Niat Puasa Dibaca Sekali untuk Sebulan Penuh, Apakah Boleh?

Niat Puasa Dibaca Sekali untuk Sebulan Penuh, Apakah Boleh?

Puasa tinggal menghitung hari. Umat muslim di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa setiap Ramadan tiba, dan perintah puasa ini turun langsung dari Allah SWT.

Menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan jauh lebih nilainya. Oleh karenanya, sebelum menunaikan puasa, harus diawali dengan niat.

Khusus di bulan Ramadan, niat berpuasa tak sama dengan niat berpuasa di hari yang lain. Namun, apakah puasa kita afdal jika meniatkan diri sekali saja untuk sebulan penuh berpuasa?

Ternyata niat puasa di bulan suci Ramadan mesti diucapkan sejak malam sebelum masuk hari pertama puasa, dan itu berlaku setiap hari untuk sebulan penuh Ramadan.

Lalu bagaimana jika niat puasanya diucapkan sekali saja untuk sebulan lamanya berpuasa?

Niat puasa harus tiap malam? Ini Mazhabnya

Dikutip dari Islami.co, niat puasa Ramadan sekali sebulan penuh memang ringan. Akan tetapi, Taqiyuddin Abu Bakar Muhammad Al Hushni dalam Kifayatul Akhyar mengingatkan dengan pendapatnya sebagai berikut.

“Puasa tidak sah tanpa niat. Keharusan niat didasarkan pada hadis. Tempat niat itu di hati. Karenanya, niat tidak disyaratkan secara lisan. Ketentuan ini disepakati bulat ulama tanpa perbedaan pendapat.”

“Niat puasa wajib dipasang setiap malam. Karena, puasa dari hari ke hari sepanjang Ramadan merupakan ibadah terpisah. Coba perhatikan, bukankan puasa Ramadan sebulan tidak menjadi rusak hanya karena batal sehari? Kalau ada seseorang memasang niat puasa sebulan penuh di awal Ramadan, maka puasanya hanya sah di hari pertama. Demikian pendapat ini mazhab.”

Penjelasan Taqiyuddin menyatakan niat puasa tidak boleh dilakukan sekali untuk sebulan, tapi harus setiap malam. Sebab, nilai ibadah puasa Ramadan berbeda setiap harinya.

Untuk menghindari lupa niat puasa Ramadan, ada baiknya mengikuti salat tarawih berjemaah. Di samping mendapat pahala kita tidak akan luput dari niat puasa yang lazim dipimpin imam sebelum salat tarawih dibubarkan.

Sumber: Liputan6.com / Editor: Tim

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *