Doa Susah Tidur dan Cara Mengatasi Insomnia

  • 2 min read
  • Jun 19, 2020
Insomnia dan Doa Susah Tidur

Susah tidur atau insomnia bisa dialami oleh setiap orang.  Tak terkecuali bagi karyawan yang sudah lelah seharian bekerja, atau mahasiswa dengan segala rutinitasnya di kampus.

Penyebab susah tidur biasanya terjadi karena kebiasaan begadang. Atau boleh jadi, karena banyak utang, lalu pusing memikirkan cara membayarnya lantaran besar pasak daripada tiang.

Akibatnya, seorang baru bisa tidur setelah lewat tengah malam, bahkan menjelang pagi.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips agar bisa cepat tidur tanpa perlu obat tidur, dan doa susah tidur yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk simak.

Cara Mengatasi Insomnia

Mandi Air Hangat

Kalau kamu susah tidur malam, sebaiknya mandikan tubuh kamu dengan air hangat. Hal ini akan membuat tubuhmu lebih santai. Umumnya, tubuh yang terkena air panas, lalu terpapar udara dingin akan membuat mata mengantuk.

Hindari Minum Kopi dan Alkohol

Di dalam kopi ada kafein yang bakal membuat kamu susah tidur pada malam hari. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Konsumsi Makanan Berat

Mengonsumsi makan berat akan membantu kamu untuk tidur lebih awal. Sebaiknya, 4 jam sebelum tidur kamu coba konsumsi makanan yang berat seperti cokelat, atau nasi.

Jika bisa, hindari makanan pedas. Sebab, makanan pedas tidak akan membantu kamu untuk bisa tidur lebih cepat.

Konsumsi buah-buahan seperti pisang, alpukat, kuning telur sebelum berangkat tidur. Makanan ini akan meningkatkan kualitas tidur malammu.

Konsumsi Minuman Hangat dan Buah

Selain mengonsumsi makanan yang berat, untuk cepat tidur malam, kamu bisa mengonsumsi susu dengan kadar kalsium yang tinggi. Jika terasa lapar, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan dipadu dengan segelas susu hangat.

Hal ini akan membantu kamu tidur lebih cepat, dan insomnia (susah tidur) yang kamu alami bisa teratasi.

Wewangian Lavender

Wangi lavender dipercaya mampu menenangkan syaraf, sehingga membuat pikiran lebih rileks. Aroma lavender yang dihidu oleh manusia dengan batas waktu 2-3 menit dapat meningkatkan kualitas tidur.

Ketika pagi hari datang, kamu akan bangun dalam keadaan lebih segar.

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa menjadi alternatif agar kamu cepat tertidur. Namun, yang perlu diperhatikan adalah warna musik dan volumenya. Berdasarkan penelitian, sebaiknya pilih musik yang lembut bertempo lambat 60-80 beat, putar dengan volume sedang. Hal ini akan membantu kualitas tidurmu juga lho.

Matikan Lampu

Satu jam sebelum tidur, sebaiknya kamu mematikan lampu tempat kamu tidur. Kamu bisa mencoba cara ini guna meningkatkan kualitas tidurmu. Jika kamu enggan bergelap-gelapan saat tidur, coba gunakan lampu temaram.

Matikan Perangkat Elektronik

Satu jam sebelum berangkat tidur, matikan semua perangkat elektronik seperti ponsel, komputer, dan televisi. Hal ini akan membuatmu lebih rileks dan mengantuk.

Tak ada lagi fokusmu untuk bermain ponsel, komputer, atau menonton televisi.

Silakan kamu coba 8 cara di atas kalau kamu sedang susah tidur malam.

Selain cara di atas, ada sedikit tambahan bagi kamu yang susah tidur cepat pada malam hari, yaitu dengan mengamalkan doa susah tidur yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Doa Susah Tidur

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya: Tuhanku, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.

Itu tadi cara untuk cepat tidur, dan doa bagi orang yang susah tidur. Semoga bermanfaat.