12 Aplikasi Terbaik Pinjaman Online tanpa Slip Gaji

  • Whatsapp
pinjaman online tanpa slip gaji

Ingin mengajukan pinjaman online tanpa slip gaji? Tentu saja bisa. Meski slip gaji sudah lama menjadi salah satu syarat mengajukan pinjaman uang, terutama di bank konvensional, tetapi saat ini memang sudah ada sejumlah aplikasi pinjaman online terbaik yang tidak mensyaratkan hal itu.

Slip gaji memang akan menjadi penentu jumlah dan tenor pinjaman yang sesuai dengan budget peminjam. Namun, bagi mereka yang tidak punya slip gaji, saat ini bisa mengandalkan pinjaman online tanpa menggunakan syarat tersebut. 

Pada masa sekarang, meminjam uang juga menjadi lebih mudah dengan hadirnya P2P Lending. Profesi yang tidak menerima bukti gaji saat pembayaran upah atau penghasilan tetap dapat meminjam uang di aplikasi/website pinjaman online.

Sebagai contoh, pekerja freelance, buruh harian, wiraswasta, driver ojek online, dan lain-lain. Pencairan uang pinjaman online pun bahkan tidak sampai 24 jam dan langsung cair, tanpa jaminan dan syarat yang memberatkan, dan cukup bermodalkan KTP.

Alasan Fintech Berikan Pinjaman Uang tanpa Bukti Gaji 

Saat ini terdapat sejumlah P2P lending yang berani memberikan dana kredit kepada debitur meski tanpa menyertakan bukti gaji atau bahkan NPWP, akan halnya di bank konvensional. 

Beberapa pertimbangan dengan kalkulasinya adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah Pinjaman Relatif Kecil

P2P lending yang memberikan dana kredit tanpa jaminan biasanya cenderung lebih kecil jumlahnya, yakni mulai dari Rp500 ribu dan maksimum Rp3 juta atau lebih sedikit. 

Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk mitigasi risiko. Pasalnya, kalau jumlah peminjam banyak dengan nilai pinjaman yang kecil, risiko kerugian cenderung minim seandainya ada nasabah yang menunggak pinjaman.

Di samping itu, P2P lending pun punya algoritma credit scoring yang bertujuan untuk memilih debitur potensial sehingga risiko tidak dikembalikannya dana pinjaman menjadi kecil.

  1. Penggunaan Data Ponsel HP

Saat menginstal aplikasi pinjaman online tanpa slip gaji, pengguna mesti mengizinkan aplikasi mengakses berbagai fitur yang ada di perangkat smartphone. Hal itu dengan tujuan agar pihak fintech dapat “membaca” data-data di ponsel yang digunakan untuk mengunduh. 

Lantas, mereka dapat memperoleh informasi yang bisa digunakan untuk menganalisis, apakah calon debitur layak diberikan pinjaman dana tunai tanpa jaminan pribadi atau sebaliknya.

Hal itu dilakukan sebab data pribadi di smartphone lebih jujur ketimbang saat debitur mengisinya sendiri di form pengajuan karena berpeluang untuk mengurangi atau memanipulasi data.

  1. Algoritma Credit Scoring

Untuk diketahui, P2P lending menggunakan sejumlah algoritma canggih saat memproses pengajuan pinjam uang tanpa syarat langsung cair. Hal itu bertujuan untuk membantu pengambilan keputusan kredit yang lebih objektif dan cepat.

Algoritma credit scoring ini dapat membuat perusahaan fintech memutuskan pinjaman bulanan online langsung cair. Adapun algoritma yang satu ini juga mampu menggantikan peran slip gaji dalam mengevaluasi pengajuan kredit seseorang.

  1. Mengandalkan Data KTP

Pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat langsung cair minimal memang harus menyertakan foto dan data KTP. Adapun data dari KTP dapat dipakai sebagai alat analisis dari pengajuan kredit.

Di samping itu, hampir semua pinjaman online menyertakan verifikasi wajah sebagai bagian dari proses mitigasi risiko. Meski pelayanan P2P lending tidak ribet dan dana bisa cair dalam hitungan jam, bahkan menit, seluruhnya sudah diperhitungkan sedemikian rupa, di antaranya dengan mesti menyertakan foto KTP dan verifikasi wajah.

Platform Pinjaman Online tanpa Slip Gaji

  1. Tunaiku

Tunaiku menjadi yang pertama di daftar ini sebab pltaform pinjol ini menawarkan pinjaman mudah tanpa jaminan dan tanpa perlu kartu kredit. Anda dapat mengajukan pinjaman hingga Rp20 juta, dengan tenor mulai 6 bulan hingga 20 bulan.

Untuk suku bunganya sebesar 3% sampai 4% per bulan dan bunga maksimum per tahun (APR) 36 persen hingga 48 persen. Untuk pengajuan pinjamannya bisa melalui online dari situs resmi atau aplikasi mereka, dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia 21 sampai 55 tahun
  • Punya rekening bank
  • Bekerja atau berpenghasilan (Pekerja swasta dan PNS)
  • Tinggal atau bekerja di area layanan Tunaiku, yakni Medan, Palembang , Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Pekanbaru, Denpasar, dan Makassar).
  1. Dana Rupiah

Aplikasi yang satu ini juga dapat diandalkan sebab sudah terdaftar di OJK sehingga keamanannya terjamin. Anda dapat meminjam uang mulai dari Rp400.000 sampai Rp8.000.000 di platform ini, dengan suku bunga 0,8% per hari dan tenor pinjaman lebih dari 91 hari.

Untuk waktu konfirmasi peminjaman selama 15 menit setelah pengajuan kredit dan estimasi waktu pencairan selama 1 jam sampai 1 hari. Adapun pengajuan pinjaman bisa via aplikasi di smartphone dan Anda tinggal melengkapi data pribadi serta menunggu hasil dari proses verifikasi. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia di atas 18 tahun
  • Memiliki KTP
  1. Kredit Pintar

Platform pinjaman online cepat ini menyediakan pinjaman mulai dari Rp2,3 juta hingga Rp10 juta dengan tenor angsuran mulai dari 91 sampai 360 hari. Untuk suku bunga tahunan maksimum 11% dan biaya keterlambatan 1%/hari.

Proses pengajuan pinjaman sampai dengan pencairan dana memakan waktu yang tidak lebih dari 24 jam, dengan syarat relatif mudah, yakni menyertakan foto dan KTP ketika memilih jumlah pinjaman dan tenor pengembalian.

Jika riwayat kredit bagus, Anda berkesempatan untuk melakukan pinjaman dengan plafon lebih tinggi dan biaya yang pastinya lebih rendah. Persyaratan pinjaman online tanpa jaminan ini adalah sebagai berikut:

  • Usia minimal 21 tahun
  • Punya KTP
  1. Dana Bijak

Pinjaman online tanpa slip gaji dan NPWP lainnya adalah Dana Bijak. Platform ini melayani pinjaman mikro kepada masyarakat di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Untuk proses peminjamannya pun mudah dan plafon yang tersedia mulai dari Rp350 ribu hingga Rp3 juta, dengan bunga pinjaman per bulan sekitar 8%. Adapun jangka waktu pinjaman tersedia sampai 30 hari.

Aplikasi pinjaman online terpercaya ini punya sistem bernama gamification agar para debiturnya dapat mengumpulkan poin reward atas sejarah pinjaman yang sudah dilakukan. Kian banyak poin yang dimiliki maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan potongan biaya layanan dan plafon pinjaman yang lebih besar. Syarat pinjaman online 24 jam langsung cair ini adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia 21—55 Tahun
  • Punya penghasilan minimum Rp2.500.000
  • Punya rekening atas nama pribadi
  1. Tunai Kita

Aplikasi pinjam uang online ini punya dua produk kredit, yaitu kredit dengan pelunasan sekaligus dan kredit dengan sistem pembayaran cicilan. Produk pinjaman dengan pembayaran sekaligus ditujukan untuk pelanggan berusia 20 tahun ke atas dan plafon pinjaman mulai dari Rp400 ribu sampai Rp4 juta.

Untuk pinjaman cicilan memiliki tenor 3 sampai 6 bulan, dengan limit sekitar Rp5 juta sampai Rp20 juta. Persentase bunga di Tunai Kita per hari sebesar 0.69%. Syarat pinjamannya adalah sebagai berikut: 

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia 21—55 tahun
  • Punya KTP
  • Punya rekening bank BCA, Danamon, BNI, Mandiri, BRI, Permata, atau Mega atas nama pribadi
  • Berdomisili di area layanan
  1. KTA Kilat (PT Pendanaan Teknologi Nusa)

Pinjaman cepat dari platform ini bisa langsung cair hanya dengan waktu 2 sampai 48 jam. Anda dapat meminjam uang hingga Rp8 juta di aplikasi ini, dengan tenor pinjaman mulai dari 91 hari sampai 120 hari.

Untuk suku bunganya sekitar 0,67%—0,8% per hari dan suku bunga tahunan maksimal adalah 201%. Pembayaran pinjamannya bisa dilakukan lewat ATM, mobile banking, internet banking, dan minimarket.

Adapun biaya yang ada di pinjaman ini meliputi biaya layanan sebesar 0,2%, biaya ketetapan risiko Rp14 ribu sampai Rp60 ribu, biaya administrasi Rp9,9 sampai Rp42,5 ribu, dan biaya proses data dan penilaian risiko Rp9,9 ribu sampai Rp42,5 ribu. Persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Berusia 18—50 tahun
  • Punya pekerjaan tetap
  • Punya nomor ponsel aktif
  1. AwanTunai

Fintech P2P Lending terdaftar di OJK ini tidak perlu diragukan legalitasnya dan punya pinjaman online langsung cair untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) ataupun perseorangan. Anda dapat meminjam dana sebesar Rp5 juta hingga Rp200 juta dan biaya suku bunga 2% hingga 4%.

Untuk tenor pinjaman yang tersedia mulai dari 3 bulan sampai 9 bulan.Anda dapat mengunduh aplikasi AwanTunai di Google Playstore dan melakukan pengajuan kredit. Syaratnya pun hanya KTP dan secara lengkap adalah sebagai berikut: 

  • Warga Negara Indonesia
  • Punya e-KTP atau KTP serta Kartu Keluarga
  • Punya pekerjaan tetap
  • Berdomisili di daerah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, atau Depok.
  1. PinjamanGo

Pinjaman online berikutnya adalah PinjamanGo. Pengajuan kreditnya mulai Rp1,2 juta sampai paling tinggi Rp5 juta. Ada dua tenor di PinjamanGo, yakni 14 hari dan 21 hari, sedangkan bunga pinjamannya sebesar 0,8% per hari.

Melalui aplikasi fintech ini, Anda hanya perlu waktu 15 sampai 20 menit untuk menyelesaikan form online, lalu menunggu 1 x 24 jam sampai 2 x 24 jam atau sekitar 2 hari untuk mengetahui pengajuan kredit itu diterima atau tidak. Dana yang disetujui juga akan dipotong bunga atau biaya layanan di muka. Persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki KTP/Passport
  • Punya rekening Bank Sinarmas
  • Punya NPWP
  1. PinjamWinWin

Aplikasi selanjutnya ini diketahui menyediakan dana kredit mulai Rp500 ribu hingga Rp5 juta, dengan tenor 30 hari. Untuk suku bunga hariannya sebesar 0,99 persen dan dihitung secara akumulatif dari total.

Adapun proses peminjamannya bagi debitur baru memakan waktu paling lama 7 hari, sementara untuk mereka yang sudah pernah mengajukan kredit, waktu maksimalnya sekitar 4 jam. Persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Usia 21—50 tahun
  • Menyertakan foto KTP dan foto selfie
  • Berpenghasilan minimum Rp3.000.000
  • Punya rekening tabungan pribadi atas nama sendiri
  • Berdomisili Jabodetabek, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, atau Pasuruan.
  1. Rupiah Cepat

Limit kredit di Rupiah Cepat mulai Rp600 ribu hingga Rp5 juta, dengan tenor 21 sampai dengan 365 hari (1 tahun). Adapun suku bunga kreditnya sekitar 0,54% hingga 0,39% perhari, bergantung masa pinjaman.

Namun, aplikasi pinjaman online tanpa slip gaji dan NPWP ini cenderung selektif sehingga Anda diharuskan untuk melampirkan dokumen secara lengkap. Adapun tenor peminjamannya juga relatif lebih longgar ketimbang fintech lain. Anda dapat melakukan proses pengajuan kredit selama 15 menit, lalu tinggal menunggu 2 jam sampai 48 jam untuk disetujui dan verifikasi. Syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 18 Tahun
  • Punya pendapatan tetap
  • Berdomisili di Indonesia
  • Punya e-KTP
  1. CashWagon

Pinjaman online yang satu ini juga dapat bisa diandalkan saat Anda perlu dana saat darurat. Plafon pinjamannya mulai Rp500.000 hingga Rp2.000.000 untuk pinjaman pertama dan Anda dapat mengajukan kredit Rp5.000.000 untuk pengajuan kedua atau pengajuan berikutnya. Tenor pinjamannya mulai dari 10, 20, atau 30 hari. Keunggulan pinjaman online ini, antara lain, cepatnya proses pengajuan tanpa syarat yang memberatkan. Persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Berusia Usia 22—60 tahun
  • Punya penghasilan tetap
  • Memiliki rekening bank atas nama pribadi
  • Berdomisili di area layanan Cashwagon
  1. Akulaku

Fintech Akulaku, sebuah aplikasi pinjaman online tanpa slip gaji, ini punya produk KTA Kilat yang menawarkan dana kredit maksimum Rp2 juta untuk tenor 40 hari. Meski jumlah dana kreditnya kecil, platform ini cocok untuk Anda yang membutuhkan dana darurat dalam waktu cepat dan syarat mudah.

Pencairan KTA Kilat ini bahkan hanya perlu waktu 5 menit dan langsung masuk ke rekening peminjam. Akulaku sendiri memiliki cara kerja yang agak berbeda ketimbang P2P lainnya. Pasalnya, aplikasi ini memberikan persetujuan limit kredit untuk nasabah.

Terdapat tiga jenis produk yang dapat Anda nikmati dari Akulaku, yaitu:

  • KTA Kilat: Pinjaman online dana tunai langsung cair dalam 5 menit
  • Akulaku Pay: merupakan cicilan tanpa kartu kredit dan slip gaji untuk belanja di Bukalapak, Blibli, dan Shopee, JD.id.
  • Akulaku Kredit: Alat pembayaran secara kredit, cukup scan barcode di merchant yang bekerja sama

Syarat pinjamannya adalah sebagai berikut: 

  • Karyawan mencantumkan informasi data pekerjaan
  • Wiraswasta menyertakan foto NPWP, toko, kantor, situs usaha dan foto SIUP, TDP, rekening koran, kuitansi penjualan
  • Transportasi online menyertakan screenshot profil lengkap & trip history yang ada di aplikasi transportasi online tempat bekerja

Pos terkait