Tips Membedakan BPKB Asli atau Palsu

Tips Membedakan BPKB Asli atau Palsu

Mudik lebaran menggunakan motor, agaknya sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Tak heran jika menjelang Lebaran Idul Fitri, motor menjadi buruan masyarakat sebagai kendaraan untuk mudik.

Bukan hanya motor baru yang menjadi incaran, motor bekas pun dilirik oleh masyarakat. Saat transaksi sudah lumrah untuk mengecek kondisi kendaraan. Tapi, ada yang lebih penting dari itu, yakni meneliti kelengkapan surat-surat saat beli motor bekas.

Tak menutup kemungkinan, motor yang dijual memiliki Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) palsu. Dengan kata lain, sebagai pembeli hendaklah meneliti dengan benar apakah surat kelengkapan tersebut asli atau tidak.

Agar kamu tidak tertipu saat membeli motor bekas, berikut cara mudah mengetahui BPKP asli atau palsu, seperti dikutip TMC Polda Metro Jaya.

Loading...

Ciri-ciri BPKP yang Asli

BPKB asli pada dasarnya memiliki 5 ciri. Paling utama yang mesti diperhatikan adalah memerhatikan cover BPKB. Untuk yang asli akan terlihat lebih mengkilap dibandingkan versi palsu.

Lihat hologram pada BPKB, jika asli warna yang terdapat pada hologram tidak berubah atau tetap berwarna silver jika terkena sorotan sinar. Untuk BPKB palsu jika terkena sinar berubah menjadi warna kuning atau memancarkan warna kuning.

Ciri Lainnya

Ada nomor di bagian bawah hologram yang berfungsi mengkategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisilinya. Meski demikian sejumlah nomor tidak akan terbaca kerena sifatnya rahasia.

Ciri selanjutnya ialah identitas pemilik, untuk BPKB yang palsu biasanya akan terlihat seperti sudah dicetak ulang setelah sebelumnya dihapus.

Hal terakhir, yakni ada di halaman ke-14. Di halaman tersebut akan muncul logo Korlantas hanya jika disinari menggunakan ultraviolet. Selain itu, kertasnya juga bertekstur kasar mengikuti pola yang ada pada logo.

Baca juga:

Sumber: Liputan6.com / Editor: Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *