Terkait Pam Swakarsa 1998, Kivlan Zen Gugat Wiranto


Loading...

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, dituntut miliaran rupiah oleh Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), Mayor Jenderal TNI (Purn) Kivlan Zen. Tuntutan ini terkait pembentukan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa pada 1998. Sidang pertama rencananya digelar pada Kamis (15/8) pukul 09.00 WIB di PN Jakarta Timur.

PAM Swakarsa adalah kelompok sipil bersenjata yang dibentuk untuk mengamankan Sidang Istimewa MPR 1998. Kata Kivlan, PAM Swakarsa adalah bentukan Wiranto yang saat itu menjabat Penglima ABRI.

Dalam gugatannya, Kivlan menyebut penugasan Pam Swakarsa oleh Wiranto kepada dirinya merupakan kegiatan yang memerlukan pembiayaan. Kivlan menuntut agar Wiranto dihukum membayar seluruh biaya dan kerugian materil/imateril yang dialaminya. 

Untuk kerugian materiil, Kivlan mengajukan nominal Rp8 miliar karena telah menanggung biaya Pam Swakarsa dengan mencari pinjaman, menjual rumah dan mobil.

Untuk kerugian imateriil antara lain: 

  • Menanggung malu karena utang, Rp100 juta.
  • Tidak mendapatkan jabatan yang dijanjikan, Rp100 juta
  • Mempertaruhkan nyawa dalam Pam Swakarsa, Rp500 juta
  • Dipenjara sejak 30 Mei 2019, Rp100 juta
  • Mengalami sakit dan tekanan batin sejak bulan November 1998 sampai sekarang, Rp184 juta

Wiranto mengaku sudah menerima informasi soal gugatan ini. Ia meminta semua menunggu kasus hukum berjalan. Ia tak mempermasalahkan gugatan tersebut. 

″Kerja untuk negara, untuk kebaikan, untuk keamanan. Gugat siapapun silakan,″ katanya. 



Loading...




[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar