interest, behavior dan sebagainya.

Kemudian nantinya iklan akan muncul otomatis di berbagai titik saat audiens menggeser layar ke bawah di linimasa Instagram mereka. Kamu juga bisa menampilkan iklan pada sela-sela stories mereka.

3. Tombol Kontak

Ada fitur kontak di sisi profil menjadi nilai tersendiri untuk IG Bisnis. Dna hal ini tidak akan mungkin bisa ditemukan di akun Personal.

Dengan adanya tombol kontak, pengunjung yang mampir bisa lebih mudah untuk menghubungi dengan adanya tombol kontak yang berisi nomor telepon, dan email.

Selayang pandang, memang tombol tersebut terkesan sepele. Namun, tombol adanya fitur ini akan memudahkan pengunjung saat memerlukan bantuanmu secara mendesak. Bahkan bisa menjangkau kamu lebih cepat, bila ada yang berniat mengajak kolaborasi.

4. Info Kategori Bisnis

Fitur Instagram bisnis terakhir yang bisa dimanfaatkan adalah menampilkan informasi kategori dari bisnis yang dijalani. Informasi ini akan otomatis muncul pada bagian atas bio profil, sehingga pengunjung bisa mengenal bidang bisnis apa yang ditawarkan.

Ada berbagai kategori bisnis yang bisa dipilih seperti Blogger, Agency, Music, Tour & Travel, Design, Retail Business, Fashion, Finance dan tentunya masih banyak lagi kategori yang bisa dipilih. Pemilihan kategori bisnis ini bisa disesuaikan saat melakukan sign up akun Instagram bisnis.

Itu dia manfaat Instgaram Bisnis untuk mengembangkan bisnis kamu melalui platform media sosial. Sejatinya, platform media sosial lain pun bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang sama. Kamu juga bisa membaca tentang Beda Pinterest dan Instagram untuk memajukan bisnismu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *