Dana Pensiun dan Berbagai Macam Jenis Pensiun Saat Ini

  • Whatsapp
dana pensiun

Dana pensiun adalah pengelolaan keuangan yang dihimpun oleh lembaga berbadan hukum yang mengatur keuangan koresponden dengan tujuan menyejahterakan karyawan apabila karyawan tersebut telah tuntas menunaikan masa baktinya di perusahaan tempat dirinya bekerja.

Untuk diketahui, penisunan juga memiliki beragam jenis. Umumnya, ada beberapa jenis pensiun yang dapat dipilih oleh karyawan yang akan menghadapi masa pensiun.

Pensiun yang Bisa Dijadikan Pilihan

Adapun jenis pensiun yang bisa dijadikan pilihan oleh karyawan yang menghadapi masa purnabakti, yaitu:

1. Pensiun Normal.

Pensiun normal yaitu pensiun yang diberikan untuk karyawan yang usianya telah mencapai masa pensiun seperti yang ditetapkan perusahaan. Sebagai contoh, rata rata usia pensiun di Indonesia adalah telah berusia 55 tahun dan 60 tahun untuk profesi tertentu.

Pensiun Dipercepat. Jenis pensiun ini untuk kondisi tertentu, misalnya karena adanya pengurangan pegawai di perusahaan tertentu.

2. Pensiun Ditunda.

Pensiun ditunda merupakan pensiuan yang diberikan kepada para karyawan yang meminta pensiun sendiri, namun usia pensiun belum memenuhi syarat untuk pensiun. Dalam hal tersebut karyawan yang mengajukan tetap keluarnya dan pensiunnya baru dibayar pada saat usia pensiun tercapai.

3. Pensiun Cacat.

Pensiun yang diberikan bukan karena usia, tetapi lebih disebabkan peserta mengalami kecelakaan sehingga dianggap tidak mampu lagi untuk dipekerjakan. Pembayaran pensiun biasanya dihitung berdasarkan formula manfaat pensiun normal dimana masa kerja diakui seolah-olah sampai usia pensiun normal.

Jenis Dana Pensiun

Selain jenis pensiun, ternyata uang pensiun juga dibagi dari beberapa jenis. Menurut Undang-undang Nomor 11 Tahun 1992, dana pensiun dapat digolongkan kedalam beberapa jenis yaitu:

  1. Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)
  2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Jadi, pengelolaan uang pensiun dapat dilakukan oleh pemberi kerja (DPPK)) atau lembaga keuangan (DPLK). Perusahaan mempunyai beberapa alternatif. Altenatif ini disesuaikan dengan tujuan perusahaan, tanpa menghilangkan hak karyawan. Alternatif yang dapat dipilih, antara lain:

  1. Mendirikan sendiri uang pensiun bagi karyawannya
  2. Mengikuti program pensiun yang diselenggarakan oleh dana pensiun lembaga keuangan lain
  3. Mendirikan dana pensiun secara bersama sama dengan pemberi kerja.

Selanjutnya, penyelenggaraan uang pensiun lembaga keuangan dapat pula dilakukan oleh bank umum atau asuransi jiwa setelah mendapat pengesahan dari Menteri Keuangan (DPLK). Menurut ketentuan diatas program pensiun yang dapat dijalankan adalah sebagai berikut:

Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP). Program ini merupakan program yang besar manfaat purnabakti ditetapkan dalam peraturan dana pensiun. Seluruh iuran merupakan beban karyawan yang dipotong dari gajinya. Program ini dikaitkan dengan masa kerja dan besar penghasilan kita untuk menentukan besaran uang pensiun. Menggunakan asuransi dana pensiun terbaik harus menjadi pilihan dan juga ketika memilih asuransi kesehatan terbaik 2018.

Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP). Program purnabakti iuran pasti, besarnya manfaat tersebut tergantung dari hasil pengembangan kekayaan uang pensiun. Iuran ditanggung bersama oleh karyawan dan perusahaan pemberi kerja. Program pensiun ini terdiri dari money purchase plan, profit sharing dan saving plan dimana besarnya uang pensiun didasarkan pada iuran dibayarkan pekerja dan perusahaan (pemberi kerja).

Itu dia informasi tentang jenis dana pensiun. Bagi Anda yang tengah menghadapi masa pensiun, sebaiknya memilih dan menggunakan asuransi pensiun terbaik yang tepat untuk kelangsungan hidup di masa tua mendatang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *