Biaya Bangun Rumah Menggunakan Jasa Profesional

  • Whatsapp
biaya bangun rumah

Membangun rumah merupakan momen yang membutuhkan banyak pertimbangan, terutama dalam  urusan biaya. Sebab, salah-salah menghitung biaya bangun rumah, dapat mengakibatkan pembangunan rumah terhambat.

Sebelum mulai membangun rumah, ada baiknya untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat. Hal ini bisa kamu jadikan acuan dalam menghitung rincian biayanya agar saat pembangunan tidak terjadi kerugian. Bagaimana cara menghitungnya? Berikut penjelasannya.

Menghitung Luas Lahan

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membangun rumah adalah menghitung luas lahan. Ukur panjang dan lebar pada lahan yang ingin dijadikan bangunan rumah. Jangan lupa juga memastikan tanah yang terukur sudah sesuai dengan akta jual beli (AJB) atau sertifikat hak milik (SHM). Lalu buatlah sketsa lahan tersebut, apabila kamu tidak bisa, maka kamu dapat menggunakan jasa bangun rumah yang terpercaya.

Hitung Biaya Desain Bangun Rumah

Untuk menghitung jasa bangun rumah, termasuk biaya desain dan arsitek, tentunya kamu harus mencari seseorang yang memahami hal ini. Sebab desain rumah tidak dapat dirancang sembarangan. Rancangan yang dibikin dengan sembrono justru akan menyebabkan masalah pada saatu konstruksi bangunan.

Akibat yang bisa terjadi juga bisa sangat fatal. Rumah yang kamu idam-idamkan tersebut bisa saja roboh suatu waktu karena tidak diperhitungkan dengan matang.

Karena itu, kamu membutuhkan jasa bangun rumah dari seseorang yang paham tentang desain rumah, misalnya arsitek. Tinggalkanlah pikiran kuno yang menyebut menyewa jasa arsitek itu mahal.

Arsitek yang baik justru dapat menekan biaya pembangunan dan pemeliharaan rumah. Di samping itu, biasanya, masing-masing arsitek juga memiliki nilai seni atau estetikanya sendiri. Hal ini akan menambah value pada bangunan rumah yang akan dirancang.

Estimasi Jasa Arsitek Desain Rumah

Ada dua Kriteria pembayaran jasa arsitek desain rumah, yaitu sebagai berikut.

  1. Harga yang ditawarkan per meter, misalnya Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu
  2. Harga yang ditawarkan dari persentase anggaran biaya bangun rumah, antara 5 persen hingga 7 persen.

Hitung daftar biaya material bangunan

Setelah mendapat desain rumah yang sesuai dengan keinginan, kamu dapat mencari tahu price list material bangunan yang tepat.

Biasanya, ada juga orang yang mennyerahkan biaya material seluruhnya kepada kontraktor. Hanya saja, ada baiknya kamu selaku pemilik rumah juga mempunyai rumusan atau perhitungan terhadap material bangunan yang kelak kamu tempati.

Dalam hal ini, kamu juga bisa melakukan konsultasi kepada arsitek untuk membantu kamu menghitung rencana anggaran biaya yang harus dipersiapkan secara keseluruhan. Dengan mengetahui anggarannya secara menyeluruh, kamu juga terbebaskan dari rasa khawatir atas dana yang meledak saat konstruksi bangunan.

Biaya Ongkos Pekerja

Kemudian, jangan lupa menghitung biaya ongkos para pekerja, ya. Ongkos para pekerja biasanya memiliki perbedaan pada setiap daerah. Pekerja di sini yaitu kenek yang mengerjakan konstruksi rumah dan tukang yang mengawasi kinerja kenek secara teknis.

Cara lainnya, kamu juga dapat meminta bantuan kepada mandor bangunan berpengalaman. Cara ini lumayan memakan biaya yang banyak, kecuali jika kamu menggunakan sistem borongan proyek pembayaran kepada kontraktor hingga selesai.

Upah tukang bangunan ini sangat variatif, tapi anggaplah per hari, kisaran angkanya ada pada Rp 120 ribu hingga Rp 150 ribu. Upah tersebut di luar uang makan, tentunya. Sedangkan upah kenek bangunan per harinya berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribuan.

Jangan lupa siapkan biaya bangun rumah lainnya

Saat kamu membangun rumah atau apapun, hal yang harus selalu kamu persiapkan adalah biaya tambahan atau dana tidak terduga. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya di tengah pengerjaan, kamu ingin mengubah beberapa konsep, atau terjadi kerusakan saat pepngerjaan.. Atau yang biasanya kerap terjadi adalah harga material bangunan yang tiba-tiba melonjak.

Untuk itu, ada baiknya kamu telah mempersiapkan dana simpanan sebesar 10 persen dari total anggaran biaya bangun rumah.  Jangan lupa juga untuk mengasuransikan rumah tersebut. Asuransi rumah akan sangat membantu kamu meminimalisir biaya kerusakan rumah tidak terduga suatu waktu nanti.

Trik Hemat Gunakan Jasa Bangun Rumah

Ada beberapa trik hemat membangun rumah untuk menekan pengeluaran. Cara ini bisa kamu coba juga apabila dana yang kamu miliki tidak terlalu banyak alias berkecukupan. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Desain rumah minimalis

Rumah dengan desain yang minimalis, meski tidak murah, tetapi juga dapat menekan anggaran. Desainnya yang sederhana dan kecil tentu saja membuat kamu tidak perlu mengisi banyak barang-barang perabotan

2. Manfaatkan material lokal berkualitas

Saat ini ada banyak material buatan lokal atau Indonesia yang dapat bersaing dengan produk luar negeri yang mahal. Nah, kamu dapat memanfaatkan material-material lokal tersebut untuk meminimalisir pengeluaran. Meski begitu, diperlukan riset mendalam terhadap produk material tersebut.

3. Gunakan jasa bangun rumah

Biasanya, membangun rumah memerlukan pengeluaran yang cukup besar. Cara mengakalinya, kamu bisa mendapatkan biaya jasa bangun rumah yang murah dengan menggunakan jasa arsitek tepercaya, amanah dan profesional dari Bintoro Build. Menggunakan jasa kontraktor menjadi pilihan tepat dan efektif untuk pengerjaan konstruksi.

Konsumen bisa memercayakan proses pembangunan rumah pada jasa kontaktor syariah yang ditangani oleh Bintoro Build. Selama proses pembangunan, konsumen tidak perlu dipusingkan dengan berbagai hal yang mereka tidak ketahui.

Bintoro Build telah menangani 150 project dan punya tenaga arsitek ahli di bidangnya. Kontraktor Bintoro Build profesional dalam membuat desain rumah, desain interior dan desain perkantoran.

Pos terkait