Pinjaman Online: Syarat dan Prosedur yang Perlu Diketahui

  • Whatsapp
pinjaman online ojk

Pinjaman online OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah layanan pinjaman uang dari asosiasi penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) yang berdasarkan POJK No. 13/2018.

Layanan pinjaman uang online ini disediakan oleh perusahaan fintech melalui aplikasi smartphone dengan syarat yang cukup mudah, yaitu verifikasi KTP saat mengajukan peminjaman.

Sebelum melakukan pinjaman, sebagai pengguna layanan sebaiknya memerhatikan secara detail syarat dan ketentuan yang ada di dalam aplikasi. Pastikan juga aplikasi pinjaman online yang digunakan sudah terdaftar di OJK.

Untuk menghindari kredit macet pembayaran pinjol, ada baiknya calon nasabah mengetahui apakah aplikasi yang digunakan resmi terdaftar di OJK atau tidak.

Maka dari itu, simak beberapa hal di bawah ini untuk menambah wawasan Anda.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang Layanan Pinjol OJK

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang layanan pinjol OJK, dan kemudahan yang didapat calon nasabah jika dibandingkan dengan pinjaman uang secara konvensional.

1. Pengajuan secara Online

Setiap calon nasabah dapat mengajukan pinjaman secara online. Mulai dari saat mengunduh aplikasi, mengisi data pribadi, verifikasi data, penentuan skor kredit yang akan didapat sampai pada pencairan dana semua yang dilakukan lewat sistem digital.

Jadi dengan begitu, untuk calon yang ingin meminjam tidak perlu susah payah jauh-jauh datang ke kantor cabang pemberi dana atau repot-repot menyiapkan dokumen fisik untuk melakukan proses pengajuan. Cukup dengan mengisi data pribadi, foto KTP, foto selfie, serta dokumen lainnya yang diperlukan oleh pihak aplikasi.

2. Syarat Lebih Simpel

Berikutnya syarat yang dibutuhkan lebih simpel. Cukup dengan memberikan bukti penghasilan atau slip gaji 6 bulan terakhir dan umur yang cukup saja, kalian bisa dengan mudah untuk mengajukan pinjol.

3. Tanpa Menggunakan Jaminan

Pengajuan yang dilakukan untuk meminjam tidak menggunakan jaminan maupun kepemilikan kartu kredit.

4. Verifikasi dan Pencairan Cepat

Verifikasi dan pencairannya cepat. Sebab, semua dilakukan secara online dan langsung terbaca oleh sistem dan biasanya untuk pencairan dana paling lambat 48 jam.

5. Pelayanan Pengaduan Nasabah

Layanan pengaduan nasabah juga sangat cepat. Karena setiap platform pasti akan menyediakan customer service yang siap melayani kendala yang Anda alami saat itu di jam kerja dan pada hari kerja.

Jadi, pergunakanlah layanan yang disediakan oleh platform aplikasi pada hari dan jam kerjanya agar kendala yang Anda alami pada saat itu bisa langsung diproses.

6. Privasi Data Terjamin dan Aman

Privasi data Anda akan dijamin aman. Karena sebagian besar penyedia layanan sebuah pinjaman online yang beroperasi di Indonesia sudah resmi terdaftar dan berizin di OJK. Hal ini sudah pasti menjamin seluruh kerahasiaan data pribadi Anda dengan teknologi enkripsi dan keamanan terkini.

7. Metode Pembayaran Bervariasi

Terakhir adalah metode pembayaran yang bervariasi. Tidak harus mentransfer melalui Virtual Account saja, tapi banyak variasi untuk Anda mengembalikan dananya. Kalian bisa membayarkannya dengan e-wallet ataupun melalui minimarket terdekat.

Prosedur Pinjaman Online yang Resmi Terdaftar di OJK

Bagi kalian yang mungkin belum mengetahui prosedur apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan sebuah pinjaman, berikut adalah prosedur yang harus kalian lakukan.

1. Unduh Aplikasi

Pertama adalah mengunduh aplikasi yang ingin kalian gunakan. Aplikasi ini bisa kalian temukan di google playstore maupun app store.

2. Mengisi Data

Kedua adalah membuka aplikasi yang kalian unduh tadi untuk mengajukan tenor sekaligus nominal pinjaman dan mengisi data diri beserta informasi lain sekaligus mengunggah beberapa dokumen yang diperlukan sesuai dengan permintaan aplikasi tersebut.

3. Verifikasi dan Pencairan Dana

Langkah terakhir adalah menunggu semua data dan dokumen yang tadi Anda unggah terverifikasi oleh sistem. Setelah semuanya sudah terverifikasi dana akan langsung ditransfer ke rekening tujuan sesuai dengan nominal yang diajukan sebelumnya.

Cara Mengetahui Sebuah Layanan Pinjaman Online OJK atau Tidak

Sebelum menentukan untuk melakukan pinjol ada baiknya untuk mengetahui indikator dari sebuah aplikasi tersebut resmi atau tidak. Adapun indikator yang harus diketahui yang menyatakan bahwa itu adalah resmi ialah sebagai berikut.

1. Legalitas

Hal utama yang harus diketahui adalah legalitas dari apk tersebut. Apakah terdaftar OJK serta AFPI dan termasuk dalam daftar perusahaan fintech lending berizin atau tidak.

2. Suku Bunga dan Tenor Pinjaman

Kedua adalah suku bunga dan tenor pinjaman, lihatlah terlebih dahulu berapa suku bunga dan tenor yang di kenakan oleh pemberi dana. Jika bunga melebihi 0,8% perhari dengan tenor yang diberikan minimal 90 hari (3 Bulan) serta jumlah pengembalian dana maksimal 100% dari nilai pokoknya dan sudah meliputi biaya administrasi, denda, dan suku bunga.

3. Persyaratan dan Lokasi Kantor

Persyaratan yang diminta oleh pihak yang benar hanyalah informasi pribadi, informasi tempat kerja, nomor kontak darurat, dan yang penting adalah terakhir data kalian akan masuk proses verifikasi data yang telah Anda cantumkan tadi.

Untuk perusahaan resmi tentunya memiliki lokasi kantor dan akan mencantumkannya pada playstore maupun app store serta bisa dihubungi melalui e-mail yang dicantumkan oleh perusahaan terkait. Jadi unduhlah melalui playstore maupun app store saja dan cermati deskripsi terlebih dahulu sebelum mengunduhnya.

4. Akses Perangkat dan Prosedur Penagihan

Terakhir adalah akses perangkat dan prosedur penagihannya. Biasanya platform resmi dari pinjol akan meminta izin akses berupa kamera, lokasi, dan panggilan saja. Jika meminta lebih dari itu silakan tolak dan hapus dari perangkat ponsel Anda. Untuk prosedur penagihan sebuah platform resmi akan menagih dengan cara yang benar dan dengan etika yang benar.

Umumnya dilakukan tanpa adanya ancaman dan tidak mengandung unsur SARA. Debt Collector lapangannya pun harus memiliki surat resmi yang dikeluarkan dari pihak perusahaan terkait.

Itulah tadi penjelasan mengenai pinjaman online. Saat ini semakin banyak platform-platform yang tersedia dan di tayangkan di berbagai sosial media dan tidak tahu soal legalitasnya apakah resmi atau tidak. Setelah membaca artikel ini semoga saja bermanfaat bagi semuanya.

Pos terkait