5 Cara Cek Status Data e-KTP Secara Online

  • 3 min read
  • Jun 19, 2020
Cek Data EKTP Online

Untuk menghemat waktu, cek status data eKTP (KTP elektronik) dapat dilakukan secara online, dan tidak perlu repot bolak-balik ke kantor catatan sipil.

Adapun informasi yang bisa diperoleh secara daring (online) di antaranya, proses perekaman data eKTP, tanggal cetak, dan status pengambilan eKTP.

Adanya informasi ini memudahkan kita dalam memantau cek staus data eKTP sehingga kita tidak lagi tiap hari mendatangi kantor dukcapil untuk monitoring.

Selain sebagai kartu identitas, eKTP juga diperlukan untuk mengurus kebutuhan administrasi seperti buat SKCK, bayar pajak kendaraan, bayar pajak, jual beli tanah, dan surat jual rumah.

Sebelum masuk ke pembahasan cek status data eKTP secara online, tahukah kamu bagaimana prosedur pembuatan eKTP?

Prosedur Buat eKTP

Prosedur membuat eKTP baru jauh lebih mudah jika dibandingkan dulu. Kamu tidak harus minta surat keterangan dari RT, RW, kelurahan, dan kecamatan.

Kamu hanya perlu membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sesuai domisili tempat kamu tinggal.

Selanjutnya,  petugas Disdukcapil akan melakukan rekam data mulai dari foto, data diri, sampai data sidik jari. Setelah itu, kamu diminta menunggu selama 14 hari kerja untuk mengambil eKTP.

Ada pun persyaratan bikin eKTP di antaranya, sudah berusia 17 tahun, membawa salinan Kartu Keluarga, salinan Akta Nikah (bagi yang sudah menikah), surat keterangan pindah Disdukcapil (bagi WNI yang pindah daerah), mengisi formulir pembuatan KTP elektronik.

Cara Cek Data Status KTP Elektronik

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui status eKTP. Berikut panduan cek statu dan data eKTP yang dilansir dari laman lifepal.co.id.

Cara cek status eKTP Lewat Twitter

Cek status eKTP lewat Twitter mesti dilakukan lewat layanan direct message, untuk menjaga kerahasiaan data.
Adapun format untuk melakukan pengecekan eKTP melalui Twitter, yaitu:

#NIK
#Nama_Lengkap
#Nomor_Kartu_Keluarga
#Nomor_Telp
#Keluhan

Melalui pesan inbox Twitter, kamu bisa menanyakan kendala yang berkaitan dengan data kependudukan.

Untuk bertanya melalui dirrect messege, kamu tinggal mengikuti akun resmi call center Dukcapil melalui https://twitter.com/ccdukcapil.

Untuk pengaduan, warga Jakarta bisa mengirimkannya melalui akun Twitter Dukcapil di akun https://twitter.com/dukcapiljakarta.

Cara cek eKTP Lewat SMS, Whatsapp, dan Email

Kamu juga bisa melakukan cek eKTP melalui pesan SMS/Whatsapp dengan formasi berikut ini

#NIK
#Nama_Lengkap
#Nomor_Kartu_Keluarga
#Nomor_Telp
#Keluhan

Hubungi nomor 0811-800-5373 dan terangkan masalah yang kamu alami via SMS atau WhatsApp. Atau bisa juga mengiri kelurhan melalui alamat surel berikut [email protected].

Cara cek eKTP Lewat layanan telepon

Cara cek data eKTP juga bisa melalui layanan telepon. Kamu bisa menghubungi layana hotline Dirjen Dukcapil Kemendagri ke nomor 1500-537.

Sebelum menelpon, pastikan kamu sudah menyiapkan data berupa NIK dan KK sehingga petugas bisa mengofirmasi data yang ditanyakan.

Data yang diminta oleh petugas digunakan untuk melakuan cek proses perekaman, pencetakan, dan proses pendistribusian. Hal itu untuk mengetahui apakah data kamu sudah terintegrasi atau belum.

Cara cek eKTP Lewat Akun Facebook Dukcapil

Sama halnya dengan Twitter, kamu tinggal menuju ke https://www.facebook.com/cc.dukcapil dan isi dengan format berikut

#NIK
#Nama_Lengkap
#Nomor_Kartu_Keluarga
#Nomor_Telp
#Keluhan

Sebelum melayangkan pertanyaan atau keluhan tekan tombol menyukai halaman Facebook Dukcapil terlebih dulu ya.

Cara cek eKTP Lewat Aplikasi

Kemendagri memberikan saran untuk melakukan pengecekan di laman atau situs resmi melalui alamat http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.

Sementara itu,  untuk layanan call center bisa melalui situs http://sapa.kemendagri.go.id/ atau melalui aplikasi yang dapat diunduh di laman https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kemendagri.sapa.

Aplikasi tersebut hanya bisa digunakan untuk melayangkan pengaduan tentang layanan kependudukan kepada:

  • Kemendagri
  • Pemerintah Provinsi.
  • Pemerintah Kabupaten/Kota.

Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dan waspada dengan aplikasi yang tidak jelas siapa yang menerbitkannya. Dikhawatirkan data-data Anda bisa disalahgunakan untuk kepentingan tertentu.

Cara mengubah data KTP elektronik

Setelah kamu melakukan pengecekan, kemudian merasa ada data yang salah? Tenang saja data-data yang tidak sesuai bisa dirubah kok. Namun, kamu harus mengurusnya sendiri di Disdukcapil tempat pembuatan KTP elektronik. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Mendatangi Disdukcapil yang mengeluarkan KTP.
  • Serahkan dokumen yang diperlukan sesuai dengan data yang ingin dirubah. Misalnya ingin mengubah data perkawinan, harus membawa akta nikah atau putusan pengadilan. Jika ingin menambahkan gelar di nama, bawa ijazah.
  • Petugas Disdukcapil akan menyerahkan resi untuk pengembalian KTP elektronik yang lama.
  • Tunggu 14 hari kerja untuk mengambil KTP yang baru.
  • Bawa KTP yang lama dan KK untuk syarat pengambilan.

Itu tadi cara cek status data eKTP secara online dan offline. Pastikan bahwa proses perekaman data eKTP sudah selesai sehingga bisa dilakukan pengambilan di kantor Dukcapil atau Kelurahan sesuai dengan arahan petugas.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *