Piodalan di Yogya Dibubarkan Massa, Menag Kirim Tim untuk Menengahi

Lokasi upacara Odalan Maha Lingga Padma Buana umat Hindu di dusun Mangir, Bantul. (Foto: via idntimes.com)
Loading...

Pembubaran upacara keagamaan Piodalan yang digelar di sebuah rumah, di Dusun Mangir Los, Desa Mangir, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Selasa (12/11/2019) direspons oleh Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi. Ia menyebut, pihaknya akan mengirim tim untuk mendalami insiden tersebut. Diakuinya, dirinya ingin mengetahui latar belakang penolakan warga setempat atas ucapara itu.

"Saya pasti akan tanya, apa alasannya. Akan kami kirim tim untuk nanya, mencoba menengahi. Pasti ada upaya," ucapnya, Kamis (14/11).

Namun, mantan wakil panglima TNI itu menegaskan pihaknya belum dapat langsung memberikan jaminan semua warga negara Indonesia bisa melaksanakan kegiatan keagamaan masing-masing. Meski demikian, imbuhnya, pihaknya akan mencoba menjembatani satu per satu masalah yang terjadi.

"Jangan kami bilang jaminan, jaminan pasti bisa enggak, semua kan kami musyawarah. Itu akan saya lakukan, pasti," sebutnya.

Fachrul sendiri sebelumnya pernah menyatakan dirinya bukanlah menteri yang hanya mengurusi agama Islam saja karena ada lima agama yang diakui di tanah air.

"Saya kan bukan menteri agama Islam, saya menteri agama Republik Indonesia yang di dalamnya ada lima agama," ucapnya setelah dilantik belum lama ini.

Dilaporkan sebelumnya, sekelompok warga memprotes upacara keagamaan Piodalan yang dilaksanakan di sebuah rumah di Dusun Mangir Los, Desa Mangir, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Selasa (12/11) sore. Para warga meminta agar upacara itu dibubarkan. Massa diketahui berasal dari berbagai daerah.

Alasan penolakan mereka adalah upacara keagamaan tak boleh dilakukan di dalam rumah. Diketahui, Upacara Piodalan merupakan ritual keagamaan dalam rangka peringatan terhadap Mahalingga Padma Bhuwana Manggir yang merupakan sebuah situs peninggalan dari Ki Ageng Mangier. Ritual itu dipercaya memiliki makna membawa umatnya ke dalam sebuah kehidupan beragama yang lebih baik.



Loading...




[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar