Blog

9 Cara Menulis yang Baik di Blog Tanpa Teknik SEO

Ilustrasi Menulis di Blog (Foto: Pixabay/Deeezy)

Cara Menulis di Blog yang baik dan benar untuk kemajuan website

Menulis di blog dan menghasilkan uang dari blog itu sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat blog dan mengisi blog kamu dengan konten menarik sekaligus informatif.

Jika konten blog kamu menarik dan bersifat informatif, dampak baiknya adalah blog tersebut akan kebanjiran visitor. Tidak menutup kemungkinan blog kamu akan menjadi mata air alias sumber penghasilan. 

Ramainya visitor pada sebuah blog adalah tanda agar kamu siap-siap memperoleh keuntungan seperti penawaran kerja sama, menjadi publisher Google Adsense, dan masih banyak lagi cara meperoleh uang dari blog.

Namun, sebelum mencapai ke sana, tuntut diri kamu konsisten menulis artikel blog. Isilah blog dengan konten-konten bermutu. Sebab, yang akan membaca blog kamu itu adalah manusia, bukan mesin. 

Berikut 9 Cara Menulis di Blog yang Baik untuk Pemula Tanpa Menggunakan Teknik SEO 

1. Tentukan Niche Blog 

Menentukan niche blog adalah kunci utama kamu menulis di blog. Niche blog adalah topik khusus pada sebuah blog. Jadi, kamu hanya fokus menulis topik atau pokok bahasan tertentu saja. Berangkatlah dari apa yang kamu sukai. 

Misalnya, kamu suka menonton film dan tertarik untuk menulis reviewnya. Maka, hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat blog dengan niche review film. 

Menentukan niche blog akan memudahkan kamu mengelola blog. Untuk keperluan artikel, kamu hanya perlu menonton film sebanyak mungkin, dan tuangkan tontonan kamu dengan cara mempostingnya di blog.

2. Tentukan Jadwal Posting Blog

Setelah menentukan niche, langkah berikutnya adalah menentukan jadwal posting pada blog. Hal ini berguna agar kamu tidak keteteran saat mengisi konten-konten dalam blog.

Sebagai gambaran, blog review film bisa dikembangkan menjadi beberapa kategori, misal review film barat, review film lokal, atau review drama korea. Jadi, buatlah semacam jadwal posting yang menentukan hari dan kategori.

Misalnya, dalam seminggu kamu bisa posting tiga artikel, maka aturlah jadwalnya sehingga kamu benar-benar telah mempersiapkan artikel yang akan diposting di blog.

3. Gaya Kepenulisan 

Dalam menyampaikan materi di blog, setiap blogger mempunyai gaya kepenulisan berbeda. Dalam hal ini, penggunaan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) yang baik dan benar tidak terlalu dituntut, karena blog bukanlah buku pelajaran wajib. 

Oleh karena itu, bagian penting menulis di blog, hemat saya, adalah cara kamu menyajikan materi dalam bentuk tulisan. Kamu tidak perlu repot memikirkan bagaimana cara menulis dengan teknik SEO (Search Engine Optimization). Sebaiknya menulis blog untuk pemula lebih mengedepankan tulisan yang enak dibaca.

4. Format Konten

Kenapa harus ada format konten blog? Begini, tanya ke diri kamu saat kamu membaca berita atau artikel, berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk itu? Jika kamu betah membaca artikel di blog A, artinya kamu betah berlama-lama di sana. 

Dengan kata lain, format yang digunakan blog A dalam menulis blog ada tiga, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Keberhasilan menulis di blog ditentukan dari kata pembuka yang kamu tulis.

Kata pembuka bisa membuat orang tergugah, diteruskan dengan membaca tulisan kamu hingga tuntas. Artinya kamu berhasil membuat tulisan yang bagus, yang menyentuh wilayah peka manusia, dan tidak menutup kemungkinan mereka akan membaca artikel lainnya di blog kamu.

5. Menyertakan Gambar/Visual 

Menyertakan gambar pada artikel blog akan memperkaya konten blog. Sertakan gambar yang relevan dengan konten saat kamu menulis di blog. 

Gambar yang ada pada konten blog berfungsi sebagai penunjang isi artikel. Apa lagi jika blog kamu membahas seputar topik tutorial. Di sini lah, visual menjalankan perannya. 

Pembaca akan dengan mudah menangkap isi artikel kamu jika disertai dengan gambar. 

6. Perhatikan Tampilan Blog

Untuk hal satu ini, kamu harus memperhatikan benar-benar. Tampilan blog dengan loading yang cepat, sangat mempengaruhi visitor. Bagaimana mungkin visitor akan lama berkunjung jika blog kamu lelet setengah mati?

Oleh karean itu, tidak ada salahnya kamu berivestasi atau membeli tema blog yang sesuai dengan kebutuhan blog kamu. Jika kamu pengguna blogspot, saya rekomendasikan untuk membelinya tema blog di sini.

7. Lakukan Blogwalking

Blogwalking atau tamasya blog perlu dilakukan demi perkembangan blog kamu. Berkunjunglah ke blog-blog yang mengusung niche blog yang sama denganmu, dan tinggalkan komentar di sana.

Dengan demikian, kamu telah menjalin silaturahmi dengan blogger lain sekaligus menambah wawasan kamu sebagai blogger. 

Konon, hari ini blogwalking tak lagi mempan untuk mendapatkan backlink atau mendatangkan visitor dari blog yang telah kamu kunjungi. Akan tetapi, blogwalking tetap menjadi bagian dari sebuah promosi blog. Ingat, blog baru butuh promosi agar dikenal. Lakukan blogwalking dengan rutin.

8. Promosikan Blog ke Media Sosial

Promosikan blog ke media sosial mungkin cara yang sering digukanan oleh kalangan blogger. Jadi, kamu sudah tentu mengetahui bagaimana cara membagikan postingan blog ke media sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Line, dan sebagainya.

9. Konsisten Menulis di Blog

Bagian ini sengaja pada urutan terakhir. Sebab, menulis di blog dan mengelolanya butuh konsistensi. Seleksi alam berlaku di sini. Konsistensi adalah kunci. 

Artinya, tidak mungkin seorang blogger sukses tanpa diimbangi dengan konsistensi. Posting artikel di blog sesuai jadwal yang telah kamu tentukan. Setelahnya, biarkan mesin pencarian di Google bekerja dengan caranya.

Tugas kamu hanya mengisi konten di blog sesuai dengan minat atau ketertarikan yang kamu sukai.

Itu tadi beberapa tips cara menulis di blog yang baik tanpa menggunakan teknik SEO. Apabila kamu mengelola blog secara maksimal, blog kamu berpotensi dikenal banyak kalangan dan blog itu bisa menghasilkan uang. 







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar