Cara Merpati Pos Mengirim Surat

  • 2 min read
  • Mei 13, 2020
Cara Merpati Pos Mengirim Surat

Merpati pos adalah julukan khusus bagi burung merpati yang sudah dilatih secara khusus untuk mengirim pesan berupa surat pada jaman dahulu.

Jika sekarang kita banyak disuguhkan pilihan mengirim surat dan berkomunikasi dengan mudah, bisa melalui pos maupun surat elektronik dan juga melalui messenger di sosial media, tidak demikian dengan masa dahulu yang hanya berkomunikasi melalui surat, itupun melalui kurir berkuda ataupun burung merpati.

Kenapa merpati dipilih untuk mengirim pesan berupa surat?

Jawabannya burung merpati dipilih karena burung ini lebih jinak dan mudah untuk dilatih untuk mengirim surat. Selain itu secara ilmiah burung ini juga memiliki kemampuan navigasi yang sangat baik.

Kemampuan navigasi yang baik ini karena merpati didukung oleh kompas internal yang diperkirakan ada disekitar mata dan hidung burung jinak tersebut. Nah, organ inilah yang membantu burung merpati menghitung medan magnet bumi, sehingga merpati dapat dengan mudah memetakan rute perjalanan pulang mereka.

Bagaimana cara kerja merpati pos dalam mengirim surat?

Jika Anda penggemar film atau serial kolosal klasik, pasti sudah tidak asing dengan scene yang memperlihatkan burung merpati mengirim surat yang dikirim oleh seorang raja atau pemimpin sebuah negeri ke pemimpin lainnya, biasa juga jasa merpati ini digunakan oleh mata-mata untuk mengirim pesan untuk kegiatan intelijen pada masa lalu.

Cara kerjanya adalah yang pertama burung merpati harus dilatih untuk melakukan  perjalanan. Ada beberapa tahap pelatihan yang dilakukan, biasanya burung merpati akan dibawa jauh dari sarangnya selanjutnya merpati akan dilepas dan mereka akan terbang kembali ke sarang mereka.

Tahap ini dilakukan berulang kali dan jarak juga diperbaharui beberapa kali agar akurasi yang diinginkan dapat tercapai. Setelah memastikan merpati dapat menjelajah dan memetakan arah pulang mereka dengan sempurna, burung ini sudah bisa melaksanakan tugas korespondensi yang diberikan.

Cara teknis dalam menugaskan merpati pos adalah dengan cara menulis pesan di sebuah kertas dan dimasukkan ke sebuah wadah khusus tentu saja tanpa perlu perangko. Surat tersebut lantas diikat di kepala atau kaki burung tersebut selanjutnya merpati akan segera melakukan perjalanan tugas mereka dengan baik.

Merpati pos lebih banyak menjadi pilihan saat itu karena kecepatan dan ketepatannya tidak diragukan lagi, bila dibandingkan dengan kurir berkuda merpati memang lebih cepat sampai pada tujuan dan memiliki resiko yang sangat kecil terutama untuk pesan atau surat yang bersifat cepat dan rahasia.

Karena kelebihan tersebut merpati pos digunakan oleh raja-raja besar pada jaman dahulu, misalnya Jengis Khan yang menggunakan merpati sebagai sarana untuk mengirim surat penting ke seluruh provinsi kekaisaran Jengis Khan. Sejarah juga mencatat di masa Yunani kuno merpati juga digunakan untuk mengirim pesan terutama saat penyelenggaraan olimpiade.