Apa Sih Tantangan Terberat Membangun Web?

Apa Sih Tantangan Terberat Membangun Web?

Jika membangun web atau blog tujuanmu menjadi hamba Adsense, kamu akan jenuh menjalani aktivitas nge-blog. Percayalah!

Tak bisa dimungkiri, iming-iming mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog masih menjadi pilihan terbaik selain membikin saluran YouTube. Mengelola web/blog tak semudah membikin mi isntan jika kamu mendadak lapar tengah malam.

Maka, tak jarang banyak orang membangun web dengan tujuan mendapatkan penghasilan dari situs yang mereka bangun.

Tak ada yang salah dengan itu. Toh, setiap manusia di muka bumi bahkan di planet Namec berhak membangun web, apa lagi di zaman serba digital begini.

Tapi, yang menjadi keprihatinan saya adalah tertanamnya pola pikir bahwa setelah membikin web, dalam waktu ringkas web/blog itu segera mungkin didaftarkkan ke Google Adsense. Lalu bisa panen dari Google Adsense.

Lagi-lagi tak ada yang salah dengan hal itu. Menariknya, apakah kamu menyadari beratnya menjalani rutinitas mengisi konten untuk web itu beratnya gimana?

Sejatinya, menjadi blogger itu penuh pengorbanan dan melelahkan. Terutama bagi kita yang levelnya masih playa di dunia blogging.

Nah, di bawah ini adalah contoh konkret bahwa nge-blog sebenarnya penuh tantangan dan perjuangan lho.

Sukarnya Menjadi Publisher Google Adsense

Persolan klasik satu ini adalah yang pernah dialami semua blogger, barangkali. Mendapatkan persetujuan dari Google Adsense memang gampang-gampang susah.

Ringkasnya begini, supaya blog kamu bisa diterima GA sebagai publisher, kamu harus memenuhi beberapa syarat dengan harapan blog atau websitemu baik/bagus di mata google.

Jadi sebaiknya jika tujuanmu membangun blog adalah adsense, kelolah dengan baik blog yang sudah kamu bikin itu. Lalu, baru melangkah ke strategi selanjutnya.

Tingkatkan Traffic Bukan Perkara Mudah

Sadar atau tidak, persaingan di dunia blog sebelas duabelas dengan persaingan di dunia YouTube. Jika mendatangkan visitor adalah hal yang mudah, semua orang sudah jadi blogger. Dari forum blog yang saya ikuti sekaligus cermati, banyak yang mengeluh tentang bagaimana meningkatkan visitor agar blog yang mereka kelola tak sepi pengunjung.

Ketimbang membikin konten click bait, saran saya, lebih baik beriklan di FB Ads dengan kelebihan fitur yang dimilikinya. Kamu bisa beriklan dengan harga yang relatif terjangkau dan bisa beriklan harian melalui Fb Ads.

Wajib Nulis Artikel Setiap Hari

Kebayang gak gimana kamu harus menulis artikel setiap hari untuk mengisi blogmu? Pasti jenuh kan? Apa lagi memikirkan niche apa yang harus ditulis, konten apa yang harus disajikan lagi untuk pembaca setia blog kita. Nah, tapi itu pula yang menjadi tugas seorang blogger untuk meningkatkan pengunjung, jika malas bisa-bisa blogmu malah ditinggalkan visitor. Mau?

Persaingan Page One Google itu Susahnya Minta Nikah Ampun

Konon, para legenda blogger seperti MaxManroe dalam tulisannya mengatakatan, agar artikel kamu bisa tembus page one kamu harus bermain di kata kunci. Dengan menggunakan kata kunci, efek yang ditimbulkan adalah meningkatnya visitor organik.

Tapi, tentu kamu tidak sendiri untuk bisa menembus page one. Banyak blogger lain yang juga ingin blognya di page one google. Itu sangat menguras energi dan terkadang bikin para blogger menyerah.

Mendapatkan Penghasilan dari Blog itu Perlu Waktu

Nah, ini kan tujuan kita membangun web? Iya dong. Tapi, tahukah kamu, jika memonetisasi iklan dari Google Adsense itu perlu waktu yang panjang. Apalagi jika visitor blogmu atau page view per atikel masih jauh dari harapan. Jangan harap bisa gajian tiap bulan.

Kebijakan Google Adsense terbaru, uang baru bisa dimonetitasai jika sudah mencapai ambang batas, yaitu Rp.1.300.000. Jadi, jika kamu sudah telanjur basah terjun ke dunia blog, ada baiknya mandi sekalian. Jangan kentang! Hadapi segala risikonya. Tabah yang paling utama.

Masih minat jadi blogger? Atau kepingin udahan aja dan mencari aktivitas baru? Lanjut atau menyerah, semua jawabannya ada di hati kecilmu.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *