Tips Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

Tips Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

Banyak perubahan yang terjadi ketika seseorang memasuki usia 40 tahun. Perubahan tersebut bisa kita lihat dari gerak tubuh yang kian hari melamban, menurunnya kemampuan metabolisme, juga menurunnya kadar kolagen di kulit wajah.

Faktor usia dan faktor pendukung lainnya itu, pada akhirnya membuat bobot badan menjadi meningkat.

Tak sedikit pakar kesehatan menyarankan pada usia 40 tahun, sebaiknya kita mengecek tekanan darah, angka kolesterol, menimbang berat badan serta mengetahui kadar gula darah. Dengan demikian, kita jadi tahu potensi penyakit berbahaya bagi tubuh kita.

Penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan, apa pun caranya. Di antaranya dengan rajin berolahraga atau menjaga pola makan.

Menariknya, ada tips dari pakar kesehatan tentang menurunkan berat badan saat usia telah menginjak 40 tahun yang bisa diterapkan dalam kehidupan Anda.

Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

Konsumsi Buah dan Sayuran

Sudah saatnya Anda membatasi makanan yang mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Sebaiknya, setengah piring Anda diisi dengan sayuran ketika makan. Setelah itu konsumsi buah-buahan sebagai pengganti kudapan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi.

Sarapan Pagi

menu favorit di bulan puasa ramadan
menu favorit di bulan puasa ramadan

Jika Anda tak terbiasa sarapan, mulailah belajar untuk sarapan dengan menu-menu yang sehat seperti roti gandum dan buah. Karena hal itu bisa membantu Anda mengurangi nafsu ngemil dan makan secara berlebihan pada jam makan siang.

Jika Anda diserang rasa lapar sebelum jam makan siang, ada baiknya Anda menyediakan kudapan seperti salad, buah atau kacang-kacangan. Hal itu dapat membantu Anda mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

Memasak / Memilih Makanan yang Sehat

Sudah selayaknya di usia 40 tahun, Anda memilih makanan yang sehat. Hindari mengonsumsi makanan berlemak dan ekstra kalori. Jika Anda terbiasa mengonsumsi makan yang biasa digoreng dengan mentega atau minyak, belajarlah untuk mengonsumsi makanan yang dipanggang atau direbus. Memasak/memilih makanan yang sehat dapat membantu Anda terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Olahraga

Olahraga memang mempunyai banyak manfaat. Dengan berolahraga, kita sudah mengurangi risiko terjadinya penyakit berbahaya seperti diabetes, serangan jantung, kanker usus besar, dan sebagainya.

Selain menjadi bugar dan mengecangkan otot-otot, olahraga juga mampu memperbaiki mood, kesehatan mental, menjauhkan Anda dari depresi, dan membuat tidur menjadi berkualitas.

Namun, di usia 40 tahun, manfaat olahrag akan jauh lebih terasa jika Anda berolahraga selama 2 jam 30 menit sekali dalam seminggu. Lakukan olahraga fisik dengan instesitas ringan saja, semisal berjalan cepat, atau lari-lari kecil.

Perhatikan Jam Tidur

Menurut Journal of Clinical Sleep Medicine kebutuhan tidur orang dewasa dari malam-pagi, minimal 7 jam. Hal itu berguna untuk kesehatan yang optimal. Peningkatan berat badan akan terjadi dengan kurangnya waktu tidur. Dan risiko penyakit seperti hipertensi, stroke dengan mudah menyerang tubuh.

Usia 40 tahun bukan angka biasa. Juga bukan usia yang menghalangi Anda untuk menurunkan berat badan dan tak peduli lagi dengan kesehatan. Hindari kebiasaan buruk mengonsumsi soda, alkohol, dan kudapan tak sehat lainnya. Sayangi tubuh Anda dengan menerapkan tips-tips kesehatan dan mengontrol asupan sehari-harinya.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *