Tentang Midtrans Payment Gateway

Avatar
midtrans payment gateaway adalah

Midtrans Payment Gateway adalah platform solusi pembayaran yang berada di bawah naungan PT Midtrans. Platform yang memudahkan bisnis dan usaha penggunanya ini mendukung berbagai transaksi di e-commerce.

Perusahaan ini dirintis pada tahun 2012. Mereka pun memulai bisnisnya dengan menjadi solusi pembayaran yang aman dan memudahkan para pelaku e-commerce. Lantas, dalam tiga tahun, platform ini sudah bekerja sama dengan sejumlah bank sebagai langkah awal untuk mendukung transaksi di ekosistem e-commerce.

Di dalamnya, ada 16 cara pembayaran dengan satu cara yang terintegrasi dengan mudah. Layanan yang tersedia di platform ini pun mampu mendeteksi penipuan atau fraud dan sistem distribusi dana ke beberapa bank di tanah air.

Di sisi lain, sejumlah bisnis yang didukung oleh layanannya mulai dari mode, agen perjalanan, hingga platform lowongan kerja.

Mengenai Midtrans Payment

Platform ini didirikan pada tahun 2012 dengan nama Veritrans.  Lantas, pada 2013,  mereka membuka kantor di Bandung dan meluncurkan debit langsung. Tahun berikutnya, perusahaan ini meluncurkan virtual account.

Selanjutnya, pada tahun 2015, mereka pun me-launching pembayaran secara langsung dan tahun 2016 perusahaan ini melakukan rebranding.

Perusahaan ini berhasil mencapai 1.000 pelanggan dan 100 staf serta membuka kantor di Bali dan Yogyakarta. Di samping itu, mereka juga me-launching Aegis atau sistem pendeteksi anomali dan Payouts.

Pada tahun 2017, perusahaan ini diakuisisi oleh Gojek dan mereka pun meluncurkan selly-logo, aplikasi asisten admin, dan logistik. Kemudian, pada tahun 2018, perusahaan me-launching Gopay dan pada 2020 lalu, perusahaan ini meluncurkan QRIS.

Menjadi bagian dari ekosistem pembayaran Gojek Group, platform in menjalin kemitraan dengan sejumlah jaringan bank dan perusahaan fintech besar di tanah air. Hal itu merupakan komponen utama dalam komitmen Gojek dalam mempermudah transisi pelaku usaha ke ranah daring.

Perusahaan ini sudah terdaftar di Bank Indonesia sebagai penyelenggara payment gateway dengan Nomor 20/320/DKSP/Srt/B tanggal 27 Agustus 2018. Platform ini pun mematuhi pedoman keamanan terbaru dan sesuai dengan standar industri PCI DSS (level 1) dan ISO 27001.

Profil Produk

Platform digital yang satu ini menawarkan tiga produk utama, yakni:

  1. Online Payment: Dengan 24 pilihan metode pembayaran, pelanggan bisa membayar dengan mudah.
  2. In-Store Payment: Partner platform ini siap membantu dengan solusi in-store payment.
  3. Payouts: Pembayaran ke banyak rekening bisa dilakukan sekaligus dengan cepat dan mudah.

Manfaat yang Ditawarkan Midtrans Payment

1. Keamanan Transaksi

Di samping mengantongi sertifikat keamanan data tingkat dunia (ISO 27001), platform ini pun menggunakan inhouse Fraud Detection System bernama Aegis yang dirancang untuk memfasilitasi perubahan dan pembuatan fraud rules secara instan untuk menghadapi serangan fraud secara tiba-tiba.

Melalui Aegis, perusahaan secara konsisten berhasil menjaga tingkat kegagalan pembayaran lebih rendah dari rata-rata industri, yaitu dengan tingkat fraud di bawah 0,1%.

2. Variasi metode pembayaran yang tersedia

Platform ini juga terus menambahkan sejumlah metode pembayaran hingga saat ini mencapai total 24 jenis. Termasuk pula yang terbaru, yaitu BCA Virtual Account dan Shopeepay.

3. Kemudahan Integrasi Produk

Mengingat ada beragam kemampuan teknologi di sisi merchant, perusahaan ini kemudian menawarkan berbagai model integrasi. Yang paling kompleks adalah API, untuk kebutuhan Enterprise, Mobile SDK, dan Plug-in yang cocok untuk website e-commerce yang sedang berkembang. Yang paling sederhana adalah Payment Link, yang bisa dibuat di dashboard platform ini dan dipakai untuk transaksi melalui aplikasi chat/messenger.

Di samping itu, secara sistem, platform ini juga telah terintegrasi dengan sejumlah layanan website, misalnya Shopify, Sirclo, WordPress, Magento, dan sebagainya.

4. Merchant Support

Payment gateway yang satu ini diketahui juga menyediakan sejumlah kanal bantuan berupa email, nomor telepon, dan layanan asisten virtual bernama AMY. Layana AMY ini bisa diakses melalui website resmi perusahaan.

Beragam jenis panduan tersedia untuk mudah diakses dan dimengerti oleh siapa pun, bahkan untuk merchant yang tidak tech-savvy.

5. Pendukung Bisnis: Pendanaan Usaha

Terkait hal ini, perusahaan telah bekerja sama dengan empat layanan funding, antara lain Investree, Akseleran, Koinworks, dan Mandiri. Layanan itu secara seamless tersedia untuk menjadi bagian pertumbuhan merchant lewat kemudahan pendaftaran, pencairan dana, dan pembayaran angsuran melalui sistem dari platform ini.

Cara Daftar Midtrans Payment

  • Klik tombol “Daftar sekarang” di link https://account.midtrans.com/register. Sementara itu, khusus untuk bisnis individu, daftar dengan mudah melalui WhatsApp di gjk.id/whatsappregmidtrans.
  • Periksa email Anda dan klik link aktivasi email
  • Log in di account.midtrans.com/login untuk mengakses dashboard. Anda dapat menjelajahi berbagai fitur dan membuat transaksi uji coba di mode Sandbox.
  • Klik banner merah “Selesaikan Pendaftaran” untuk menyelesaikan proses registrasi
  • Unggah (upload) dokumen yang dibutuhkan, lalu baca dan bila setuju, klik tombol “Saya setuju” setelah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk individu, persyaratan dokumennya terdiri darii  KTP (untuk WNI) serta Passport dan KITAS (untuk WNA). Pembayaran kartu menggunakan NPWP. Bagi badan usaha, diperlukan syarat berupa KTP Direktur (untuk WNI), Passport dan KITAS (untuk WNA), NPWP bisnis, Akta Pendirian, Akta Perubahan, SK Menkeh.
  • Anda akan dialihkan ke dashboard, lalu Bank Transfer, GoPay, dann QRIS akan diaktifkan secara otomatis. Jika Anda juga mengaktifkan pembayaran kartu kredit/debit, mohon menunggu informasi status aplikasi Anda dari pihak perusahaan.
  • Anda akan menerima email dengan Syarat dan Ketentuan yang sudah Anda setujui. Dokumen ini bisa di-download dalam waktu 1 x 24 jam.