7 Cara Cepat Kaya untuk Generasi Muda

  • Whatsapp
cara cepat kaya

Salah satu resolusi tahun baru paling menarik untuk diulas adalah menemukan cara cepat kaya untuk generasi muda. Kalau kamu termasuk golongan ini, jangan biarkan mimpimu kandas begitu saja.

Memang tidak mudah menjadi kaya dalam sekejap. Banyak hal yang dilibatkan untuk mencapai target yang diinginkan. Semuanya perlu perjuangan, kerja keras, dan kosistensi.

Meski banyak yang mengaku sudah bekerja keras sedemikian rupa, tetapi pada kenyataannya, yang seringkali terjadi pada generasi muda adalah mereka tidak tahu bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik dan benar. Akibatnya, nihil tabungan.

Masalah finansial pada generasi muda adalah musuh paling nyata, dan itu harus dilawan dengan kebijakan sikap dan pikiran terbuka. Pasalnya, masih banyak dari kita kerap tergoda dengan gaya hidup tinggi sehingga ke depannya menimbulkan efek domino yang menyentuh sendi kehidupan.

7 Cara Cepat Kaya untuk Generasi Muda

Menjadi kaya adalah impian banyak orang. Namun, untuk mencapai impianmu itu diperlukan tips, motivasi diri agar kamu bisa cepat kaya dengan cara yang benar.

Berikut cara cepat kaya yang bisa kamu terapkan di dalam kehidupan yang fana ini.

1. Tentukan Target di Usia Muda

Douglas A. Boneparth selaku perencana keuangan mengatakan, generasi muda harus menentukan target finansial atau keuangannya saat memasuki usia 25 tahun.

Pada usia produktif tersebut, generasi muda harus mengukur atau membuat prioritas tujuan di masa depan. Oleh karena itu, jika kamu seorang pekerja yang memiliki penghasilan tetap setiap bula, tak ada salahnya menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabung atau diinvestasikan ke arah yang benar.  

Bagi generasi milenial, mungkin menabung dan berinvestasi di usia produktif bukanlah sesuatu yang berarti, tetapi jika kamu mau menyadari hal ini dari sekarang, maka dampaknya akan terasa di kemudian hari. Semakin rajin menabung dan berinvestasi, maka semakin banyak pula uang yang akan dihasilkan di masa mendatang.

2. Kendalikan Pengeluaran

Mengendalikan pengeluaran termasuk salah satu cara cepat kaya dalam waktu singkat. Kamu bisa menerapkan atau memakai metode 100/3. Metode 100/3 adalah metode yang paling ampuh digunakan. Maksud dari 100/3 ini adalah membagi pendapatan bulanan dengan konsep 50/20/30.

Bagaimana cara membagi keuangan dengan metode 50/20/30 ini?

50 persen keuanganmu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 20 persen untuk ditabung atau investasi. Kemudian, 30 persen bisa kamu jadikan sebagai pengeluaran lain, seperti biaya nongkrong, jalan-jalan hingga menonton bioskop.

3. Cepat Kaya dengan Pola Hidup Hemat

Menjalani pola hidup hemat adalah sistem yang bagus diterapkan kalau kamu punya keinginan menjadi orang kaya. Apabila kamu memiliki kebiasaan nongkrong bareng tema di kafe, mengeluarkan uang untuk belanja online padahal barang dibeli tidak dibutuhkan sama sekali, maka jalan keluar terbaik untuk mengatasi kebiasaan ini adalah dengan menguranginya.

Kegiatan atau kebiasaan nongkrong itu seandainya dikalkulasikan dalam satu bulan saja, maka tak sedikit biaya yang telah dikeluarkan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut dan menerapkan pola hidup hemat agar kantong sehat.

4. Manfaatkan Promo

Jika kamu mengingikan sesuatu berupa barang atu kebutuhan bulanan, jalan terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membeli produk yang sedang promo. Di era digital ini, banyak sekali brand yang menawarkan promo untuk menarik konsumen.

Melalui produk promo itu, kamu telah melakukan penghematan. Misalnya dengan manfaatkan cashback saat belanja di e-commerce atau toko online lainnya.

Walaupun nominalnya tampak kecil setiap bertransaksi, paling tidak kamu bisa menghemat keuangan. Dengan cara ini, kamu sudah berhasil menekan pengeluaranmu.

Yang perlu dicatat, jangan mentang-mentang ada promo, kamu menjadi lupa diri tanpa memikirkan kebutuhan lainnya. Maka dari itu, manfaatkan promo sesuai kebutuhan. Jangan pernah beli barang yang tidak dibutuhkan sama sekali.

5. Bisnis Sampingan

Salah satu cara cepat kaya dari internet adalah memulai bisnis atau kerja sampingan. Hari ini banyak sekali orang melakukan pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Beragam bisnis online bisa kamu manfaatkan seperti menjadi reseller, dropshipper, atau menjual jasa sesuai bidang yang kamu kuasai.

Sebagai gambaran ringkas, jika kamu menguasai mata pelajaran tertentu, kamu bisa membuka les privat online setelah pulang kerja dari kantor. Begitu juga dengan keahlian menulis. Saat ini banyak perusahaan atau orang-orang yang mencari jasa penulis.

Jika kamu konsisten dengan pekerjaan sampingan ini, tidak menutup kemungkinan pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan utamamu ke depannya karena sifatnya yang fleksibel, dan uang yang dihasilkan bisa memenuhi kebutuhan hidupmu.

6. Jangan Gunakan Kartu Kredit!

Kartu kredit sering disalahgunakan oleh milenial. Tak heran, para milenial sering terjerat utang. Salah satunya adalah tagihan kartu kredit yang macet.

Padahal, kartu kredit bisa dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan tertentu atau mendesak. Namun, mereka malah sering menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran atau kebutuhan sehari-hari.

Jika terlalu sering menggunakan kartu kredit, kamu bisa terjerat utang yang akan menghambatmu di masa mendatang. Sebaiknya, kamu gunakan kartu kredit untuk hal yang berguna atau keadaan darurat saja.

7. Cara Cepat Kaya dengan Belajar Investasi

Sebaiknya, alokasikan dana yang kamu miliki untuk berinvestasi. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang paling diminati, seperti investasi emas, saham, reksa dana, atau melalui P2P Lending. Dengan melakukan investasi secara benar-benar, kamu bisa dengan mudah meraup kekayaan dengan lebih mudah.

Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa mulai dengan memilih investasi emas. Namun, pastikan kamu merawat dan menyimpannya dengan benar. Karena tanpa kamu merawatnya, kamu bukan mendapatkan keuntungan, tapi justru nilai dari emas itu sendiri bisa menurun.

Sedangkan, bagi kamu yang ingin memulai investasi dengan aman tanpa perlu melakukan perawatan, kamu bisa mulai dengan membuka rekening reksa dana. Dengan memulai investasi reksa dana, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan lebih mudah, cepat, dan aman.

Kamu juga bisa berinvestasi di saham. Namun sebelum mulai investasi saham pastikan kamu sudah mempelajari dulu cara berinvestasi saham yang benar terutama untuk pemula. Investasi saham memang terbukti menjadi salah satu cara cepat kaya. Bahkan kamu bisa mendapat keuntungan lebih dari 20% asalkan kamu berinvestasi dengan strategi yang benar.

Itu tadi 7 cara cepat kaya untuk generasi muda atau bagi siapa saja yang ingin merdeka dari masalah finansial. Semoga artikel ini bisa membantu atau memotivasi kamu agar lebih baik ke depannya dalam mengatur keuangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Kalau saya setuju dengan bisnis sampingan, karena saat ini mudah nyari pembeli dengan memanfaatkan teknologi yang ada.