Tips Aman Belanja saat Pandemi

  • Whatsapp
tips aman belanja

Adanya kelonggaran dari pemerintah agar masyarakat bisa kembali beraktivitas di fase new normal (kenormalan baru), bukan berarti semua aktivitas kembali normal seratus persen seperti sediakala.

Kelonggaran yang diberikan merupakan upaya pemerintah untuk menghidupkan mati surinya perekonomian Indonesia lantaran COVID-19. Dengan kata lain, masyarakat diperbolehkan beraktivitas seperti biasanya asalkan mematuhi protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, jika Anda sedang di luar rumah tetaplah memakai masker guna memutus mata rantai penyebaran virus corona, yang hingga kini masih konsisten menyumbang angka kematian.

Begitupun kalau Anda sedang melakukan aktivitas belanja di pusat perbelanjaan sepeti mal, ada baiknya tetap menggunakan masker.

Pasalnya, jika pengunjung kedapatan tidak menggunakan masker dan suhu tubuh tinggi, maka pengunjung dipastikan tidak boleh masuk ke dalam mal.

Tips Aman Belanja Era New Normal

Jadi, bagaimana tips aman belanja saat pandemi? Jika ingin aktivitas belanja Anda tidak terkendala apa pun, simak uraian selengkapnya.

1. Belanja Online

Melakukan belanja online menjadi alternatif pertama agar aktivitas berbelanja tetap lancar dan kondusif. Sebagaimana kita ketahui bersama, banyak pedagang pasar, yang terkonfirmasi terinfeksi virus Corona.

Bukan berarti Anda dilarang untuk belanja ke pasar tradisional lho ya. Ini adalah cara paling efektif untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Menurut data, dari 12 pasar tradisional di Jakarta, 79 pedagang terkonfirmasi terinfeksi COVID-19.

Oleh sebab itu, belanja online adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Anda bisa berselancar mencari kebutuhan yang diperlukan bermodalkan gawai di tangan, sehingga risiko tertular virus Corona pun jadi berkurang.

Baca Juga: Mengukur Plus Minus Belanja Online

Salah satu kelebihan belanja online adalah adanya promo, diskon, atau penawaran menarik yang bisa Anda manfaatkan. Dengan belanja online semuanya jadi lebih praktis. Setelah menyelesaikan transaksi, barang langsung diantar ke tempat sesuai alamat Anda.

2. Patuhi Protokol Kesehatan

Bahaya penularan COVID-19 mau tidak mau mewajibkan kita untuk mengikuti protokol kesehatan yang ada. Dengan menerapkan hidup sehat serta mematuhi protokol kesehatan, artinya kita sudah meminimalisasi pencegahan virus corona.

Maka, jika Anda berencana ke luar rumah, lengkapi diri Anda dengan barang-barang yang wajib saat bepergian seperti, hand sanitezer, dan masker.

Kedua barang tersebut memiliki fungsingya masing-masing. Masker berguna untuk mengurangi risiko terpapar virus yang penularannya melalui droplet atau tetesan air liur.

Hand sanitizer berfungsi agar tangan senantiasa bersih dari virus setelah menyentuh benda yang dipegang banyak orang. Sebab, terkadang kita lupa usai memegang sesuatu kemudian secara tidak sadar tangan menyentuh muka.

3. Memilih Tempat Belanja

Memilih tempat belanja juga menjadi faktor penting saat Anda ingin belanja ke luar rumah. Kalau bisa, pilihlah tempat belanja yang tidak terlalu ramai. Hal ini berguna untuk menerapkan physical distancing atau jaga jarak minimal satu meter untuk mengurangi risiko transmisi virus antarmanusia.

4. Manfaatkan Transaksi Nontunai

Salah satu cara teraman belanja fase new normal adalah dengan memanfaatkan transaksi nontunai. Transaksi nontunai sangat efektif untuk mencegah penularan virus corona, karena Anda tidak melakukan kontak fisik secara langsung.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar mengindari benda yang sering disentuh oleh orang banyak, salah satunya adalah uang tunai saat bertransaksi secara langsung. Sebab, uang tunai adalah media yang berpotensi menularkan virus.

Era digital seperti sekarang ini, transaksi nontunai bisa dilakukan dari smartphone Anda. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis aplikasi uang elektronik untuk melakukan transaksi nontunai.

Demikianlah tips aman belanja saat pandemi. Anda tinggal memilih salah satu cara di atas. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *