Patrick Rimba, Digital Consultant yang Peduli UMKM Melek Digital

Digital Marketing Consultant adalah seseorang yang memiliki profesi (bekerja) dalam menciptakan dan menerapkan strategi digital marketing untuk berbagai sektor bisnis.

Patrick Rimba Digital Marketing Consultant
Foto: Dok. Patrick Rimba

KAWULA ID – Profesi Digital Marketing Consultant di industri digital semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Sebut saja, Patrick Rimba yang kerap menggaungkan literasi digital marketing di berbagai platform dengan tujuan UMKM melek digital.

Pasalnya, tidak semua pebisnis mampu melakukan digital marketing. Tidak heran jika banyak pebisnis melirik Digital Marketing Consultant dalam menciptakan dan menerapkan pemasaran digital untuk berbagai sektor bisnis.

Patrick Rimba adalah salah satu tokoh digital marketing yang telah mengenalkan Strategy Digital pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang sangat awam dengan sosial media, khususnya usia 40 tahun ke atas.

Di samping itu, ratusan UMKM telah dibantu dan diedukasi seputar strategy phygital, basic digital marketing, hingga pada tahap memotivasi UMKM untuk lebih berani berjualan secara live streaming.

“Literasi tentang pemasaran digital saat ini masih perlu digaungkan ke berbagai lapisan masyarakat yang pelan-pelan mulai mencari tahu bagaimana berjualan secara online,” kata pria kelahiran Medan itu.

Kepedulian Patrick terhadap UKM di Indonesia agar bisa lebih maju, ia bagikan melalui media sosial Instagram @patrcikrimba11, Linkedin, dan platform digital lainnya, seperti Podcast Motivasi di Spotify, dan juga Noice.

Kerja keras Patrick sebagai Digital Marketing Consultant dalam membantu UMKM berbuah manis.

Ia dianugerahi Indonesia Inspiring Professional and Leadership Award pada tahun 2021 silam, dan menerima Rekor Prestasi Indonesia kategori Rekor Prestasi Digital Terbaik. Tak sampai di situ, baru-baru ini Patrick Rimba selaku Founder Benson Indonesia juga dianugerahi Best Performance Digital Company 2022.

Sebagai seorang pengusaha, ia pun sempat mengalami pasang surut dalam menapaki puncak karier. Cara marketing yang lesu, dan munculnya sistem atau pola baru membuat pria 29 tahun ini mengubah strategi pemasaran dan mengikuti trend untuk menjangkau konsumen.

“Hal itulah yang menjadi titik balik saya untuk terus menggali tentang pemasaran digital di awal-awal karier sebagai pengusaha,” imbuhnya.

Kini, selama 7 tahun berkarier sebagai Digital Consultant, dirinya dipercaya untuk bekerjasama dengan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) dalam menjalankan Program Pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dalam hal literasi digital, Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), dan menjadi pembicara di berbagai Universitas unggulan seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, UNS, hingga menjadi pembicara di perusahaan swasta terkemuka di Indonesia.

Mengenal Profesi Patrick Rimba sebagai Digital Marketing Consultant

 


Digital Marketing Consultant adalah seseorang yang memiliki profesi (bekerja) dalam menciptakan dan menerapkan strategi digital marketing untuk berbagai sektor bisnis.

Melalui digital marketing consultant pelaku usaha dapat menyampaikan semua keluhan, keinginan, atau berbagai masalah yang tengah mereka hadapi saat menjalankan bisnis.

Digital marketing consultant biasanya memiliki berbagai ide untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Secara garis besar, profesi Digital Consultant memiliki kemampuan mengembangkan teknik digital marketing yang inovatif yang sudah pernah mereka terapkan.

Selain itu, kata Patrick, trend digital marketing selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, pelaku usaha perlu memperbarui penggunaan strategi digital marketing yang sedang berkembang.

“Misalnya, perlu membuat konten untuk online store dan mengetahui memiliki tim kreatif digital dan mengkonsultasikan urusan marketing ke digital konsultan,” katanya.


Ikuti Artikel Terbaru Kawula ID di Google News