PLN Baru Punya Pimpinan Baru, Rudiantara?

Mantan menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Foto: net)

Nama pimpinan baru PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu sebagaimana diungkap oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Namun, Pramono sendiri enggan membeberkan nama pimpinan baru PLN yang baru tersebut.

"Yang jelas, saya sudah tanda tangani. Mudah-mudahan segera dilantik," ucapnya, Senin (25/11/2019).

Menurut Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga Kementerian BUMN sudah mengajukan beberapa nama calon bos PLN kepada Jokowi, di antaranya mantan menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Rudiantara sendiri pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama di PLN pada 2008 lalu.

Lalu, ia pun pernah menjadi Wakil Direktur Utama di PT Semen Indonesia (Persero). Di samping itu, ia juga pernah menjabat di posisi penting di sejumlah perusahaan telekomunikasi, seperti PT Telkomsel dan PT XL Axiata Tbk. Disampaikan Arya, Rudiantara dicalonkan lantaran memiliki pengalaman sebagai profesional dan pernah berkarir di sejumlah perusahaan.

Karena itu, imbuh Arya, pemerintah memandang Rudiantara dapat menjadi salah kandidat untuk memimpin PLN.

"Dia pernah pegang perusahaan besar juga, jadi paham. Dia (mantan) menteri dan dari profesional. Jadi, punya pengalaman karena beliau pernah di perusahaan besar," jelasnya.

Meski begitu, Arya belum mau menegaskan kalau Rudiantara sudah resmi dipilih oleh Jokowi untuk menjadi direktur utama PLN atau tidak. Ia berpandangan, penunjukan yang dikeluarkan oleh Jokowi hanya dapat dibuka oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

"Surat dari presiden ke menteri. Kalau surat sudah dilihat pak menteri (BUMN) maka akan dibuat Surat Keputusan (SK) dan ditandatangani. Nanti yang menyerahkan bisa wakil menteri," jelasnya.







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar