WHO Pastikan Kondisi WNI yang Selesai Karantina Natuna Hari Ini Sehat

WNI yang dikarantina di Natuna saat mengikuti senam pagi. (Foto: Net).

Sebanyak 238 WNI yang sempat diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau akan dipulangkan ke daerah masing-masing pada hari ini, Sabtu (15/2/2020). Dilansir dari CNNIndonesia, menurut Perwakilan World Health Organizastion (WHO) di Indonesia, N Paranietharan ratusan warga itu dipastikan dalam keadaan sehat dan tidak ditemukan indikasi virus Corona.

"And one key message that I have to share, everybody it's okay to do their activities. They're perfectly fine. There's no need worry about them," tuturnya, sebagaimana ditayangkan CNN Indonesia TV dari Natuna, Sabtu (15/2/2020).

Ia menerangkan, masyarakat yang sudah menyelesaikan observasi ini dapat melakukan kegiatan dan aktivitas sebagaimana biasa. Di samping itu, diingatkannya pula kepada masyarakat untuk dapat membiasakan hidup sehat.

"Sudah 14 hari dan tak menunjukkan sindrom virus Corona. Jadi, mereka baik-baik saja. Ingat untuk tetap mencuci tangan dan minum suplemen kesehatan," jelasnya.

Lebih jauh, ia pun berterima kasih kepada pemerintah Indonesia yang sudah menjemput warga dari Wuhan dan melakukan observasi selama 14 hari. Ia pun mengapresiasi langkah pemerintah yang dinilai telah bergerak cepat. Adapun warga negara Indonesia rencananya akan bertolak dari Natuna menuju Bandara Udara Halim Perdanakusuma.

Dari Jakarta, mereka bakal dipulangkan ke daerah masing-masing dibantu oleh Pemerintah Daerah. Sebelumnya, sebanyak ratusan orang akan segera dipulangkan dari Natuna selepas observasi ini, yang terdiri atas 237 WNI yang tinggal di Provinsi Hubei, 1 WNA (suami dari WNI), 5 anggota tim pendahulu KBRI Beijing, dan 42 orang dari tim penjemput termasuk kru pesawat dan petugas kesehatan.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo pun sebelumnya meminta masyarakat tak khawatir menerima kepulangan ratusan warga yang diobservasi di Natuna. Sebanyak 285 orang yang telah menjalani observasi rencananya akan dipulangkan ke daerah masing-masing pada Sabtu (15/2/2020).(but)







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar