SEO Off Page: Membangun Popularitas Lewat Media Sosial

  • Whatsapp
seo off page

SEO Off Page adalah tindakan optimasi yang dilakukan di luar halaman website. Dengan kata lain, pengoptimalan website melibatkan peran lain.

Peran lain yang dimaksud, yaitu media sosial, yang memiliki fungsi meningkatkan pengunjung blog. Tak bisa dimungkiri, peran media sosial punya pengaruh besar terhadap perkembangan blog ke depannya.

Bacaan Lainnya

Tidak sampai di situ, media sosial ternyata juga memberi efek positif untuk SEO (Search Engine Optimization) website. Karena itu, orang-orang seringkali menggunakan media sosial sebagai jembatan komunikasi ke sesama pengguna.

Jadi, media sosial merupakan platform yang cocok untuk mempromosikan sebuah produk sekaligus menjaring konsumen. Berikut pengaruh media sosial terhadap SEO off page website.

Pengaruh Media Sosial Terhadap SEO Off Page

Jadi, media sosial merupakan platform yang cocok untuk mempromosikan sebuah produk sekaligus menjaring konsumen. Berikut pengaruh media sosial terhadap SEO off page website.

Meningkatkan Pengunjung Blog

Pengunjung (traffic) blog adalah faktor utama untuk meningkatkan peforma website. Mungkin tidak semua blog mampu mendatangkan pengunjung secara organik. Maka, di sinilah peran media sosial sebagai Off-Page SEO.

Melalui media sosial, traffic blog bisa ditingkatkan melalui visibilitas (keterlihatan) konten yang telah dibagikan ke berbagai platform medsos. Manfaat lainnya adalah jangkauan yang lebih luas.

Keuntungan ini datang berbarengan dengan tersedianya berbagai macam platform yang bisa digunakan sebagai media untuk menyiarkan konten Anda entah dalam bentuk gambar bahkan video.

Rangking Profil Media Sosial di Mesin Pencari

Profil media sosial sangat berpengaruh terhadap SEO off page. Tugas utama mesin pencari adalah mendeteksi hasil pencarian (dalam hal ini brand) di halaman pertama. Ringkasnya, membangun citra yang baik di media sosial adalah kunci utama.

Dari sini, Anda bisa melihat peringkat sekaligus snipet dari review (ulasan) terhadap bisnis yang Anda jalankan. Melalui kunjungan profil, pengunjung dapat mengenal brand lebih dekat sekaligus mengenal secara personal brand Anda.

Meningkatkan Jangkauan

Seperti yang telah saya singgung di atas, peran media sosial dapat meningkatkan jangkauan yang lebih. Sebagai sebuah platform, media sosial punya peran lain di mata mesin pencari. Hal ini erat kaitannya dengan kata kunci yang relevan saat diketikkan pengguna melalui mesin telusur.

Jangkauan konten yang lebih luas akan membawa traffic dengan kualitas yang baik, dan ini akan mempengaruhi SEO Anda, tentu saja.

Sebagai contoh, saat seseorang membagikan konten Anda di media sosial, maka akan terbentuk rantai sehingga konten tersebut akan selalu dibagikan oleh pengguna lainnya.

Dengan begitu konten yang telah dibagikan tadi akan muncul pada featured snippet yang mengandung kata kunci tertentu. Apalagi jika ada pengaruh dari influencer di media sosial.

Mesin Pencari Media Sosial

Lazimnya, orang-orang mencari sesuatu melalui mesin telusur yang familiar. Media sosial juga memiliki mesin pencari yang kuat. Dalam konteks media sosial, orang bisa saja menemukan profil, halaman, bahkan konten sesuai kata kunci yang mereka ketik di mesin pencari media sosial.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan optimasi halaman media sosial dengan kata kunci (keyword) yang relevan dalam upaya meningkatkan visibiltas sebuah brand (merek).

Off Site SEO Local Listing

Dalam poin ini, ada hal yang perlu Anda lakukan, yaitu mendaftarkan alamat situs web Anda atau bisnis Anda di local listing Google Bisnisku agar semakin banyak pelanggan yang dapat melakukan review terhadap bisnis Anda secara langsung di Google.

Jika bisnis Anda sering mendapatkan nilai yang bagus, maka Anda bisa mendapatkan rekomendasi gratis dari Google agar bisnis Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Menarik, bukan?

Bukan hanya di Google Bisnisku saja, sebaiknya Anda juga mendaftarkan lokasi bisnis atau web di halaman Facebook Anda. Caranya dengan menuliskan alamat bisnis Anda di pengaturan halaman Fanpage Facebook.

Tidak ubahnya dengan Google Bisnisku, di halaman Facebook, Anda bisa menentukan dan membuat hari,  jam buka sehingga pelanggan dapat menghubungi Anda sesuai jam buka. Manfaat mengaktifkan fitur ini adalah dapat membuat pelanggan lebih mudah menemukan bisnis dan melakukan chek in.

Semakin banyak mesin pencari mengenali aktivitas ini di akun sosial media Anda, maka akan semakin bagus untuk SEO, khususnya SEO Lokal.

Setelah mengetahui beberapa manfaat media sosial untuk kepentingan SEO, sebaiknya segera lakukan optimasi SEO di blog, yaitu dengan cara mengaitkan media sosial di dalam fitur atau widget blog.

Jangan melupakan media sosial untuk strategi SEO yang lebih baik. Sebab, pengaruh media sosial sangat berpengaruh besar terhadap strategi SEO Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *