Estimasi Biaya Pernikahan Sederhana

  • Whatsapp
biaya pernikahan sederhana

Mengusung konsep biaya pernikahan sederhana adalah cara terbaik bagi pasangan yang akan menikah dan mempersiapkan resepsi pernikahan. Dengan demikian pesta pernikahan tetap bisa dilangsungkan dengan bujet seadanya tanpa harus mengedepankan gengsi.

Sebelum membicarakan biaya nikah, sebaiknya kita sepakat bahwa esensi pernikahan terletak pada prosesi ijab kabulnya, dan tentu saja, ingin mendapat rahmat dari Sang Pencipta atas pernikahan tersebut.

Umumnya, sumber pengeluaran terbesar bagi sejoli yang akan menikah ialah mempersiapkan resepsi pernikahan. Pasalnya, tak sedikit para calon pengantin mempunyai konsep pernikahan sendiri, seperti pemilihan konsep pre-wedding, model undangan pernikahan, katering, survey  tempat pernikahan, dan lain sebagainya.

Tidak ada yang salah dengan itu semua asal mampu dan dananya tersedia. Yang menjadi persolan adalah ketika biaya nikah yang tersedia tidak bisa mewujudkan itu, tentu para pasangan harus memutar otak agar bisa melangsungkan resepsi pernikahan yang bahagia dan meriah meski dengan bujet seadanya.

Percaya atau tidak, kalau kamu mau menerapkan konsep biaya pernikahan sederhana, maka pernikahan bisa berjalan dengan baik dengan pengeluaran sebesar Rp10 juta saja. Jumlah segitu tentu masih bisa diperdebatkan, karena pada kenyataannya masih ada orang yang bisa melangsungkan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) tanpa adanya resepsi.

Namun, karena artikel ini khusus membicarakan seputar biaya pernikahan minimalis sampai pada tahap melangsungkan resepsi, maka sebaiknya kamu simak artikel ini hingga tuntas, karena akan ada estimasi biaya nikah sederhana, yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi keunganmu.

Berikut estimasi biaya pernikahan sederhana untuk disesuaikan dengan bujet yang ada.

Biaya Pernikahan Sederhana, Cukup dengan Akad Nikah Saja

Seperti yang telah disinggung di awal, esensi sebuah pernikahan terletak pada prosesi ijab kabul. Maka, jika ada di antara pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan tetapi terkendala pada dana yang tersedia, maka tanpa resepsi pernikahan pun sebenarnya sudah cukup.

Melangsungkan akad nikah dikelilingi orang-orang tercinta, bisa memberi kesan lebih dalam untuk dirimu. Jangan paksakan diri untuk membuat resepsi apabila dananya tidak tersedia. Semua hal yang diperlukan untuk melangsungkan resepsi memerlukan biaya yang tidak sedikit dan membutuhkan waktu yang panjang.

Mulai dari memikirkan model undangan, survey gedung, koordinasi dengan pihak wedding organizer, dan sebagainya. Kebayangkan ribetnya seperti apa?

Jangan Paksakan Sewa Tempat, Manfaatkan Rumah untuk Pernikahan

Bagi yang ingin menyewa gedung atau tempat untuk resepsi pernikahan itu sah-sah saja. Akan tetapi, bagaimana jika uang yang ada tidak cukup untuk menutupi sewa tempat nikah? Maka, jalan terbaik untuk hal ini, yaitu dengan melangsungkan resepsi nikah di rumah saja.

Sebagai contoh, saat ini kamu hanya memiliki uang sebesar Rp5 juta, sementara harga sewa gedung Rp8 juta, maka sebaiknya prosesi hingga resepsi nikah di rumah saja. Dengan begitu, kamu telah menghemat uang, dan uang tersebut bisa dijadikan dana taktis untuk keperluan lainnya.

Ketimbang Gunakan Jasa Katering, Coba Masak Sendiri

Karena kita sedang membicarakan konsep biaya pernikahan sederhana, maka hal yang akan dilakukan selajutnya adalah memasak hidangan untuk para tamu yang hadir di pesta pernikahanmu nanti. Libatkan keluarga, teman dekat untuk membantu keperluanmu yang satu ini agar proses memasak berjalan dengan lancar.

Sebagai gambaran sederhana, di bawah ini adalah contoh pernikahan dengan menggunakan jasa katering dan memasak sendiri. Yuk, meluncur.

1. Menggunakan Jasa Katering

Agar tidak salah kaprah dalam estimasi biaya satu ini, sebaiknya kita sepakat lebih dulu dengan jumlah tamu undangan yang akan hadir bersama pasangannya.

Nah, jika menggunakan jasa katering untuk pernikahan, boleh jadi harga per paket buffet pernikahan dengan menu nasi, sup makaroni sosis, ayam goreng, bihun goreng, sambal, kerupuk, buah, dan air memakan biaya Rp50 ribu.

Jadi, biaya yang harus dikeluarkan untuk 25 tamu undangan beserta pasangan masing-masing adalah Rp50 ribu x 50 orang = Rp2,5 juta.

2. Memasak Sendiri

Sementara jika kamu mau mencoba memasak sendiri, maka kisaran harga yang akan dikeluarkan:

  • 5 kg beras: Rp50 ribu
  • Sup makaroni: Rp250 ribu
  • Ayam goreng: Rp200 ribu
  • Bihun goreng: Rp200 ribu
  • Sambal: Rp100 ribu
  • Kerupuk 3kg: Rp80 ribu
  • Buah: Rp250 ribu
  • Air 2 karton: Rp60 ribu

Maka, total biaya yang dikeluarkan untuk makanan adalah sekitar Rp1,79 juta atau lebih murah 700 ribu dibandingkan biaya katering. Berarti kamu sudah menghemat 28 persen dari biaya menggunakan katering.

Menunda Foto Prewedding

Rasanya tidak lengkap kalau mau menikah tidak melakukan sesi foto prewedding, iya kan? Bagaimana kalau bujetnya terbatas, dan apa yang harus dilakukan?

Melakukan sesi foto prewedding bisa memakan biaya yang cukup besar, lho. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menunda foto prewedding dan menggantinya dengan memajang folo momen kebersamaan antara kamu dan pasangan dengan foto polaroid.

Selain memberikan kesan klasik dan sederhana, biaya yang diperlukan untuk foto polaroid tidak memerlukan biaya yang besar. Nah, di bawah ini adalah contoh dan estimasi biayanya.

1. Menggunakan Foto Prewedding

Oke, untuk lebih memudahkan kamu dalam hal ini, ancar-ancar biaya foto prewedding termurah Rp800 ribu untu 10 gaya foto dengan durasi 3-4 jam. Artinya kamu harus mengeluarkan uang sebersar Rp80 ribu untuk setiap fotonya dengan waktu yang kurang dari setengah jam.

2. Tanpa Foto Prewedding

Kira-kira dengan 10 gaya foto prewedding itu kamu merasa cukup? Maka, solusi untuk persoalan satu ini, yaitu dengan menggunakan cetak foto polaroid. Saat ini harga cetak foto polaroid mulai dari Rp5-8 ribu. Baiklah, kita anggap Rp5 ribu saja per fotonya.

Jika kamu memerlukan 100 foto, maka biaya yang akan kamu keluarkan hanya Rp500 ribu saja. Soal konsep penyajian bisa kamu sepakati dengan pasangan. Barangkali bisa dengan menempelkan foto-foto tersebut di sepanjang tali pada dinding acara pernikahan.

Dengan begitu, ada kesan yang melekat di benak tamu yang hadir. Tamu seakan diajak bertamasya sekaligus menyusuri perjalanan waktu kebersamaan kalian dari awal hingga ke jenjang pernikahan.

Biaya Pernikahan Sederhana, Sewa Baju Pengantin Paket Lengkap 

Tak bisa dimungkiri kalau baju pernikahan adalah aspek penting. Tentu setiap penganting menginginkan baju pengantin mereka tampak indah. Lagi-lagi, untuk persoalan ini biaya yang dibutuhkan pun lumayan gede.

Nah, untuk meyiasati itu semua, kamu boleh lah menggunakan jasa vendor sewa baju pernikahan dalam bentuk paket. Pasalnya, kini sudah banyak sewa baju pernikahan dalam bentuk paket murah meriah.

Di bawah ini adalah contoh sewa baju pernikahan yang sudah dilengkapi paket keluarga

Kumala Wedding, Paket Rp5 juta

  • Busana pernikahan + rias
  • Seragam orang tua + rias
  • Busana penerima tamu + rias

Rumah Kafka, Paket Samara (Rp5,9 juta)

  • Busana pernikahan + rias dan aksesoris
  • Busana orang tua (2 pasang) + rias dan aksesoris
  • Busana penerima tamu (4 pasang) + rias dan aksesoris

Gunakan Bantuan Teman yang Bisa Rias Pengantin

Berhubung kini jasa sewa baju pengantin telah dilengkapi dengan riasan, maka kamu tidak perlu mencari jasa rias pengantin lagi. Tapi, jika keadaannya tidak sama, maka sebaiknya gunakan bantuan temanmu yang bisa melakoni rias pengantin.

Apabila kamu menggunakan jasa Make Up Artist (MUA), barangkali biaya yang yang diperlukan juga lumayan besar. Apalagi jika ditengok dari segi jam terbang dan fasilitas yang diberikan oleh jasa MUA tertentu, harga yang ditawarkan bisa mencapai Rp1-3 juta.

Nah, jika ingin mengehemat dana, kamu bisa minta tolong kepada teman yang punya kecakapan di bida rias-merias. Misalnya, teman kamu punya tarif merias sebesar Rp1,5 juta, lantaran kamu punya kedekatan yang baik, kamu bisa meminta potongan harga sebanyak 50 persen, misalnya.

Artinya kamu cukup membayar Rp750 ribu untuk jasa rias pengantin. Sisanya kamu bisa memberikan imbalan dalam bentuk lain, misalnya mengajak teman kamu yang jago merias itu untuk makan bersama. Itu semua bergantung dari cara kamu saja, ya.

Baca Juga: Cara Membuat Undangan Pernikahan Digital Kekinian

Minta Bantuan Teman untuk Fotografer

Untuk mengabadikan momen pernikahanmu, kamu bisa menggunakan teman yang gemar dengan dunia fotografi, dan tentunya memiliki kamera. Hal ini juga termasuk ke dalam konsep biaya pernikahan sederhana. Jadi, selama pesta pernikahan berlangsung, tema kamu bertugas untuk membidik momen-momen pesta pernikahan yang akan diabadikan.

Hari ini harga jasa fotografer pernikahan cukup lumayan, lho. Apalagi jika fotografer yang kamu gunakan sudah profesional dan memiliki jam terbang tinggi. Paling murah saja harga jasa fotografer pernikahan bisa sampai Rp2-3 jutaan.

Nah, dengan menggunakan bantuan teman kamu yang gemar dengan dunia fotografi, kamu bisa menetukan bujetnya di bawah itu dengan catatan teman kamu tidak keberatan untuk melakukannya, ya.

Undang 50 Tamu Menghadiri Pernikahan Sederhana

Berapa sih batas maksimum untuk mengundang orang dan kerabat terdekat saja untuk akad nikah doang?

Sebenarnya, ini bisa dikembalikan pada kebutuhan kamu, ya. Tapi, di sini kita bisa mengundang 50 tamu  sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas. Maka, kamu perlu memikirkan hal ini matang-matang. Jangan sampai ada anggapan bahwa kamu tidak mengundang teman lainnya ke acara pernikahanmu.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mengundang teman terbaik yang banyak berkontribusi dalam hidup kamu dan pasangan. Dengan demikian, prosesi akad nikah yang kamu jalani lebih terasa intim.

Pilih Bibit Tanaman sebagai Suvenir

Ketika bujet yang kamu miliki tidak besar, maka jangan coba-coba untuk menyiapkan barang untuk suvenir dengan harga yang mahal. Pilihlah suvenir pernikahan dengan harga yang murah namun tetap memiliki manfaat untuk tamu undangan, contohnya saja bibit tanaman.

Misalnya, kamu membeli bibit bunga matahari yang berisi 50 bibit iji dengan harga Rp10 ribu. Sementara tiap tamu undangan akan mendapatkan masing-masing 10 bibit. Maka bujet yang harus kamu keluarkan sebagai berikut.

10 bungkus bibit bunga matahari x Rp10 ribu = Rp100 ribu

Sebagai bahan pembungkus, kamu bisa menggunakan plastik mika seharga Rp20 ribu per meter.

Maka, total pengeluaran kamu untuk memberikan suvenir pada tamu undangan adalah Rp120 ribu. Tentu hal ini akan membantu kamu dalam menghemat bujet pernikahan.

Minta Teman untuk Jadi Wedding Organizer Dadakan

Setelah kamu menyiapkan hal-hal di atas, tentu kamu akan membutuhkan bantuan selama pernikahan dilaksanakan. Nah, ketimbang menggunakan wedding organizer profesional yang memiliki harga mahal, mending memanfaatkan jalinan pertemanan untuk menunjang bujet pernikahan sederhana.

Biasanya jasa wedding organizer murah berada dikisaran harga delapan jutaan. Maka dengan meminta bantuan teman, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sebesar itu. Justru pernikahan sederhana kamu akan terkesan lebih istimewa karena disiapkan bersama teman-teman.

Panggil Penghulu ke Rumah

Apalah artinya sudah menyiapkan segala persiapan pernikahan bila tidak ada penghulu yang akan meresmikan. Kamu cukup menyiapkan biaya Rp600 ribu untuk mengundang penghulu datang ke rumah setelah itu tidak ada lagi biaya yang harus disiapkan.

Simulasi Biaya Pernikahan Sederhana

Dengan rincian pengeluaran untuk pernikahan di atas, maka berikut adalah total biaya yang akan dikeluarkan.

Keperluan Pernikahan yang Mesti Disiapkan Anggaran
Masak Sendiri Rp1,8 Juta
100 Foto Polaroid Rp500 ribu
Paket Baju Pernikahan Rp5 Juta
Rias Pengantin Rp750 ribu
Dokumentasi Rp500 ribu
Suvenir Rp120 ribu
Memanggil Penghulu Rp600 ribu
Total Biaya Rp9.270.000,-

Demikian tentang estimasi biaya pernikahan sederhana yang bisa dijadikan acuan. Sebagai tambahan catatan, estimasi ini bisa saja berubah sesuai dengan kebutuhan dan harga ke depannya. Intinya, artikel ini hanya menyampaikan ancar-ancar saja dengan segala kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Semoga bisa berguna, ya.