Virus Corona Masuk Indonesia, Ini 5 Persiapan Diri yang Harus Dilakukan

Ilustrasi. (Foto via Merdeka.com)

Isolasi di ruang khusus di RSPI Sulianti Saroso dilakukan terhadap dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwadua WNI yang bertempat tinggal di Depok telah terinfeksi oleh virus yang berasal dari Wuhan, China ini.

Adapun langkah isolasi dilakukan untuk memastikan bahwa pasien positif tak berkontak dengan orang lain. Dikatakan Jokowi, seorang ibu (64) dan putrinya (31) itu terinfeksi setelah berkontak dengan seorang warga negara Jepang yang positif virus corona.

Penyebaran virus corona sendiri tercatat meluas dari hari ke hari. Sejauh ini, sudah lebih dari 50 negara yang mencatatkan kasus positif corona. Di tengah situasi itu, rasa panik atau bingung sering kali hadir. Namun, kecemasan itu diharap tidak menepikan akal sehat dan kewaspadaan.

Dilansir dari CNN via CNN Indonesia, berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), pencegahan penyebaran virus corona dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, baik sekolah, bisnis, tempat kerja, dan rumah sakit bisa terdampak. Cara mempersiapkan diri apabila virus corona masuk ke Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Acara, kegiatan, sekolah dapat dibatalkan
Seperti yang terjadi di negara yang sudah terdampar corona, beragam kegiatan dan acara dapat dibatalkan. Konser, festival dan pertandingan olahraga yang menjadi tempat kumpul banyak orang bisa dibatalkan agar virus corona tak meluas.

Kegiatan di sekolah, tempat penitipan anak dan kantor juga mungkin bakal diliburkan. Persiapkan diri dan keluarga Anda untuk mengantisipasi pembatalan tersebut.

2. Kerja dari rumah
Penyebaran virus corona membuat pemerintah di sejumlah negara menganjurkan para pekerja untuk bekerja dari rumah. CDC juga mengeluarkan panduan agar perusahaan dapat memberikan izin untuk para pekerja bisa bekerja dari rumah. Kebijakan ini bertujuan untuk menghambat penyebaran virus corona.

3. Tetap mendapatkan informasi
Pastikan diri Anda tetap terhubung dengan informasi terkini dan terpercaya. Jangan mudah percaya dengan informasi yang disebarkan dari grup WhatsApp. Pastikan informasi mengenai kondisi terkini terkait corona bersumber dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah, dan media yang kredibel.

4. Gaya hidup sehat
Tetap terapkan gaya hidup sehat untuk diri sendiri dan keluarga Anda. Lakukan kegiatan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tahan dari terpaan virus. Kegiatan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh di antaranya berolahraga teratur, makan makanan bernutrisi tinggi, banyak konsumsi sayur dan buah, serta tidur yang cukup.

Di samping itu, selalu mencuci tangan dengan bersih dan tidak memegang wajah dengan tangan yang kotor.

5. Jangan panik
Pastikan Anda beserta keluarga dalam keadaan tenang dan tidak panik. Jalani aktivitas seperti biasa dan ikuti rekomendasi yang diberikan oleh WHO dan pemerintah.

(but)







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar