Riset Ide Bisnis dan Peluang Usaha Online

  • Whatsapp
Riset ide bisnis
Bisnis

Cara menemukan ide bisnis yang tepat adalah dengan melakukan riset kecil-kecilan. Mulai dari menjelajahi ide bisnis di internet sampai ngobrol dengan orang-orang yang lebih dulu terjun ke dunia bisnis.

Setiap orang ingin mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulannya, tentu saja. Namun, keterbatasan modal selalu menjadi kendala bagi segelintir orang untuk memulai usaha sampingan.

Bacaan Lainnya

Di samping itu, memulai bisnis dari nol dengan modal kecil diperlukan ketekunan, konsisten, dan kreativitas. Tak perlu khawatir, kalau rencana bisnis tidak berjalan sesuai ekspektasi. Mungkin saja, kita dituntut agar lebih kreatif menjalankan bisnis yang sedang dimulai.

Belum lagi kalau bicara untung rugi. Tak sedikit orang mengurungkan niatnya lantaran takut rugi dalam berbisnis. Oleh karena itu, sebelum terjun ke dunia bisnis, ada baiknya lakukan riset kecil sebagai gambaran menentukan ide bisnis yang tepat dan cocok untuk jangka waktu yang panjang.

Berikut tiga cara mudah riset ide bisnis sebagai langkah menentukan peluang usaha online.

Manfaatkan situasi

Manfaatkan situasi tidak ubahnya dengan membaca situasi. Seorang yang ingin memulai bisnis, setidaknya punya kemampuan membaca situasi. Kamu tentu ingat, ketika harga masker melonjak lantaran pandemi Covid-19. Banyak orang yang membutuhkan masker. Lalu ide bisnis menjual masker adalah opsi yang tepat saat itu.

Memanfaatkan situasi adalah cara paling mudah untuk menentukan ide bisnis. Mereka yang jeli melihat peluang bisnis jual masker tak menyia-nyiakan kesempatan usaha satu ini untuk mendatangkan cuan.

Mari kita lihat contoh lain dari ide bisnis yang bersumber dari kejelian memanfaatkan situasi.

Di sebuah perumahan kelas menengah, kita adalah warga yang baru pindah ke daerah tersebut. Setelah kita amati, ternyata, belum ada satu pun pedagang kelontong di kompleks perumahan tersebut. Peluang ini bisa dijadikan bagi seseorang yang ingin membuka usaha rumahan kecil-kecilan.

Tipe orang yang jeli memanfaatkan situasi akan mengambil kesempatan tersebut untuk membuka kedai kelontong kecil-kecilan.

Riset Ide Bisnis di Media Sosial

Selama ini, mungkin citra media sosial lekat sebagai ajang pencitraan diri, atau bahkan tempat berkumpulnya informasi seputar gosip terkini. Tapi, tahukah Anda, bahwa media sosial bisa menjadi petunjuk ide bisnis yang menarik. Dari media sosial, kita bisa temukan produk apa yang sedang dicari sekaligus digemari masyarakat. Dari media sosial, kita bisa menemukan rekan bisnis yang asyik.

Riset ide bisnis juga bisa ditelusuri lewat toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya. Dari toko-toko online itu, kamu bisa “membaca” produk-produk apa yang paling diminati banyak orang.

Memantau media sosial dan toko online adalah sarana untuk menentukan produk yang tepat saat ingin mencoba memulai bisnis online.

Amati, Tiru, dan Modifikasi

Jangan pernah malu jika kita ingin berkembang saat memulai usaha. Meniru ide bisnis orang lain adalah sebuah kewajaran. Perhatikan dengan cermat, berapa banyak orang yang menjalankan jenis bisnis yang sama?

Bentuk usaha atau ide bisnis boleh jadi serupa. Tapi, jika mau mencermati lebih jauh, setiap jenis usaha yang sama mempunyai ciri khas masing-masing. Ringkasnya, serupa tapi tak sama.

Meniru ide bisnis yang sudah ada memerlukan kreativitas tanpa batas. Meniru ide bisnis bukan mentah-mentah meniru. Ide bisnis yang sama akan jauh lebih baik jika kita bisa memberi sesuatu yang lebih dari ide bisnis yang sudah ada. Oleh karena itu konsep amati tiru dan modifikasi juga berlaku dalam dunia bisnis.

Sebagai gambaran, kita akan membuka bisnis kuliner. Sebelum membuka usaha itu, kita perlu melakukan survei kecil-kecilan dan melihat, kira-kira apa yang tidak dimiliki oleh pelaku usaha sebelumnya.

Misalnya, kita akan membuka bisnis kuliner, maka hal mendasar adalah mempelajari apa yang tidak dimiliki kompetitor. Tugas kita adalah membuat perbedaan yang cukup menonjol di bidang kuliner ini.

Itu tadi beberapa tips riset ide bisnis bagi yang ingin memulai usaha sampingan. Dengan mengetahui ide bisnis, semoga kamu tidak ragu lagi untuk memulai usaha. Peluang usaha dengan modal kecil bisa membuatmu menjadi pebisnis ulung ke depannya. Boleh jadi, begitu.

Hal yang perlu diingat untuk memulai bisnis adalah memperhitungkan berbagai risiko yang mungkin akan ditemui nantinya. Bisnis memerlukan hitungan yang cermat sebagai landasan pengembangan usaha ke depannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *