10 Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami

  • Whatsapp
cara menghilangkan cegukan

Cara menghilangkan cegukan dapat dilakukan dengan mengikuti tips efektif di bawah ini. Cegukan terus menerus hilang seketika.

Singultus atau cegukan adalah terjadinya kontraksi otot diafragma secara berulang yang tidak terkendali.

Hampir setiap orang di muka bumi ini pernah mengalami cegukan. Akibatnya, aktivitas pekerjaan menjadi terhambat karenanya. Pasalnya, saat diafragma berkontraksi paru-paru akan mengambil oksigen, sedangkan saat diafragma dalam keadaan rileks paru-paru akan melepaskan karbondioksida.

Sebagaimana diketahui, diafragma adalah otot yang terletak di bawah paru-paru, bertugas mengatur pernapasan manusia. Apabila diafragma keluar dari jalur atau ritme, maka hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami cegukan.

Selain itu, ketika terjadi kejang pada diafragma akan membuat laring dan pita suara menutup secara tiba-tiba yang menimbulkan bunyi “hik” saat cegukan.

Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami

Selain bisa terjadi karena adanya kontraksi pada diafragma, cegukan juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya seperti makan terlalu banyak atau terlalu cepat, minuman soda, mengonsumi makanan pedas, stres, mengonsumi minuman beralkohol, dan perubahan suhu yang terlalu cepat.

Kendati demikian, tidak perlu cemas apabila cegukan terjadi. Sebagaimana yang telah disinggung di awal, cegukan bisa terjadi pada siapa saja, bahkan cegukan juga bisa dialami pada bayi.

Terdapat beberapa cara mengatasi cegukan yang bisa dilakukan untuk menghentikan cegukan terus menerus. Berikut cara menghilangkan cegukan secara singkat dan mudah.

1. Menahan Napas

Menahan napas dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi cegukan. Pasalnya, dengan melakukan aktivitas ini, maka jumlah karbondioksida akan meningkat pada di dalam sistem tubuh manusia.

Meningkatnya jumlah karbondioksida ini punya pengaruh besar terhadap difragma dan dapat menghilangkan cegukan.

Bagi kamu yang mengalami cegukan secara terus menerus, maka tips satu ini adalah cara yang paling relevan. Tarik napas dalam-dalam dan tahan sekitar 10 sampai 20 detik, kemudian keluarkan secara perlahan-lahan.

Lakukan cara ini berulangkali sampai cegukan yang diderita menghilang.

2. Latihan Pernapasan Terukur

Jika cara menghilangkan cegukan terus menerus pertama adalah menahan napas, tips selanjutnya adalah dengan melakukan latihan pernapasan secara terukur.

Melakukan latihan pernapasan bisa membantu mengatasi kontraksi atau kejang pada difragma, dan akan mengembalikan difragma dalam keadaan normal.

Lakukan hal ini dengan cara menarik napas diikuit dengan hitungan 1-5, dan mengeluarkan napas secara perlahan pada hitungan kelima. Ulangi cara ini hingga cegukan menghilang.

3. Bernapas ke Dalam Kantong Kertas

Cara menyembuhkan cegukan yang lain, yaitu bernapas ke dalam kantong kertas. Hal yang dilakukan pun tergolong tidak begitu rumit. Kembangkan kantong kemudian ambil napas dan keluarkan pelan-pelan di dalam kantong kertas tersebut.

Sebagaimana dengan tips mengatasi cegukan sebelumnya, cara ini juga mampu meningkatkan karbondioksida dalam darah sehingga dapat mencegah kejang pada difragma. Dengan demikian, diafragma akan kembali pada ritme seharusnya dan masalah cegukan akan terselesaikan.

4. Mengonsumsi Madu

Mengonsumsi madu juga dapat mengatasi singultus. Untuk takarannya, cukup satu sendok makan saja. Dengan begitu, cegukan yang kamu alami akan hilang.

5. Meremas Telapak Tangan

Cara yang satu ini mungkin terdengar asing di telinga. Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya dengan meremas telapak tangan dapat menyembuhkan cegukan. Meremas telapak tangan bisa membantu meneka area sensitif terhadap tekanan.

Adanya tekanan tersebut, membantu mengendurkan diafragma dan menstimulasi saraf vagus ke ritmenya. Hasilnya, otot diafragma akan kembali normal dan menghilangkan cegukan.

6. Mengisap Lemon

Melalui New England Journal of Medicine, Dr. Jay Howard Herman dan bartender David S. Nolan mempublikasikan hasil eksperimen mereka tentang cara menyembuhkan cegukan dengan mengisap lemon.

Dr. Jay Howard Herman dan David S. Nolan mencoba menyembuhkan cegukan dengan cara mengisap irisan lemon yang dicoba pada 16 pasien, dan 14 di antaranya sembuh dalam waktu kurang dari satu menit.

7. Minum Air Dingin

Berikutnya, kamu bisa menghilangkan singultus dengan meminum air dingin. Minum ari dingin secara perlahan, karena hal ini dapat mendorong saraf vafus dan memberi refleks pada diafragma.

Adanya kontraksi yang terjadi pada kerongkongan saat mengonsumsi air dingin akan menggantikan kejang yang tidak teratur pada diafragma. Alhasil cegukan akan berhenti dengan sendirinya.

8. Memeluk Lutut

Metode untuk mengatasi cegukan  jugabisa dilakukan dengan cara memeluk lutut. Caranya adalah peluk lutut kaki dan peluk seerat mungkin kemudian lepaskan. Lakukan berulangkali hingga singultus terhenti.

9. Menggunakan Es Batu

Metode lainnya yang dapat kamu coba untuk mengatasi cegukan adalah dengan menggunakan es batu. Kamu bisa menaruh es batu di bawah rahang selama kurang lebih 30 detik untuk membantu menghentikan cegukan.

Dingin dari es batu akan memberikan gangguan sementara pada aliran saraf, sehingga dapat menghentikan kejang pada otot diafragma dan membuat diafragma kembali pada ritmenya. Dengan begitu cegukanmu akan berhenti segera setelahnya.

10. Menelan Satu Sendok Teh Gula

Cara menghilangkan cegukan yang terakhir adalah dengan menelan satu sendok teh gula pasir. Sebuah studi pada tahun 1971 menemukan bahwa satu sendok teh gula dapat membantu menyembuhkan cegukan.

Ini terjadi karena gula dapat memengaruhi saraf vagus yang menghubungkan otak dan perut. Menelan satu sendok teh gula dapat mengiritasi bagian belakang tenggorokan dan mengganggu kejang pada diafragma.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan cegukan yang bisa dipraktikan untuk mengatasi cegukan singkat dan terus menerus.

Apabila kamu mengalami cegukan kronis yang berlangsung selama lebih dari 48 jam, sebaiknya konsultasikan masalah kesehatan yang satu ini dengan dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Pos terkait