Cara Efektif Melunasi Utang Pinjaman Online

  • 3 min read
  • Agu 16, 2020

Pinjaman online memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dana dalam waktu singkat. Akan tetapi, ujung-ujungnya banyak nasabah yang terjerat utang aplikasi pinjaman online (pinjol), dan kewalahan saat melunasi utang pinjaman tersebut.

Tak jarang nasabah yang berutang melalui aplikasi pinjol ini mendapat teror apabila terlambat membayar utang dari waktu yang telah disepakati sebelumnya. Tak hanya itu, bunga yang tinggi juga menjadi kendala bagi nasabah pinjol apabila tidak membayar utang mereka tepat waktu.

Apa Itu Pinjaman Online?

Pinjaman online merupakan fasilitas pinjaman dana oleh penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara daring. Penyedia pinjaman online lebih familiar dengan sebutan fintech.

Keunggulan pinjaman online, yaitu mampu memberikan dana dalam waktu singkat tanpa perlu jaminan dan tatap muka. Oleh karena itu, pinjaman online bisa menjadi solusi saat seseorang membutuhkan dana tanpa perlu ribet.

Selain itu, calon nasabah dapat mengirimkan syarat yang diperlukan untuk pinjaman online ini. Bahkan untuk standar kelayakan pemohon kredit hanya dilakukan dengan sesi wawancara melalui telepon.

Untuk mendapatkan pinjaman online, pemohon kredit hanya perlu mengakses website fintech, transaksi keuangan seperti pinjaman hingga transfer dana dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Jenis Pinjaman Online

Berdasarkan jenisnya, pinjaman online tidak ubahnya dengan pinjaman konvensional. Jenis pinjaman dibedakan berdasarkan jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman (tenor), suku bunga, agunan dan tujuan pembiayaan.

Berikut jenis pinjaman online untuk pribadi dan perusahaan yang bisa diajukan

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA merupakan produk pinjaman online pribadi yang tidak memerlukan syarat agunan/jaminan atas kredit yang diajukan nasabah.

Biasanya, penyedia aplikasi atau jasa pinjaman dana online menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syarat utama pengajuan KTA.

Kredit Karyawan

Pinjaman karyawan adalah produk yang dirancang untuk karyawan yang aktif bekerja di sebuah instansi, perusahaan, badan usaha maupun lembaga.

Syarat utama pinjaman ini di antaranya SK Pengangkatan PNS/Pegawai Tetap, rekomendasi pejabat/atasan yang berwenang dan slip gaji.

Kredit Kendaraan

Kredit kendaraan ini biasanya dilakukan secara konvensional. Namun, seiring perkembangan zaman, nasabah bisa mengajukan kredit mobil maupun motor secara online.

Syarat utama pinjaman ini di antaranya adalah slip gaji, memiliki tempat tinggal sendiri dan uang muka (DP) sesuai ketentuan.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

KPR adalah fasilitas pinjaman bagi nasabah yang ingin membeli rumah dengan cara mencicil. Cicilan ini pun beragam, ada yang pembayaran flat dan ada yang mengikuti suku bunga.

Saat ini, sejumlah fintech yang bekerjasama dengan Bank telah menyediakan fasilitas KPR online.

Pinjaman Usaha

Pinjaman usaha atau kredit usaha merupakan pinjaman dengan tujuan memberikan modal usaha kepada nasabah.

Setelah mengetahui apa itu pinjaman online dan jenis pinjaman dana online, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara melunasi pinjaman online.

Jika utang pinjaman online semakin menumpuk, jangan putus asa dulu. Selalu ada solusi untuk setiap masalah, bukan?

Cara Melunasi Utang Pinjaman Online

Ketika Anda mengalami gagal bayar pinjaman online, tentu akan menjadi bumerang bagi diri sendiri. Telah banyak kejadian dan berita tentang nasabah yang sulit keluar dari pinjaman online.

Jika itu terjadi pada diri Anda, keluarga, dan teman-teman Anda, sebaiknya segera lunasi utang pinjol tersebut.

Berikut tips untuk melunasi utang pinjaman online secara efektif

Pinjaman Tanpa Bunga

Untuk melunasi utang online, Anda bisa memanfaatkan pinjaman tanpa bunga. Untuk mendapatkan pinjaman tanpa bunga, Anda bisa mengajukan pinjaman tersebut di tempat Anda bekerja.

Umumnya, manajemen kantor memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga untuk setiap karyawan. Tak hanya itu, Anda dapat meminta pihak manajemen untuk memberikan tenor lebih dari setahun. Dengan begitu, keuangan Anda tetap terjaga.

Bila merasa tidak nyaman, Anda dapat meminjam dana ke orang tua atau saudara dekat. Kendati begitu, Anda wajib mengembalikan seluruh dana pinjaman tepat waktu. Bila Anda ingkar janji, konsekuensinya hubungan persaudaraan menjadi buruk.

Pinjaman Berbunga Lunak

Cara kedua yang dilakukan adalah melunasi utang online dengan pinjaman berbunga lunak. Anda dapat pergi ke bank atau ke koperasi untuk mengajukan pinjaman tersebut.

Sebelumnya, Anda wajib membandingkan besaran bunga beberapa bank atau koperasi untuk mendapatkan bunga terendah. Kemudian, pilih tenor pembayaran lebih dari satu tahun.

Cara ini untuk menjaga cash flow Anda tetap baik.

Jual Barang Berharga

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjual aset berharga yang dimiliki.

Cara ketiga ini bisa menjadi langkah terbaik untuk dilakukan. Karena, Anda tidak perlu membayar cicilan di kemudian hari.

Perlu diingat, setelah pinjaman online terlunasi Anda wajib menutup semua akun aplikasi pinjaman online. Anda dapat menghapus aplikasi pinjaman online di ponsel, agar tidak lagi menggunakannya.

Itu tadi sedikit informasi mengenai pinjaman online dan bagaimana cara melunasi utang pinjaman online. Semoga kita lebih bijak dalam menggunakan uang dan mengelolanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia