Tips Agar Tubuh Tidak Gampang Lemas Saat Menjalani Puasa

Tips Agar Tubuh Tidak Gampang Lemas Saat Menjalani Puasa
Loading...

Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit saat berpuasa adalah prioritas, terutama bagi kaum muslim yang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Adakalanya di minggu pertama puasa, badan terasa begitu lemas. Hal itu disebabkan tubuh kamu tidak mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup sebagai sumber energi.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Menurut pakar kesehatan, sejatinya saat kita sahur, asupan kabohidrta yang masuk ke dalam tubuh cuma bertahan beberapa jam ke depan. Akibatnya, tak jarang tubuh kita kehilangan energi dan mengeluh lemas.

Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit saat menunaikan ibadah puasa, dan aktivitas kamu sehari-hari berjalan lancar, berikut tips dari Kawula ID yang telah dirangkum dari berbagai sumber

Jangan Tidur Terlalu Larut

sumber foto: thesonet.com

Agaknya di bulan Ramadan ini, orang-orang sering tidur terlalu larut alias begadang sehingga membuat kamu melewatkan waktu sahur karena terlalu mengantuk.

Loading...

Tak jarang orang melewatkan sahur, dan memilih tidur kembali. Jadi, sebaiknya atur jadwal kamu sebaik mungkin supaya kamu bisa sahur. Bila perlu, minta tolong kepada keluarga, karib, atau teman kamu untuk membangunkanmu sahur.

Perkaya Asupan Karbohidrat Kompleks dan Protein

menu favorit di bulan puasa ramadan

Saat sahur, sebaiknya kamu melengkapi asupan karbohidrat kompleks, yaitu yang megandung serat. Keunggulan karbohidrat kompleks, tubuh akan lebih lama mengolah dan membuat energi kamu bertahan lama.

Protein sangat dibutuhkan saat kamu menjalani sahur. Protein nabati seperti tahu, tempe, jamur, ataupun protein hewani seperti susu, ikan, dan telur sebaiknya menjadi daftar mesti kamu masukkan ke dalam menu sahur.

Konsumsi Buah-buahan

Selain itu memperkaya asupan kabohidrat kompleks, disarakan untuk kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air tinggi, seperti semangka saat sahur maupun saat berbuka puasa.

Disarankan untuk kamu, untuk minum air putih sebanyak mungkin. Idealnya, 8 gelas sehari. Hindari minum berkafein seperti teh, kopi, atau minuman bersoda. Sebab, kafein bersifat diuretik sehingga justru menarik cairan dari dalam tubuh dan bikin Anda sering buang air kecil.

Lakukan Olahraga Kecil

Salah satu kebiasaan kurang tepat yang kerap dilakukan selama bulan puasa adalah sama sekali tidak melakukan aktivitas fisik untuk mencegah haus dan lapar. Padahal, bila kesehatan Anda normal, sesaat sebelum berbuka merupakan waktu yang ideal untuk berolahraga.

Jika kamu berpikir bahwa olahraga terlalu berat, cobalah untuk sekadar berjalan kaki. Aktivitas ini bisa dilakukan saat pagi hari sebelum matahari mengeluarkan sinar teriknya, ataupun sore sembari membeli makanan sehat untuk berbuka puasa.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mencegah badan lemas selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Berbagai sumber / Editor: Tim

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *