Backlink Berkualitas

Pengertian Backlink dan Manfaat Backlink

ilustrasi backlink

Backlink berkualitas sejatinya sangat mudah didapat asal tahu jenis backlink

Backlink atau pranala balik merupakan sebuah tautan yang ditanamkan pada banyak blog atau website. Tautan itu akan menuju ke website lain yang tengah dioptimasi.

Backlink berfungsi meningkatkan peringkat website atau blog di mesin telusur. Backlink bertujuan untuk menaikkan page rank dan meningkatkan kepopuleran website.

Sebelum mesin pencari (search engine) berperan penting dalam menentukan page rank, backlink menjadi semacam navigasi sebuah website. Jadi, secara ringkas backlink adalah inbound link yang mengarah ke post postingan.

Indikator kepopuleran sebuah website juga berasal dari jumlah backlink itu dan berkaitan erat dengan kualitas konten, dan kualitas website. Dengan kata lain, backlink yang baik tidak berasal dari website spam.

Sebelum membangun website atau blog, ada baiknya Anda mecari referensi bacaan tentang membangun website berkualitas. Anda juga bisa membeli keperluan domain dan hosting dengan teknologi server IIX dengan performa tinggi berkelas dunia dan load website lebih cepat dan lebih ringan, serta hosting murah, yang bisa Anda dapatkan hanya di Niagahoster.

Nah, untuk mengenal apa itu backlink secara rinci, di bawah ini merupakan daftar istilah umum yang berkaitan dengan backlink disertai pengertiannya.

Juice Link

Juice link adalah ketika sebuah halaman website atau blog menyematkan link yang mengarah ke sebuah artikel atau sebuah situs. Juice link ini sering juga disebut inbound link, yang berguna mendongkrak tingkat artiekel di mesin pencari sekaligus meningkatkan otoritas domain.

Nofollow Link

Nofollow link merupaka tautan sebuah website ke website lain, tetapi link ini memiliki tag nofollow. Maka link atau tautan ini tidak dianggap sebagai juice link. Webmaster menggunakan tag nofollow sewaktu ia mengoneksikan  tautan ke sebuah situs yang tidak berkaitan sama sekali. Misalnya, link dari komentar di blog lain.

Dofollow Link

Dofollow link adalah link yang bagus untuk sebuah website. Umumnya, semua tautan atau link yang Anda tambahkan ke dalam sebuah postingan blog termasuk dalam kategori link dofollow. Link dofollow biasanya akan lulus juice link.

Linking Root Domain

Linking root domain merupakan jumlah backlink yang menuju ke website Anda dari nama domain utama yang unik. Misalnya, Website A telah dikaitkan dengan website B sebanyak sepuluh kali,  maka secara otomatis hal tersebut akan dianggap sebagai link dari satu root domain.

Low-Quality Link

Low-quality link merupakan link yang memiliki kualitas rendah dibanding link dofollow atau link lainnya. Link yang berkualitas rendah ini biasanya bersumber dari tautan website spam, situs dewasa, dan sejenisnya. Bahkan link ini jauh lebih banyak buruknya ketimbang baiknya. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat membeli backlink.

Internal Link

Dari namanya saja sudah internal link. Itu artinya, link ini akan membawa anda ke halaman lain ke dalam website atau domain yang sama. Proses ini lah yang sering disebut dengan linking. Contoh yang bisa Anda temukan di blog atau website seperti related post, dan "baca juga" di dalam postingan artikel.

Anchor Text

Teks yang digunakan untuk hyperlink disebut anchor text. Backlink dengan anchor text bekerja saat Anda mencoba mengoptimasi untuk hasil pencarian lebih baik dengan kata kunci tertentu.

Manfaat  Backlink

Memilih backlink berkualitas akan berdampak pada perkembangan website Anda. Adapun manfaat backlink, yaitu:

  • Meningkatkan page rank dari website tersebut.
  • Meningkatkan kualitas SEO dan SERP.
  • Meningkatkan jumlah pengunjung.

Sejatinya, banyak cara mendapatkan backlink berkualitas. Sebagai contoh, Anda bisa memperoleh backlink yang baik dengan dua cara, yaitu black hat dan white hat. Memperoleh backlink white hat bisa diperoleh dengan  melakukan blogwalking, saling bertukar link, meninggalkan komentar di sebuah website. Sementara itu, untuk mendapat backlink blackhat umumnya adalah dengan cara link wheel, blog dummy dan pyramid.

Perbedaan Eksternal Link dan Internal Link

Eksternal link 

Eksternal link adalah tautan yang mengarahkan pengunjung ke website lain. Para master SEO mengatakan, link eksternal (external linking) merupakan metode yang baik sekaligus penting dalam hal membantu website meraih rangking teratas.

Eksternal link memiliki “Juice Link” berbeda dari internal link karena mesin pencari,  seperti Google, Yahoo, dan Bing, dan lain-lain menganggap sebagai rekomendasi dari pihak lain untuk mempercayai bahwa link tersebut relevan.

Internal Link

Secara harfiah internal link adalah link yang merujuk pada alamat (domain) yang sama pada sumber asalnya. Dalam bahasa awam, link internal adalah tautan yang mengarah ke pranala dalam website itu sendiri atau website yang sama.

Pada dasarnya internal link juga berpengaruh untuk upaya SEO, yaitu dengan selalu menautkan konten yang saling berkaitan ke dalam artikel website atau halaman website. Hal ini dapat membantu mesin pencari dalam menganalisis banyaknya halaman pada situs Anda.







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar