Yuk, Kenali Karakter Konsumen di Masa Mendatang Agar Bisnis Sukses


Perkembangan teknologi dan informasi telah mendorong pertumbuhan dunia bisnis. Contohnya ketika Anda menggunakan sosial media daring (online) saat ini, Anda akan begitu mudah menemukan penawaran berbagai barang dan jasa.

Perkembangan dunia bisnis turut mempengaruhi karakter konsumen di dalamnya. Menurut Sandiaga Uno sebagai salah satu ikon pengusaha Indonesia, ada dua karakter konsumen di masa yang akan datang.

Pertama adalah konsumen menginginkan pelayanan yang cepat. Konsumen ingin mendapatkan pelayanan yang tercepat dan terbaik sehingga mereka puas dengan apa yang mereka bayar. Misalnya ketika seseorang datang untuk makan di restoran cepat saji (fastfood). Seorang konsumen pasti menginginkan pelayanan yang cepat tanpa banyak antre dan segera mendapatkan makanan yang diinginkan.

Bahkan ada restoran cepat saji yang memberikan jalur khusus mobil untuk orang yang ingin membeli makanan untuk dibungkus tanpa harus turun dari mobil.

Karakter kedua adalah konsumen tidak ragu untuk lebih kritis terhadap produk dan jasa yang mereka konsumsi. Pada saat ini bukan hal yang asing bagi kita ketika melihat seorang rekan kita di sosial media daring yang berkomentar mengenai segala kekurangan produk X yang tidak bisa memuaskannya.

Bahayanya apabila yang berkomentar adalah publik figur yang banyak dipuja masyarakat. Akibatnya, tingkat kepercayaan terhadap produk tersebut akan hancur seketika.

Oleh karena itu, sudah selayaknya dalam pengembangan usaha, kita dituntut untuk menawarkan produk yang benar-benar berguna bagi konsumen. Selain itu kita juga harus mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar teknologi internet ini berdampak positif bagi peningkatkan jumlah konsumen dari waktu ke waktu.







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar