Cara Membuat Website Gratis Sendiri dari Nol

  • Whatsapp
cara membuat website gratis

Banyak orang mengira membuat website itu memerlukan dana yang besar. Padahal, asumsi tersebut boleh jadi dilandasi pada perkiraan pembuatan website berita, atau setara website e-commerce, misalnya. Banyak cara membuat website gratis atau cara membuat website toko online bertebaran di internet. Artinya, hal ini bisa dijadikan panduan mengenai cara membuat website sendiri.

Kendati ada berbagai panduan yang bisa didapat di internetmembuat webiste gratis memang cukup rumit bagi pemula sehingga memerlukan jasa seseorang untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Bacaan Lainnya

Sadar atau tidak, saat ini manfaat website membawa dampak positif pada pelaku bisnis seperti mempromosikan produk, membangun kepercayaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa, hingga menjangkau audiens dengan luas.

Nah, pada kesempatan kali ini, Kawula akan membagikan tips tentang cara membuat website gratis dengan WordPress

Cara Membuat Website Gratis

Bagi kamu yang ingin membuat website toko online, kamu bisa membaca cara membuat toko online gratis di Blogger / Blogspot. Peran toko online bagi pelaku bisnis secara terang akan meningkatkan kepercayaan audiens terhadap suatu produk atau jasa yang kamu jual.

Ada beberapa tahapan untuk membuat website gratis, berikut langkah-langkahnya.

1. Pilih Platform untuk Membuat Website Gratis

Sebelum kamu melanjutkan cara membuat website, sebaiknya kamu pilih dulu platform yang akan digunakan. Cara membuat website gratis yang mudah yaitu dengan menggunakan platform yang telah tersedia.

Saat ini telah banyak platform gratis yang membantu seseorang untuk membuat website. Beberapa platform gratis yang bisa digunakan untuk membuat website antara lain Blogger, WordPress, Drupal, Joomla!, Wixsite dan lain sebagainya.

Namun, dari beragam pilihan yang tersedia, platform yang paling banyak digunakan, yaitu WordPress. WordPress dianggap sangat cocok digunakan bagi pemula yang ingin membuat sebuah website pribadi dan toko online.

Hal ini dikarenakan platform yang dibuat oleh WordPress benar-benar gratis, baik itu saat mengunduh, menginstal hingga sampai pada tahap mengubah tampilan website kamu nantinya.

Selain itu, WordPress bisa digunakan untuk membuat website kecil seperti blog atau untuk bisnis kecil ataupun website besar seperti yang dimiliki oleh perusahaan hingga lembaga.

2. Pilih Domain dan Layanan Hosting

Cara membuat website gratis selanjutnya adalah membuat alamat email melalui domain dan hosting. Pertama kamu harus memilih nama domain dan juga hosting yang sesuai dan mudah untuk diingat.

Nama domain adalah alamat website yang nantinya diketikkan oleh pengguna untuk mencari website kamu. Namun untuk membuat domain ini kamu akan dikenakan biaya. Kamu bisa bisa membeli domain pada penyedia layanan domain dan hosting murah di Niagahoster, misalnya. Di sini, untuk pembelian hosting, pihak Niagahoster akan menggratiskan domain apabila kamu memilih paket pelajar, personal, dan bisnis.

Tapi tak perlu khawatir, karena biaya yang akan kamu keluarkan tidak perlu untuk merogoh kocek dalam-dalam, karena pihak Niagahoster lagi memberikan diskon hingga 75 persen (saat artikel ini ditulis) untuk pembelian hosting gratis domain, terutama jika kamu memilih paket personal.

3. Modifikasi dan Email

Buat Email

Setelah mendapatkan domain, nantinya kamu akan mendapatkan email tersendiri. Email yang digunakan pun berbeda dengan email dari Gmail.

Ada beberapa cara untuk memberi nama domain untuk website. Jika akan menggunakan website untuk kepentingan pribadi, maka kamu bisa menggunakan nama sendiri. Namun, ada baiknya pilihlah nama domain yang mudah diingat dan komersil.

Apabila ingin digunakan untuk perusahaan atau toko online, usahakan menggunakan nama toko tersebut sebagai nama domain. Hal ini nantinya akan memudahkan pelanggan mencari website toko online milikmu.

Modifikasi

Kamu bisa memilih tampilan website sesuai dengan template yang telah tersedia. Jika kamu tidak ingin menggunakan tema yang telah disedikan di WordPress, kamu bisa menggunakan jasa install theme wordpress untuk mengubah tampilan web menjadi lebih menarik dan moblie friendly.

Di platfrom WordPress, terdapat dua kategori yang bisa digunakan untuk mempublikasikan konten, yaitu page dan post.

Page ini fasilitas yang sudah disediakan oleh platform untuk menulis artikel ataupun kontak. Page adalah halaman statis yang tidak bisa diubah, atau tidak diperbarui secara berkala. Sementara post sendiri umumnya digunakan untuk menulis sebuah artikel berdasarkan tanggal.

Selain itu kamu juga bisa mengatur website sendiri. Kamu bisa memilih judul website apa pada kolom site title di menu pengaturan.

Halaman utama pada website juga tergantung template seperti apa yang dipilih sebelumnya. Kendati begitu, kamu bisa memilih artikel atau tulisan apa saja yang akan ditampilkan di halaman utama.

Itu tadi cara membuat website gratis dengan WordPress, selamat mencoba dan berkreasi sendiri ya.

Pos terkait