Tidak Persis di Samping Gus Dur, Ini Posisi Makam Gus Sholah

Sejumlah pengurus, santri dan keluarga pengasuh Pesantren Tebuireng, mempersiapkan lokasi yang menjadi tempat pemakaman KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah), Senin (3/2/2020).(FOTO: KOMPAS.COM/MOH. SYAFIƍ)

Sebuah liang pada Senin (3/2/2020) sudah disiapkan di area pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, bagi jenazah KH. Salahuddin Wahid atau Gus Sholah yang meninggal pada Minggu (2/2/2020). Adapun saat ini jenazah mendiang sudah diberangkatkan dari rumah duka di Jalan Bangka Raya Nomor 2C, Mampang, Jakarta Selatan.

Diketahui, di area pemakaman tersebut, juga sudah dimakamkan mendiang ayahanda Gus Sholah, KH. Wahid Hasyim dan kakaknya KH. Abdurrahman Wahid, Gus Dur. Akan tetapi, makam Gus Sholah nantinya tak berada persis di samping makam Gus Dur, yang merupakan Presiden RI Ke-4 tersebut sebab makam kedua kakak beradik ini terhalang satu makam lain.

"Nanti dimakamkan di utaranya abahnya Gus Sholah, Abah Wahid Hasyim dan sebelah baratnya Gus Dur," ucap KH Slamet Habib, Wakil Ketua Yayasan PP Tebuireng, dikutip dari CNNIndonesia.

Ia menerangkan, letak makam itu adalah permintaan Gus Sholah sebelum meninggal. Disampaikannya, Gus Sholah berwasiat saat meninggal nanti, dirinya ingin dimakamkan di samping keluarganya.

"Gus Sholah pesan dulu di situ akhirnya keluarga juga sepakat," sebutnya.

Di sisi lain, prosesi pemakaman Gus Sholah akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD, dan sejumlah tokoh lainnya.

"Insya Allah yang hadir nanti Bu Khofifah, Pak Mahfud juga Insya Allah. Kalau pak presiden dengan wakilnya sudah di Jakarta," ucapnya.

Jenazah Gus Sholah rencananya bakal dimakamkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Jenazah diperkirakan akan tiba di PP Tebuireng sekitar pukul 14.00 WIB. Untuk diketahui, Gus Sholah merupakan salah satu ulama dengan nama besar, sekaligus cucu pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari. Ia lahir di Jombang pada 11 September 1942.(but)







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar