Website Prakerja Error 522 Connection Timed Out

  • 3 min read
  • Sep 10, 2020

Website pendaftaran kartu prakerja, yaitu www.prakerja.goid mengalami ganguan teknis alias error saat diakses pada Kamis sore hari (10/9/2020). Sejatinya, pendaftaran kartu prakerja gelombang 8 (delapan) telah dibuka sejak Kamis siang.

Namun, saat Kawula mencoba mengakeses website prakerja justru muncul keterangan Error 522 Connection Timed Out. Dengan kata lain, untuk sementara waktu website tersebut tidak dapat diakses. Jadi, bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri program Kartu Prakerja, saya sarankan banyak bersabar.

Biasanya, keterangan Error 522 Connection Timed Out hanya berlangsung sebentar, yaitu semenit. Namun, kasus error website Prakerja tergolong lama, paling tidak saat sampai artikel ini dipubilkasikan, webiste Prakerja belum bisa diakses.

Nah, terlepas dari itu semua, sebenarnya apa sih Error 522 Connection Timed Out itu? Kenapa hal itu bisa terjadi pada sebuah website? Dan bagaimana cara mengatasi Error 522 Connection Timed Out tersebut?

Error 522 Connection Timed Out

Jika Anda adalah seorang blogger dan mendapati angka 522 saat mengakses situs, itu tandanya adalah kode pesan ditampilkan oleh Cloudflare. Sederahananya, permasalahan yang terjadi terletak pada server hosting dengan Cloudflare.

Seperti yang telah disinggung di atas, biasanya kode 522 ini hanya berlangsung sebentar, maksimal semenit. Jadi, jika Anda sedang mengakses sebuah situs, tunggu barang sebentar, lalu coba lakukan refresh kembali halaman webiste yang sedang Anda akses itu. Sebab, cara ini berfungsi dari beberapa kasus. Akan tetapi, jika kondisinya berulang, maka Anda sebagai blogger yang mengelola website pribadi perlu mencari akar masalahnya..

 Faktor Error 522 Connection Timed Out

Jika terjadi masalah Error 552 pada blog Anda, maka hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, berikut di antaranya.

  • Salah Pengaturan (setting) DNS di Cloudflare.
  • Lagi ada masalah network dari sisi Cloudflare.
  • Sedang mengalami masalah network di Provider Hosting Anda, sehingga membuat respon ke Cloudflare menjadi lambat.
  • Jika Anda menggunakan VPS, boleh jadi Anda secara tidak sengaja mengaktifkan firewall yang memblokrir IP Cloudflare.
  • Webserver server hosting down.
  • Server hosting mengalami overload, atau kunjungan mendadak membludak

Nah, kira-kira kebayang kan kenapa website Prakerja bisa error? Soalnya, kalau bicara penyebab kemungkinan penyebabnya ada banyak, lalu bagaimana cara mengatasi error 522 Connection Timed Out?

Cara Mengatasi Error 522 Connection Time Out

Jika Anda memiliki blog pribadi, dan sedang mengalami websiter error 522, maka hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

Paling tidak ada 5 langkah yang harus Anda lakukan untuk mengatasi Error 522 Connection Time Out. Berikut uraian ringkasnya.

Cek Setting DNS di Cloudflare

Hal ini biasanya dialami pemula saat pertama kali memasang cloudflare, kesalahan yang sering terjadi adalah saat Anda keliru memasukkan ip A record untuk domain Anda.

Oleh karena itu, perlu melakukan pengecekan kembali, apakah alamat ip servernya sudah benar atau belum benar. Alamat ip bisa Anda cek di email saat aktivasi layanan baik hosting maupun vps.

Nah kalo ternyata sudah benar, maka sebaiknya lakukan pengecekan berikutnya.

Cek status servis Cloudflare

Cloudflare menyediakan website untuk mengecek kondisi status layanan / servis yang mereka berikan melalui website https://www.cloudflarestatus.com/ . Gangguan ditandai dengan informasi reroute atau partial outage.

Pada kasus ini, Anda bisa langsung masuk ke DNS server dari mencari tulisan berwarna oranye bertuliskan partial outage kemudian ubah awan berwarna oranye tersebut menjadi warna abu-abu dengan tujuang untuk bypass alias tidak menggunakan cloudflare sementara waktu. Lalu, coba akses kembali webiste atau blog pribadi Anda.

Jika, Anda memakai cloudflare gratisan, maka permasalahannya adalah pihak Cluodflare tidak bisa memberi garansi uptime.

Cek Status Network Provider Hosting

Selanjutnya kalau langkah sebelumnya belum berhasil, Anda perlu cek apakah sedang ada gangguan network di provider hosting yang Anda gunakan saat ini. Maka, cara paling mudah adalah dengan melakukan ping ke alamat ip dari domain Anda.

Nah alamat ip domain bisa Anda cek di setting dns cloudflare, catat IP-nya kemudian lakukan ping. Misalkan hasil yang Anda dapat saat melakukan ping adalah putus-putus, maka Anda perlu mengadukan permasalahan yang sedang Anda alami kepada penyedia layanan provider hosting saat ini.

Cek Status Webserver

Sederhananya, Cloudflare ini memanfaatkan header Keep-Alive untuk mengetahui sebuah webiste bisa diakses / sedang online. Secara default Keep-Alive ini otomatis aktif, baik memakai hosting atau vps sendiri.

Pendekatan untuk mengecek status webserver di panduan ini dibedakan menjadi dua bagian, yaiut untuk pengguna sharedhosting dan pengguna vps.

Cek Apakah Server Overload

Umumnya, langkah pertama sampai ketiga itu sudah menjawab persoalan yang terjadi. Akan tetapi, jika Anda sudah sampai tahap ini, artinya Anda harus tetap memelihara semangat untuk tetap ngeblog.  Selalu ada jalan untuk setiap persoalan. Server overload atau kepenuhan bisa menjadi penyebab error 522 connection timed out, yang dibedakan menjadi dua bagian, yaitu server overload untuk shared hosting dan server overload vps hosting.

Kesimpulan

Pada prinsipnya, jika kamu mengalami error ini berarti sedang ada masalah yang terjadi antara Cloudflare dengan server hosting yang Anda gunakan. Selain itu tidak ada penyebab pasti Error 522 Connection timed out bisa terjadi.

Ada banyak faktor penyebab dengan berbagai macam solusi yang bisa dilakukan. Semoga panduan ini membantu Anda mengatasi error 522 Connection timed out.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia