Syair: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

  • Whatsapp

Adakah yang telah mengetahui apa itu syair secara rinci? Sesungguhnya, syair berasal dari bahasa Arab yaitu, Syu’ur yang memiliki arti perasaan. Jika ditinjau dari muasal katanya, syair dapat diartikan sebagai sebuah ekspresi atau perasaan dan juga pikiran dari orang yang membuatnya.

Oleh karena itu, untuk lebih jelas mengenai pngertian syair, jenis, dan contohnya, mari sama-sama disimak pembahasan di bawah ini beserta struktur yang terkait di dalamnya.

Bacaan Lainnya

Pengertian Syair

Syair merupakan salah satu bentuk puisi lama yang setiap bait terdiri dari empat larik atau baris yang berakhir dengan bunyi yang sama. Syair biasanya dipakai untuk melukiskan suatu hal yang panjang seperti tentang suatu cerita, sebah nasihat, agama, cinta, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, bait yang terdapat didalam syair berjumlah sangat banyak. Jika dilihat dari struktur fisiknya, Syair sangat terikat pada suatu jumlah baris dari setiap satu baitnya, jumlah dari suku kata didalam setiap barisnya, jumlah bait didalam setiap puisinya, dan juga aturan didalam hal rima serta ritma.

Karakteristik Syair

Sebelum kita ingin membuat syair, tidak ada salahnya jika kita mempelajari terlebih dahulu ciri-ciri yang terdapat di dalam syair. Hal ini bertujuan agar dapat membedakan mana ciri-ciri syair dan manakah ciri-ciri pantun. Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Syair terdiri dari empat baris atau larik dari setiap baitnya.
  • Setiap baris di dalam syair terdiri dari 8-14 suku kata.
  • Di dalam setiap bait syair, bermakna sebagai satu kesatuan.
  • Syair memiliki pola sajak a-a-a-a.
  • Di dalam Syair ini tidak terdapat sampiran layaknya sebuah pantun. Jadi di dalam sebuah syair, semua baris memiliki isi dan juga makna.
  • Makna dari syair tersebut ditentukan dari bait-bait yang selanjutnya.
  • Syair menggunakan gaya bahasa kiasan.
  • Syair juga biasanya berisi tentang sebuah dongeng, cerita, petuah, nasihat dan lain sebagainya.
  • Di dalam sebuah syair, irama hanya terjadi di setiap pertengahan baris. Umumnya di antara 4-6 suku kata.

Unsur-unsur Syair

Unsur yang ada di dalam sebuah syair berupa unsur intrinsik dan juga unsur ekstrinsik. Berikut ini beberapa penjelasan dari kedua unsur tersebut, yaitu:

Unsur Intrinsik Syair:

  • Tema, yaitu merupakan sebuah ide pokok yang ingin disampaikan oleh seorang penyair melalui syair yang dibuatnya kepada para pembaca.
  • Perasaan, yaitu merupakan sesuatu yang ingin diungkapkan oleh penyair. Misalnya ciri khas dari syair, cara pandang, karakter dan lain sebagainya.
  • Nada, merupakan sebuah intonasi atau juga disebut sebagai penekanan didalam isi syair seperti mengejek, menasehati, bergurau, bergembira, mengkritik, berbelas kasihan dan lain sebagainya.
  • Amanat, yaitu merupakan sebuah pesan ataupun nasehat yang ingin disampaikan oleh penyair kepada setiap pembacanya.

Unsur Ekstrinsik Syair:

  • Unsur Ekstrinsik yang pertama latar belakang dari kehidupan seorang penyairnya.
  • Kedua, yaitu latar belakang pendidikan seorang penyair.
  • Ketiga, latar belakang sebuah budaya dan sosial.
  • Keempat unsur Ekstrinsik yang terakhir adalah adat atau kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Macam-macam Syair

Dari penjelasan di atas syair juga memiliki beberapa macam seperti pantun, macam-macam pantun, yaitu seperti uraian di bawah in

Syair Kiasan

Syair kiasan merupakan salah satu jenis syair yang di dalamnya terdapat sebuah cerita yang berhubungan dengan percintaan antara bunga, burung, ikan, buah-buahan, yang semua hanyalah sebatas simbol yang terdapat di dalamnya. Syair Kiasan juga bisa dipakai dalam bentuk sindiran atau kiasan yang dipakai saat peristiwa tertentu.

Contoh Syair Kiasan:

Syair Romantis

Syair romantis merupakan salah satu jenis syair yang di dalamnya berisi tentang sebuah percintaan sebagai pelipur lara atau cerita rakyat dan lain sebagainya.

Contoh Syair Romantis:

Syair Pendidikan

Syair pendidikan merupakan salah satu jenis syair yang berisi sebuah kandungan pesan tentang suatu pendidikan. Baik itu didalam suatu sistem pengajaran, kualitas dari pendidik dan juga siswa, serta hal-hal lain yang sangat berkaitan dengan suatu dunia pendidikan.

Contoh Syair Pendidikan:

Syair Panji

Syair panji merupakan salah satu bentuk dari syair yang di dalamnya berisi atau mengandung sebuah cerita tentang keadaan atau peristiwa yang terjadi di dalam sebuah kerajaan dan istana.

Contoh Syair Panji:

Itu tadi uraian atu pembahasan mengenai Syair yang meliputi pengertian syair, jenis syair, dan contoh syair juga hal-hal yang terkait didalam nya. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *