Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

  • Whatsapp
cara membuat surat lamaran kerja

Sebagai pencari kerja yang ingin mendapatkan undangan interview, sebaiknya memperhatikan cara membuat surat lamaran kerja yang benar agar bisa kerja secepat mungkin. Namun, tak semua jobseeker mau memperhatikan hal ini, sehingga tak ada telepon masuk untuk jadwal interview.

Seringkali jobseeker salah kaprah saat membuat lamaran pekerjaan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Oleh karena itu, jangan terburu-buru dalam hal satu ini. Jangan asal menyalin (copy paste) contoh yang bertaburan di internet.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, Kawula akan membagikan contoh surat lamaran kerja yang benar, sederhana, dan cocok untuk kamu yang sedang gencar-gencarnya apply lamaran ke berbagai perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan baru.

Sebagaimana diketahui, surat lamaran kerja memiliki peran penting dalam urusan melamar pekerjaan. Pada tahap membuat lamaran kerja, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan bagi seorang jobseeker.

Lalu, bagaimana cara membuat lamaran pekerjaan yang benar dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris?. Di sini, Kawula akan memberikan contoh yang baik tentang contoh lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Umumnya, lamaran kerja bahasa Indonesia dibuat dengan cara yang sama. Perhatikan gambar di bawah ini.

contoh dua surat lamaran

Lamaran kerja di atas adalah contoh surat yang seringkali digunakan oleh orang-orang saat memasukkan lamaran kerja ke sebuah perusahaan. Apakah lamaran kerja di atas termasuk kategori lamaran pekerjaan yang salah? Barangkali, contoh di atas (mungkin) tidak sepenuhnya keliru.

Alangkah lebih baik, sesekali kamu perlu melakukan perubahan dalam membuat surat lamaran kerja bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pasalnya, contoh sebelumnya seringkali “dianggap” tidak relevan atau tidak mewakili semangat zaman hari ini.

Lalu, adakah contoh sederhana untuk membuatnya dalam bahasa Indonesia yang benar?

contoh surat lamaran kerja

Di atas merupakan contoh surat yang baik dan sederhana. Isi surat di atas, juga menyampaikan pesan yang meyakinkan recruiter kalau Anda sebagai pelamar kerja adalah orang yang tepat untuk direkrut.

Contoh Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris

Di atas itu, adalah contoh surat lamaran dalam bahasa Inggris yang benar, dan bisa dijadikan acuan untuk keperluan melamar kerja di perusahaan asing. Perlu diingat, jangan membiasakan diri melakukan salin tempel contoh yang telah ada. Biasakan diri untuk mengubah isi dari contoh lamaran pekerjaan tersebut tanpa mengubah format yang telah ada.

5 Poin Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar 

Lauren Nelson, seorang profesional di bidang komunikasi, menganggap keberadaan surat lamaran sebagai first impression dari pelamar.

Lauren menguraikan lima poin membuat lamaran pekerjaan yang benar melalui Linkedin tentang membuat surat lamaran kerja. Berikut urainnya.

  • Surat lamaran atau cover letter yang dibuat dengan baik dan benar bisa menyakinkan perekrut kalau isi CV atau resume yang kamu buat benar.
  • Menyertakan lamaran kerja menandakan kalau si pelamar dapat mengikuti instruksi sederhana yang ada dalam prosedur melamar kerja.
  • Menulis cover letter gak ubahnya berkomunikasi ke perekrut  kalau pengalaman atau keterampilan yang dimiliki si pelamar relevan dengan posisi yang dicari.
  • Penulisan cover letter yang baik dan benar mencerminkan baiknya kemampuan komunikasi yang dimiliki si pelamar.
  • Surat lamaran menjadi bukti keseriusan si pelamar dalam mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan.

Nah, sudah jelas bukan, kenapa surat lamaran itu menjadi hal penting dan masih diminta? Jadi, mulai dari sekarang jangan pernah abai dalam membuat lamaran kerja kalau ingin segera mungkin mendapatkan pekerjaan. Selain itu, perlu juga untuk memperhatikan cara membuat cv yang benar untuk pemula, cara membuat cv dengan ms word, dan cara membuat cv secara online.

Demikian yang bisa Kawula bagikan tentang cara membuat lamaran kerja yang benar, baik itu lamaran kerja bahasa Indonesia dan lamaran kerja yang menggunakan bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

Pos terkait