Ini Dua Sifat Buruk Orang Berutang yang Tidak Disukai Rasulullah

Ini Dua Sifat Buruk Orang Berutang yang Tidak Disukai Rasulullah

kawula.id – Di tengah sulitnya ekonomi, berutang atau meminjam uang kepada orang lain seringkali menjadi pilihan.

Rupanya, hal ini ternyata terjadi juga pada kehidupan Rasulullah Saw. Sampai- sampai sahabat Umar bin Khattab pernah menangis saat melihat keadaan rumah Nabi Muhammad yang sangat sederhana.

Karena keadaan ekonomi beliau yang terlewat sederhana, untuk suatu kebutuhan keseharian, beliau akhirnya terpaksa berhutang pada Zaid bin Sa’nah, seorang Yahudi Madinah.

Mengenai utang, orang yang sering sekali berutang biasanya memiliki sifat dan perilaku yang kurang baik.

Dikisahkan oleh Ummul mu’minin A’isyah Radliallahu anha, suatu ketika nabi Muhammad Saw. pernah berdoa dalam shalatnya, yakni sebelum beliau salam. Beliau berdoa:

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر، وأعوذ بك من فتنة المسيح الدجال، وأعوذ بك من فتنة المحيا والممات. اللهم إني أعوذ بك من المأثم والمغرم.

“Ya Allah, aku berlindung padamu dari adzab kubur, aku berlindung padamu dari fitnah dajjal, aku berlindung padamu dari fitnah kehidupan dan kematian, aku berlindung padamu dari dosa dan utang” (HR. Bukhari no. 2397)

Kemudian ada seseorang yang bertanya “Kenapa engkau sering meminta perlindungan dari utang wahai Rasulullah?” Beliau lantas bersabda, “Jika orang yang berutang berkata, dia akan sering berdusta. Jika dia berjanji, dia akan mengingkari.”

Dari penjelasan Rasul di atas, kita dapat simpulkan bahwa ketika ada seseorang yang sering berutang ia akan cenderung mencari alasan dan jawaban yang dibuat-buat. Tujuannya, tak lain adalah menghindar dari orang yang diutangi.

Semoga dengan doa di atas, kita dapat terhindar dari jeratan utang dan dapat berkata jujur.

Wallahu A’lam bish Shawab…

Disarikan dari hadis riwayat Imam al-Bukhari no. 2397 dan beberapa penjelasan dalam kitab Fathul Bari’ Juz 2 halaman 371 (Sumber: Muslim Obsession)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *