Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Bahan Alami

  • 3 min read
  • Agu 04, 2020

Bau mulut seringkali menjadi sumber krisis kepercayaan diri seseorang. Hal ini tentu akan mengganggu ketika sedang berbincang dengan teman bicara.

Namun, tak perlu khawatir apabila seseorang mengalami problem bau mulut. Karena persoalan bau mulut bisa diatasi dengan cara yang tepat.

Pada dasarnya, bau mulut bisa dialami oleh setiap saja. Di dalam istilah kesehatan, kondisi ini disebut dengan halitosis. Orang yang menderita bau mulut, penyebabnya bukan hanya karena jarang menyikat gigi, faktor lain pun dapat menyebabkan halitosis.

Penyebab Bau Mulut (Halitosis)

Ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab bau mulut, berikut di antaranya.

  • Mengonsumsi minuman keras
  • Merokok
  • Mengonsumsi makanan yang memilki bau menyengat seperti petai, jengkol, dan bawang
  • Adanya infeksi peradangan gusi
  • Adanya peradangan peradangan pada hidung, rongga sinus (penyakit sinusitis)
  • Infeksi amandel
  • Seseorang yang menderita penyakit asam lambung
  • Gangguan ginjal atau hati
  • Kanker mulut
  • Jarang menyikat gigi secara rutin

Jarang menyikat gigi setiap hari akan membuat sisa makanan tinggal di dalam mulut, terutama pada sela-sela gigi. Akibatnya, bakteri akan tumbuh dan berkembang di dalam mulut sehingga dapat mengeluarkan bau tidak sedap.

Oleh karena itu, apabila bakteri penyebab bau mulut berkembang biak dan semakin banyak, itulah awal terjadinya atau terbentuknya plak pada gigi. Saat itu terjadi, bau yang muncul akan lebih parah dari sebelumnya. Rutin membersihkan gigi sangat penting guna menjaga kesehatan gigi dan mencegah bau mulut.

Selain hal di atas, jarang minum air putih juga bisa menyebabkan terjadinya bau mulut. Area rongga mulut menjadi kering sehingga kurangnya air liur dapat menyebabkan bau mulut. Air liur memiliki fungsi membersihkan sisa makanan dan benda asing di dalam mulut. Bau mulut yang disebakan mulut kering biasanya terjadi saat baru bangun tidur, terutama jika tidur dengan mulut terbuka.

Nah, untuk mengatasi bau mulut, para ahli medis menganjurkan supaya rajin menggosok gigi. Selain itu, membersihkan gigi dengan benang gigi berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan di dalam mulut atau di sela-sela gigi.

Tersebab bau mulut juga bisa disebabkan oleh mulut kering, cara paling efektif untuk mengatasi hal ini, yaitu minum air putih minimal 8 gelas per hari. Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan bahan alami untuk menghilangkan bau mulut.

Atasi Bau Mulut dengan Bahan Alami

Beberapa bahan alami dipercaya dapat mengatasi persoalan bau mulut. Berikut bahan alami yang bisa menuntaskan masalah bau mulut.

Jeruk

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk mampu menghilangkan bau mulut dengan mudah. Pasalnya, dengan mengonsumsi jeruk, produksi air liur semakin meningkat. Ketika air liur meningkat, bakteri yang ada di dalam mulut akan banyak dibuang dari mulut. Selain itu, mengonsumsi jeruk atau buah yang mengandung vitamin C dapat mencegah terjadinya sariawan dan radang gusi.

Daun sirih

Daun sirih sering digunakan sebagai obat herbal. Secara tradisional, daun sirih biasanya langsung dimakan atau dikunyah. Berdasarkan beberapa penelitian, daun sirih sangat efektif membunuh bakteri. Karena daun sirih memiliki efek antibakteri dan antiradang yang dapat menunjang sekaligus menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Akar manis

Selain daun sirih yang merupakan bahan herbal, akar manis juga termasuk tumbuhan herbal yang bisa dipakai untuk mengatasi radang kulit, gatal-gatal, sampai nyeri pada ulu hati. Di dalam akar manis terkandung senyawa antibakteri yang dapat menghilangkan bau mulut, meredakan sariawan, serta mencegah kerusakan gigi dan gusi.

Ekstrak akar manis bisa ditemukan dalam berbagai produk obat herbal dengan varian kemasannya seperti gel, tablet isap, atau obat kumur. Meski bahan ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan seberapa jauh efektivitas daun sirih dalam mencegah bau mulut.

Daun saga

Menurut sebuah studi, daun saga mengandung senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut serta kerusakan gigi dan gusi. Daun saga dipercaya dapat mengurangi peradangan pada gusi dan mulut. Meski diperlukan penelitian lebih lanjut, daun saga bisa mengatasi bau mulut dan sariawan.

Teh hijau

Teh hijau (green tea) mengandung zat yang bersifat antibakteri dan antioksidan, serta terbukti dapat mengurangi peradangan. Kabar baiknya, teh hijau ternyata juga ampuh menghilangkan bau mulut.

Kamu bisa memperkaya cita rasa teh hijau dengan cara menambahkan daun mint ke dalamnya. Tidak ubahnya dengan teh hijau, daun mint dipercaya sangat efektif mengatasi bau mulut.

Susu

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti bawang putih atau bawang merah, minumlah susu setelahnya. Penelitian telah membuktikan bahwa susu memiliki kandungan yang mampu menghilangkan bau mulut akibat mengonsumsi makanan berbau menyengat.

Selain susu, produk olahan susu berupa yoghurt juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. Hal ini karena yoghurt mengandung probiotik yang dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

Apabila bau mulut tidak juga hilang setelah menggunakan bahan-bahan alami di atas, sebaiknya konsultasikan permasalahan ini ke dokter gigi untuk mencari tahu penyebab pasti bau mulut yang dilami. Dokter gigi akan membantu menentukan penanganan yang tepat untuk persoalan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia