7 Ide Bisnis Era New Normal yang Potensial

  • Whatsapp
Ide Bisnis

7 Ide Bisnis Era New Normal yang Potensial – New normal (kenormalan baru) telah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Kehidupan new normal tidak ubahnya dengan menjalani hidup normal sebagaimana biasanya. Perbedaannya, terletak pada protokol kesehatan yang ketat.

Gagasan new normal lahir lantaran vaksin atau obat untuk virus Corona hingga kini belum ditemukan. Di samping itu, new normal bertujuan untuk menghidupkan kembali perekonomian, meski saat ini kita hidup berdampingan dengan virus Corona.

Bacaan Lainnya

Namun begitu, new normal secara perlahan mengubah perilaku masyarakat seperti lebih bijak dalam mengatur keuangan, dan lebih banyak melakukan rangkaian aktivitas di rumah.

Adapun perubahan perilaku masyarakat ini, tidak lepas dari imbauan pemerintah tentang physical distancing yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Namun, jika dilihat dari segi bisnis, ada beberapa peluang usaha bagi kamu yang ingin memulai bisnis di era new normal ini.

Berikut 7 ide bisnis di era new normal yang berpotensi meningkat yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Layanan Kesehatan Online

Sejatinya, layanan kesehatan online bukan hal baru di Indonesia. Tak sedikit perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan menyediakan jasa konsultasi via online atau berbasis aplikasi. Adanya layanan kesehatan online ini mempermudah masyarakat untuk berkonsultasi masalah kesehatan.

Ide bisnis layanan kesehatan online diprediksi punya potensi untuk semakin berkembang ke depannya.

Makanan dan Minuman Herbal

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis dan bingung menentukan ide bisnis apa yang cocok saat ini, kamu bisa mencoba menjual makanan dan minuman herbal. Bisnis satu ini, juga berpeluang menjadi salah satu bisnis yang akan berkembang ke depannya. Pasalnya, makanan dan minuman herbal dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Minum jamu setiap hari juga pernah dinyatakan  oleh Presiden Joko Widodo. Kabar baiknya, masyarakat pun semakin gencar mengonsumsi minuman jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya.

Bila diperhatikan makin ke sini banyak produk minuman kemasan yang sebelumnya tidak menjual jamu. Peluang usaha menjual minuman herbal pun direalisasikan oleh beberapa kalangan pebisnis dengan harapan tidak ada pelanggan yang terlewat.

Pelatihan untuk menjadi wirausaha

Wabah pandemi virus Corona berdampak buruk ke berbagai sendi kehidupan. Akibatnya, angka pengangguran di Indonesia pun semakin meningkat. Jalan satu-satunya adalah berwirausaha agar kebutuhan tetap terpenuhi.

Namun, tak semua orang mahir dalam berdagang atau berbisnis. Membangun usaha tidak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi bagi orang yang baru terjun ke dunia bisnis.

Bagi orang sudah mahir di bidangnya, terutama dalam berbisnis, ini adalah peluang yang sangat menjanjikan. Mebagikan ilmu dengan cara membuat pelatihan wirausaha adalah jalan lain bagi mereka yang ingin beralih profesi atau pekerjaan.

Di era new normal ini, Pelatihan wirausaha bisa dilakukan secara online. Dengan kata lain, pelatihan wirausaha termasuk salah satu ide bisnis online. Misal, dengan memanfaatkan paltform YouTube atau platform media sosial lainnya untuk memberikan materi wirausaha yang akan disampaikan.

Pelatihan soal finansial

Jika kamu punya skill atau ilmu seputar mengelola dan mengatur keuangan, cara berinvestasi hingga dana darurat, bisnis satu ini dapat dikatakan cukup berpeluang.

Banyak orang yang membikin konten edukasi finansial yang dapat ditemui di media sosial, bahkan tulisan tentang cara berinvestasi mulai dari nol yang tersebar luas di internet.

Jadi untuk kamu yang memang memiliki latar belakang ilmu yang sesuai, tidak ada salahnya mencoba merintis jenis bisnis seperti ini.

Keperluan renovasi rumah

Selalu ada hikmah dari setiap musibah. Pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku masyarakat, dalam hal ini adalah kesadaran kita untuk melakukan perbaikan kecil atau merenovasi rumah tanpa memerlukan bantuan tukang.

Hal ini diperkuat dengan meningkatnya pencarian di internet tentang reparasi atau renovasi rumah. Tak tanggung-tanggung kenaikan pencarian di internet tentang hal tersebut meningkat 140 persen. Artinya, permintaan untuk keperluan renovasi rumah mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan setelah era normal, ide bisnis ini bisa terus berlangsung.

Pariwisata lokal

Usaha travel terkena dampak yang cukup parah selama Covid-19 ini, tapi bukan berarti akan lesu selamanya. Walau perlahan, ada titik cerah bagi tujuan pariwisata lokal. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan sulitnya proses traveling ke luar negeri, maka orang-orang yang punya hobi travelling (dan tampaknya tak sabar sekali untuk jalan-jalan) akan cenderung memilih destinasi lokal.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pemilik travel yang mulai menyusun strategi untuk new normal di Indonesia. Perbanyak penawaran liburan dalam negeri dan cari tahu lebih banyak tentang tempat yang belum banyak diketahui orang.

Masker dan Pelindung Wajah

Masker sudah bukan hal yang baru lagi untuk dipakai, bahkan sebelum Covid-19 masuk ke Indonesia pun. Tapi sejak wabah coronavirus Covid-19 ini berkembang, pemakaian masker menjadi sesuatu yang wajib. Dan dengan adanya protokol untuk tetap memakai masker di tempat umum, maka permintaan akan masker ini diprediksi tidak akan turun.

Selain masker, topi bertirai plastik yang bisa melindungi wajah dari terkena atau menularkan virus melalui air liur pun mulai dilirik pasar. Bisa jadi kedua barang ini menjadi bagian fashion di masa new normal di Indonesia. Tinggal kamu sebagai pebisnis melihat ini sebagai peluang usaha dan memasukan ide-ide kreatifmu.

Itulah tujuh ide bisnis yang berpotensi meningkat di era new normal seperti sekarang ini. Segera tentunkan bisnismu, ya. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *