Puasa Bulan Rajab: Niat, Ketentuan, dan Keutamaannya

  • Whatsapp
puasa bulan rajab

Puasa Rajab 2021 adalah puasa sunah yang dilakukan di bulan Rajab. Nabi Muhammad SAW menganjurkan memperbanyak berpuasa di bulan Rajab. Rasulullah mengawali bulan Rajab dengan berpuasa.

Kapan Puasa Rajab 2021?  Tanggal 1 bulan Rajab bertepatan dengan, Sabtu, 13 Februari 2021. Bulan ketujuh dalam kalender Hijriah ini akan berakhir pada tanggal 14 Maret 2021. Setelah itu, kalender Hijriah akan memasuki bulan Sya’ban.

Niat, Ketentuan, Keutamaan Puasa Bulan Rajab

Adapun niat, ketentuan, dan keutamaan puasa rajab adalah sebagai berikut:

Niat Puasa 

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى

Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta’aala.

Latin: Saya berniat puasa Rajab sunah karena Allah ta’ala.

Niat boleh diucapkan di dalam hati dengan bahasa yang dipahami. Niat dapat diucapkan pada satu hari sebelum atau saat melakukan puasa.

Ketentuan Puasa Rajab

Hukum puasa Rajab adalah sunah. Artinya, orang yang mengerjakan puasa Rajab mendapatkan pahala dan keutamaan di sisi Allah, sedangkan jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

Puasa di bulan Rajab boleh dilakukan pada hari apa saja. Jumlah hari berpuasa di bulan Rajab tidak ditentukan banyak atau sedikit. Berpuasa sunah seperti puasa Senin dan Kamis, puasa Daud, dan Ayyamul Bidh yang bertepatan pada 25-27 Februari juga termasuk menjalankan puasa bulan Rajab.

Ketentuan menjalankan puasa Rajab sama seperti puasa sunah lainnya. Yakni, diawali dengan niat, lalu menahan diri dari segala sesuati yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau ditandai dengan azan Subuh dan azan Magrib.

Keutamaan Puasa Bulan Rajab

Puasa bulan Rajab memiliki sejumlah keutamaan. Orang yang menjalankan puasa bulan Rajab dijanjikan manisnya hidangan di surga.

Menurut Hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim mengatakan, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya di surga ada sungai berwarna Rajab, warnanya lebih putih daripada susu, rasanya lebih manis daripada madu. Barang siapa berpuasa satu hari di bulan Rajab akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu.”

Allah SWT juga menjanjikan ampunan bagi orang yang berpuasa di bulan Rajab. Puasa di bulan Rajab juga mempersiapkan diri untuk berpuasa Ramadan yang akan dilakukan setelah bulan Sya’ban.

Baca juga: Lebaran Idul Adha: Pengertian dan Cara Berkurban

Selain itu, ada 6 Keutamaan Puasa Rajab 2021  dikutip dari situs Kementerian Agama Kabupaten Kudus:

1. Seperti Melaksanakan Puasa Sebulan
Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan.” (HR At-Thabrani).

2. Dicatat Amalnya Selama 60 Bulan
Dari Abu Hurairah (sahabat Nabi Muhammad SAW), Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.”

3. Apabila Puasa Selama 7 hari pada bulan Rajab maka akan menutup pintu neraka baginya.

4. Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Rajab akan membuka 8 pintu surga untuknya.

5. Apabila puasa selama 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa-dosanya dan diganti dengan kebaikan.

6. Apabila puasa sehari pada bulan Rajab maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga. Rasanya manis melebihi madu.

Demikianlah informasi tentang Puasa Rajab 2021 mulai dari niat, keutamaan, dan ketentuannya. Semoga berguna.

Pos terkait