Warga yang Kontak dengan WNI Positif Corona sudah Ditelusuri Kemenkes

WNI kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona tiba di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020) dini hari. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Penelusuran terhadap sejumlah warga yang melakukan kontak dengan dua warga negara Indonesia (WNI) yang dinyatakan positif virus corona (covid-19) telah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihanto, Senin (2/3/2020).

"Sudah (ditelusuri kontaknya). Makanya Pak Menteri Kesehatan berani mengumumkan. Kalau saya belum menelusuri, ya enggak berani mengumumkan beliau," katanya, dikutip dari CNN Indonesia.

Meski demikian, ia tak mau menyebut wilayah mana yang sudah dilakukan penelusuran dan saat ini di bawah pengawasan Kemenkes. Di samping itu, ia pun enggan membeberkan ada warga yang sudah diperiksa terkait corona oleh laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

"Tidak ada kewajiban untuk diumumkan ke media (terkait jumlah kontak dengan dua WNI yang sudah diperiksa)," imbuhnya.

Adapun dua WNI yang dinyatakan positif corona itu kini telah dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Mereka adalah seorang wanita berusia 64 tahun dan anaknya berusia 31 tahun. Keduanya tertular virus dari warga negara Jepang.

"Ini teman dekatnya (dengan WN Jepang). Ketemunya di sini di rumahnya daerah Depok, Jabar," ucap Presiden Joko Widodo.(but)







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar