Mengenal Fitur Iklan Produk Otomatis di Shopee

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencapai target audiens adalah melalui iklan produk otomatis dan manual di Shopee.

iklan produk otomatis di shopee
Ilustrasi mengenal fitur iklan produk otomatis di Shopee. Gambar: Canva Pro

KAWULA ID – Pemasaran produk di Shopee, salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia ini, ternyata memerlukan strategi yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan. Salah satu cara yang paling efektif untuk mencapai target audiens adalah melalui iklan produk otomatis dan manual di Shopee.

Kedua metode iklan produk tersebut nyatanya sangat bisa meningkatkan penjualan, lho. Bahkan, jika pelaku bisnis mengiklankan produk winning di tokonya, besar kemungkinan akan terus banjir orderan atau pesanan. Nah, karena itulah, bagi yang masih bingung gimana sih cara iklan produk otomatis Shopee maupun manual, berikut adalah cara dan langkah-langkahnya. 

Cara Iklan Produk Otomatis di Shopee

1. Masuk ke Akun Shopee, lalu klik Toko Saya, dan pilih “Promosikan di panel penjual.

2. Di halaman Promosi, maka seller akan melihat beberapa pilihan. Pilih opsi “Iklan Produk Otomatis” untuk membuat iklan yang akan diatur oleh Shopee secara otomatis.

3. Pada tahap ini, seller akan menentukan berapa banyak yang ingin dihabiskan per hari untuk kampanye iklan otomatis.

4. Setelah itu, barulah tinggal melakukan peninjauan pengaturan yang telah diset dan pastikan semuanya sesuai dengan preferensi. Setelah selesai, aktifkan kampanye iklan otomatis.

5. Setelah itu, maka iklan produk otomatis di Shopee pun selesai. Penting untuk terus melakukan review atas iklan, agar seller tidak mengalami boncos. 

Promosi Konten Produk Manual di Shopee

Berbeda dengan iklan produk otomatis di Shopee, cara iklan produk manual sedikit lebih kompleks. Pasalnya, selain harus menemukan produk winning di toko sendiri, seller juga harus bisa melakukan riset terhadap kata kunci yang relevan dan tepat agar produk yang diiklankan bisa berjalan dengan maksimal. Gimana sih caranya? Berikut langkah-langkahnya. 

1. Langkah pertama adalah masuk ke akun penjual Shopee, lalu setelah masuk, seller akan melihat berbagai opsi di panel penjual, dan pilih “Promosikan” untuk melanjutkan.

2. Di halaman Promosi tersebut, seller akan diberikan beberapa pilihan, maka dapat memilih opsi “Iklan Produk” untuk membuat iklan sendiri secara manual. Dalam tahap ini, seller akan melihat daftar produk yang dijualnya di Shopee, dan pilih produk mana saja yang ingin dipromosikan.

3. Pada langkah ini, seller dapat menentukan berapa banyak uang yang ingin dialokasikan untuk kampanye iklan setiap hari dan berapa lama kampanye tersebut akan berjalan.

4. Tulis deskripsi iklan yang menarik dan informatif, dengan cara menjelaskan fitur produk dengan jelas dan sertakan manfaat bagi pembeli potensial. Pastikan untuk mencantumkan harga yang terbaru.

5. Kemudian, tugas berat yang harus dilakukan oleh seller adalah memilih kata kunci yang relevan dengan produk agar iklan muncul ketika pembeli mencari produk serupa. Kata kunci yang tepat adalah kunci untuk meningkatkan visibilitas iklan.

6. Oh ya, jangan lupa juga untuk mengunggah gambar produk berkualitas tinggi yang menarik dan memperlihatkan produk dari berbagai sudut. Gambar yang baik dapat menarik perhatian pembeli potensial, hanya saja apabila produk yang ingin diiklankan sudah dibeli oleh banyak orang alias produk winning, maka disarankan juga untuk tidak mengotak-atik gambar karena akan berpengaruh terhadap algoritma produk.

7. Tinjau kembali semua informasi yang telah dimasukkan untuk memastikan semuanya benar. Pastikan deskripsi, gambar, dan kata kunci sesuai. Setelah yakin semuanya benar, klik “Konfirmasi.”

8. Setelah semuanya dilakukan dengan benar, maka tinggal melanjutkan dengan pembayaran sesuai dengan anggaran harian yang telah ditetapkan. Setelah pembayaran berhasil, kampanye iklan akan aktif dan mulai ditampilkan kepada pembeli potensial.

Sebagai catatan penting, seller harus bisa melakukan penelitian kata kunci yang merupakan langkah kunci dalam membuat iklan produk manual yang sukses. Pilih kata kunci yang relevan dan banyak dicari oleh pembeli potensial. Setelah kampanye aktif, sangat penting untuk memantau kinerjanya secara teratur. Seller dapat memanfaatkan data analitik Shopee untuk memahami ROI dan mengoptimalkan kampanye seiring berjalannya waktu.

Selain itu, tentu saja jangan pernah takut untuk menguji variasi iklan, teks, gambar, dan kata kunci. Eksperimen ini dapat sangat membantu dalam mengidentifikasi strategi yang paling efektif dan mengoptimalkan kampanye.

Dengan mengikuti panduan ini, maka dapat membuat iklan produk otomatis Shopee dan  manual di Shopee dengan lebih percaya diri dan meningkatkan visibilitas serta penjualan produk di platform e-commerce yang terus berkembang ini. Jangan lupa untuk terus memantau dan mengoptimalkan kampanye agar mencapai hasil terbaik.


Ikuti Artikel Terbaru Kawula ID di Google News

Penulis: Reky ArfalEditor: Anju Mahendra