Cara Live di Tiktok dan Tips Menambah Followers

  • Whatsapp
cara live di tiktok

Cara live di TikTok ternyata harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku pada platform tersebut. Kira-kira, apa saja peraturannya, dan bagaimana menarik banyak penonton untuk menambah pengikut?

Sudah bukan rahasia lagi, kalau aplikasi TikTok tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Banyak orang yang mendadak viral lantaran unggahan mereka meraih simpati masyarakat, bahkan sebaliknya.

Bacaan Lainnya

Sebagai platform video musik yang membolehkan penggunanya untuk mengunggah video TikTok, aplikasi ini juga menyediakan fitur siaran langsung yang dapat digunakan bagi para pemakainya.

Adanya fitur live di TikTok ini, kabarnya dapat memberikan keuntungan bagi pemakainya. Ringkasnya, aksi live di platform ini bisa ditukarkan dengan uang tunai, lho. Tak hanya itu, melakukan siaran langsung di TikTok adalah cara yang paling efektif untuk berinteraksi dengan audiens.

Syarat Live di TikTok

Setiap pengguna bisa menggunakan fitur live di TikTok jika telah memenuhi syarat dan kebijakan yang berlaku. Kira-kira, apa saja syarat untuk melakukan siaran langsung tersebut ya?

1. Akun dengan 1000 Followers

Syarat pertama untuk melakukan siaran langsung di TikTok, yaitu mencapai batas minimal 1000 follewers (pengikut). Para pengguna yang telah mencapai 1000 followers akan dengan mudah menemukan “Go Live” opsi saat menekan tanda plus (+).

2. Usia Minimal Mesti 16 Tahun

Syarat kedua, pastikan saat melakukan registrasi akun TikTok, usia kamu sudah lebih dari 16 tahun. Pasalnya, aturan ketat di TikTok tidak membolehkan pemakainya melakukan siaran di bawah 16 tahun.

Dengan kata lain, bagi pengguna yang masih di bawah umur tidak akan bisa menggunakan fitur untuk live.

3. Upgrade Aplikasi TikTok

Syarat yang ketiga, yaitu telah melakukan pembaruan aplikasi TikTok. Jadi, jika kamu sudah memenuhi dua syarat di atas, tetapi tidak bisa melakukan live, maka coba update aplikasi TikTok-nya.

Cara Live di TikTok Sendirian

Di timeline, kamu pasti pernah menemui video sedang melakukan siaran langsung di TikTok dari pengguna lainnya, bukan?

Ya, meski yang sedang melalukan siaran langsung bukan dari followers-mu, hal ini menjadi tanda bahwa TikTok dapat ditonton oleh siapa saja dan berpotensi menarik audiens lebih banyak.

Ringkasnya, siapapun bisa melakukan live jika sudah memenuhi syarat-syarat yang ada. Lalu, bagaimana cara melakukan siaran langsung di TikTok sendirian? Berikut panduannya.

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Tekan tombol plus (+) yang terletak di bawah layar
  3. Masukan judul live sesuai yang kamu inginkan di “add a title.”
  4. Lalu klik tombol “Go Live” yang terletak di bawah
  5. Pengguna akan diberikan informasi tentang berapa followers TikTok yang sedang aktif atau online
  6. Selesai
  7. Saatnya berinteraksi dengan para audiens TikTok-mu

Cara Live Bareng

Salah satu hal yang paling seru saat TikTok-an adalah dengan melakukan live streaming bersama teman-teman. Kamu bisa mengikuti pandauannya di bawah ini.

  1. Lakukan live streaming seperti panduang yang sudah diterangkan sebelumnya
  2. Kemudian, tekan tombol undang yang ada di sisi kiri bawah saat live.
  3. Pilih teman yang ingin kamu ajak live
  4. Berikutnya, kamu bisa memaksimalkan kolaborasi dengan teman agar siaran langsung berjalan seru

Tips Live di Tiktok

Untuk memudahkan kamu dan tidak kehabisan ide saat melakukan siaran di TikTok, ada beberap tips yang dapat kamu pertimbangkan.

Di bawah ini adalah tips siaran langsung di TikTok supaya bermanfaat sekaligus menarik banyak audiens.

1. Siapkan Peralatan untuk Live

Untuk melakukan live streaming, sebaiknya sediakan alat pendukungnya seperti tripod yang berguna menjaga kestabilan kamera handphone saat melakukan live.

Sediakan juga ring light supaya saat siaran di TikTok dapat pencahayaan yang lebih baik.

2. Menentukan Topik saat Live

Sebagai akun yang sudah memiliki banyak followers atau yang telah memenuhi untuk live, pastikan kamu memilih topik yang gampang diterima dan digemari oleh audiensmu.

Sebagai contoh, kamu adalah seorang influencer bisnis. Saat siaran langsung, kamu bisa mengangkat topik seputar bisnis seperti cara mendapatkan pasif income atau hal yang berkaitan dengan niche yang sejak awal telah kamu bangun di TikTok.

3. Lakukan Interaksi dengan Audiens

Berinteraksi dengan audiens adalah poin penting saat melakukan siaran di TikTok. Mulailah untuk menyapa penonton dan berterima kasih karena sudah menonton secara langsung.

Jangan abaikan komentar dan pertanyaan yang diajukan oleh audiensmu. Kamu bisa menyaring pertanyaan audiens kemudian menjawabnya dengan cara yang baik.

Melakukan interaksi saat live menjadi semacam apresiasi host kepada audiens agar merasa lebih dekat, dan tentunya live streaming jadi menarik dan interaktif.

4. Melakukan Kolaborasi 

Sebuah kolaborasi yang dilakukan saat melakukan siarang langsung akan mendatangkan keuntungan oleh tiap-tiap pengguna TikTok.

Contoh kecilnya, bisa menjadi ajang untuk menambah pengikut dan melakukan personal branding. Yang tak kalah seru adalah siaran streaming di TikTok tidak membosakan, dan malah sebaliknya.

5. Mengadakan Giveaway

Sudah bukan rahasia lagi, giveaway adalah strategi marketing yang dapat mengundang banyak audiens saat melakukan siarang langsung di TikTok.

Kamu dapat mengubah judul “live” menjadi “giveaway” saat Go Live di TikTok. Cara ini dapat menarik followers baru dan tambahan like di video kamu karena mendapatkan kunjungan dari pengguna lainnya.

Itulah cara live di TikTok, syarat untuk streaming, dan tips sederhana yang bisa kamu coba. Siapapun dapat melakukan siaran langsung secara mandiri atau bersama teman setelah memenuhi syarat dan aturan yang telah ditentukan oleh TikTok.

Pos terkait