Daftar Sekuritas Terbaik 2021 di Indonesia

  • Whatsapp
perusahaan sekuritas terbaik 2021 di indonesia

Dalam daftar di bawah ini, terdapat 10 perusahaan sekuritas terbaik 2021 yang memiliki izin OJK untuk melakukan kegiatan jual beli efek di pasar modal (capital market).

Pengawas Pasar Modal diketahui akan mengawasi sekuritas. Karena itu, sekuritas yang baik pun mesti dalam pengawasan mereka. Diketahui, tidak banyak sekuritas terpercaya dari sekian banyak broker saham Indonesia tahun 2021.

Perusahaan sekuritas sendiri merupakan perantara antara investor dengan pasar modal untuk memudahkan transaksi jual beli efek. Jika ingin memulai investasi, penting untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik dan resmi berada dalam pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

10 Perusahaan Sekuritas Terbaik 2021

1. Mandiri Sekuritas

Anak perusahaan dari Bank Mandiri ini pernah menyabet predikat sebagai sekuritas terbaik dan memperoleh penghargaan Broker Terbaik dalam Bursa Efek Indonesia. Rekor transaksi saham terbesarnya bahkan senilai Rp205 triliun.

Mandiri Sekuritas menjadi pilihan para investor karena kelebihan dari perusahaan ini cukup banyak. Pada Finance Asia Country Awards for Achievement tahun 2018, sebanyak 4 penghargaan sekaligus berhasil diraih oleh Mandiri Sekuritas. Beberapa penghargaan itu adalah kategori Best Investment Bank, Best Debt Capital Markets House, Best Equity Capital Markets House, dan Best Broker.

Penghargaan lainnya yang diterima oleh Mandiri Sekuritas adalah predikat anggota bursa terbaik pada kategori pertumbuhan investor dari Bursa Efek Indonesia. Untuk ikut berinvestasi di Mandiri Sekuritas, yakni bagi mahasiswa, hanya dengan setoran awal sebesar Rp2 juta akan memperoleh akun reguler. Sementara itu, setoran awal minimal Rp5 juta sampai Rp25 juta untuk masyarakat umum. Semua tergantung kepada jenis akun yang dipilih investor.

Tersedia tiga pilihan akun di Mandiri sekuritas, yakni reguler, full service, dan syariah. Adapun fee trading yang disiapkan sebesar 0,28 persen sekali transaksi ditambah Rp5 ribu per harinya. Untuk biaya beli saham Mandiri Sekuritas senilai 0,18 persen dalam sekali transaksi ditambah Rp5 ribu per harinya.

2. NH Korindo

NH Korindo Sekuritas Indonesia menempati selanjutnya dalam daftar ini. Sistem member get member menjadi daya tarik dari perusahaan sekuritas yang cukup terkenal ini. Program member get member ini, yaitu saat mendapatkan investor baru, otomatis akan memperoleh komisi 1 persen dari jumlah setoran awal.

Ada dua layanan akun yang tersedia di NH Korindo Sekuritas Indonesia, yakni day trading dan reguler. Sementara itu, bagi masyarakat umum, setoran awalnya senilai Rp5 juta. Adapun fee trading biaya penjualan saham senilai 0,28 persen dan biaya pembelian 0,18 persen per transaksi.

3. BNI Sekuritas

BNI Sekuritas adalah anak perusahaan dari BNI. Salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia 2021 ini menyediakan 2 layanan akun, yaitu syariah dan konvensional. Masing-masing layanan juga memiliki ketentuannya sendiri.

Menariknya, jika berinvestasi dengan akun syariah, akan langsung memperoleh akun konvensional, tetapi hal itu tidak berlaku sebaliknya.

Setoran awal di akun syariah dan konvensional adalah minimum Rp1 juta. Untuk pembukaan akun margin, setoran awalnya lebih tinggi, yakni Rp200 juta.

Perlu diketahui, BNI sekuritas tidak memungut biaya untuk pemeliharaan akun sebagaimana perusahaan sekuritas lainnya. Besaran fee penjualan saham BNI sekuritas adalah 0,25 persen dan fee pembelian sebesar 0,15 persen per transaksi.

4. Indo Premier

Indo Premier juga masuk ke daftar perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia tahun 2021. Perusahaan ini diketahui menawarkan modal awal yang ringan, yaitu Rp100 ribu, untuk dapat berinvestasi di sini.

Ada dua layanan akun yang tersedia di Indo Premier, yaitu syariah dan konvensional. Keduanya bisa diakses lewat aplikasi desktop dan smartphone.

Tidak adanya biaya peliharaan akun dan minimum transfer pada deposit berikutnya menjadi beberapa keuntungan yang akan dirasakan investor saat berinvestasi di perusahaan ini. Untuk biaya penjualan sahamnya senilai 0,29 persen dan untuk pembeliannya senilai 0,19 per transaksi.

5. Mirae Asset

Mirae Asset Sekuritas mempunyai keunggulan dalam pelayanan customer service. Pasalnya, layanan yang siap membantu investor saat mengalami kendala ini tersedia selama 24 jam.

Pilihan akun yang tersedia di Mirae Asset, yaitu day, trading, syariah, reguler, dan margin. Setoran awal di Mirae Asset mulai dari Rp10 juta. Semua tergantung pada akun yang dipilih. Mirae Asset pun tidak mengenakan biaya untuk pemeliharaan akun dan batasan minimal deposit selanjutnya, sebagaimana perusahaan-perusahaan sekuritas lainnya.

Sementara itu, biaya penjualan saham fee-nya senilai 0,25 persen dan untuk pembeliannya senilai 0,15 persen per transaksi.

6. Samuel Sekuritas

Di Bursa Efek Indonesia, Samuel Sekuritas terkenal memiliki performa dan kinerja yang baik. Perusahaan ini pun menjadi jadi pilihan banyak orang untuk berinvestasi.

Terdapat 2 jenis akun di Samuel Sekuritas, yaitu reguler dan online. Dengan setoran awal Rp1 juta, sudah bisa membuka akun online di Samuel Sekuritas. Di perusahaan ini juga dikenakanan biaya info real time market senilai Rp16.500.

Untuk akun reguler, setoran awal senilai Rp10 juta. Adapun fee trading di Samuel Sekuritas senilai 0,25 persen dan fee pembeliannya adalah 0,15 persen sekali transaksi.

7. Henan Putihrai Sekuritas

Henan Putihrai Sekuritas juga masuk dalam daftar perusahaan terbaik tahun 2021 berlisensi OJK ini. Layanan online untuk trading saham guna memudahkan investor diketahui tersedia di sekuritas ini.

Dengan eksistensi sekitar 30 tahun, performa kinerja Henan Putihrai Sekuritas tidak bisa diragukan lagi. Sekuritas ini juga sudah mendapat banyak kepercayaan dari masyarakat.

Tgdua layanan akun yang disediakan oleh perusahaan sekuritas ini, yaitu reguler dan syariah. Setoran awal di akun reguler senilai Rp10 juta, sementara untuk setoran awal di akun syariah senilai Rp500 ribu.

Adapun fee trading di Henan Putihrai Sekuritas sebesar 0,28 untuk penjualan dan untuk pembelian 0,18 persen sekali transaksi. Biaya real time info maker-nya senilai Rp33 ribu tiap bulannya.

8. Trimegah Sekuritas

Salah satu perusahaan sekuritas terbaik berlisensi OJK yang ikut masuk dalam daftar ini adalah Trimegah Sekuritas. Kualitas perusahaan ini memiliki daya saing karena sudah banyak meraih penghargaan, antara lain, dari Majalah Investor pada tahun 2017 kategori Best Listed Company untuk sektor Sekuritas dan Reksadana.

Bahkan, Forbes Indonesia juga pernah menempatkan perusahaan ini ke dalam 50 Best of The Best Companies.

Pembukaan akun saham di perusahaan ini hanya memerlukan waktu 2 hari. Setoran awal di Trimegah Sekuritas pun cukup dengan Rp100 ribu. Bukan hanya investasi reksa dana, di perusahaan ini juga bisa sekaligus membeli obligasi melalui aplikasi yang tersedia.

9. Panin Sekuritas

Perusahaan sekuritas terbaik tahun 2021 berikutnya adalah anak perusahaan dari Panin Bank, yakni Panin Sekuritas. Perusahaan ini terpilih sebagai Anggota Bursa Terbaik dalam Kategori Kinerja Keuangan pada Penghargaan IDX Appreciation tahun 2018. Penghargaan SPEx2 atau Strategy into Performance Execution Excellence dari Tempo Media Group diketahui juga pernah diraih oleh Panin Sekuritas, dengan tema khusus “Navigating Digital Shift” dalam industri sekuritas.

Penghargaan lainnya berasal dari Infobank, yakni sebagai Penjamin Emisi Efek serta Perantara Perdagangan Efek yang memiliki aset di atas Rp2 triliun pada tahun 2019. Adapun kelebihan dari perusahaan sekuritas ini terletak pada pilihan dana investor melalui banyak bank, di antaranya Bank Mandiri, Bank Panin, BCA Syariah, Permata Bank, dan BCA.

Terdapat dua layanan akun yang tersedia di perusahaan sekuritas ini, yaitu syariah dan reguler. Perlu diketahui, tidak ada biaya real time pada Panin Sekuritas. Edukasi saham gratis yang diberikan Panin Sekuritas bagi investornya juga patut dipertimbangkan sebagai keuntungan lainnya dari perusahaan sekuritas ini.

10. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

Berasal dari luar negeri, perusahaan sekuritas terbaik berlisensi OJK berikutnya yang masuk dalam daftar ini adalah CGS-CIMB Sekuritas Indonesia. Diketahui, sebanyak 499 ribu transaksi jual beli baik pada pasar reguler maupun non reguler berhasil diraih oleh broker yang berkode YU ini pada pada April lalu. Di samping itu, mereka juga mengantongi nilai volume sejumlah 9.211 lot senilai Rp13,73 triliun.

Adapun Nilai Modal Kerja Bersih perusahaan ini mencapai Rp475 miliar, berdasarkan catatan terakhir otoritas bursa. Beberapa kelebihan dari CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, di antaranya adalah fitur registrasi online. Fitur ini memudahkan calon investor untuk berinvestasi di CGS-CIMB Sekuritas Indonesia.

Proses pembukaan akun sahamnya pun cukup satu hari. Sementara itu, untuk registrasi online di perusahaan sekuritas ini bisa dengan bank BCA. Untuk pendaftaran offline, bisa menggunakan bank lain, seperti Bank Mandiri dan CIMB Niaga.

Fitur smart order yang memberikan dua layanan juga menjadi kelebihan lainnya dari CGS-CIMB Sekuritas Indonesia. Layanan yang pertama adalah Stop Loss yang menjaga order saat sudah match pada hari itu untuk dapat dijual dengan risiko kerugian yang sudah ditentukan serta berlaku dalam waktu satu hari.

Layanan kedua adalah fitur Take Profit. Fitur ini menjaga order yang sudah match pada hari itu untuk dapat dijual dan mendapat keuntungan yang sudah ditentukan serta berlaku dalam waktu satu hari.

 

Pos terkait