Meski Gratis, Bus Trans Banjarmasin Masih Sepi Penumpang, Ada Apa?

sumber : Mobil Komersial

Bus Trans Banjarmasin yang baru saja diresmikan pada Selasa (18/2/2020) masih sepi penumpang. Padahal, pemerintah memberikan layanan gratis bagi penumpang bus.

Ronald, warga Kota Banjarmasin mengaku keterisian Bus Trans Banjarmasin memang masih sedikit. Kurangnya sosialisasi dan promosi disebut-sebut sebagai salah satu faktor sepinya penumpang bus Trans Banjarmasin.

“Mungkin kurang promosi dari pemerintah kota (Pemko), karena tidak semua masyarakat menggunakan media sosial (medsos). Selama ini promosinya di medsos,” kata Ronald, seperti dikutip dari laman Kanalkalimantan.com, Kamis 20 Februari 2020.

Bus Trans Banjarmasin, lanjut Ronald, harus lebih giat lagi melakukan promosi dan sosialisasi. Sehingga banyak warga yang bisa memanfaatkan keberadaan transportasi massal ini.

“Kayak Bus BRT (Bus Rapid Transit) Banjarbakula itu keliling, jadi masyarakat tahu,” kata Ronald.

Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina membenarkan sepinya penumpang bus Trans Banjarmasin. Ia menyebutkan akan terus menyosialisasikan keberadaan bus Trans Banjarmasin kepada warga setempat.

“Iya, ini karena baru beberapa hari beroperasi. Kita tetap akan terus sosialisasikan,” kata Ibnu.

 

Tentang Bus Trans Banjarmasin

Bus Trans Banjarmasin diresmikan oleh pemerintah Kota Banjarmasin pada Selasa 18 Februari 2020. Bus ini memiliki 20 kursi dan dilengkapi interior modern dan nyaman.

Dilansir dari laman Kanalkalimantan.com (20//2), Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Banjarmasin Ichwan Noor Chalik melalui Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Orang Fajar Putra Nugroho menjelaskan Bus Trans Banjarmasin beroperasi mulai pukul 06.00 WITA hingga 19.00 WITA.

Bus Trans Banjarmasin memiliki dua koridor. Maisng-masing koridor dilayani oleh tiga unit bus. Kedua koridor ini, kata Fajar, tidak tumpang tindih dengan Bus BRT Banjarbakula yang lebih dulu beroperasi di Banjarmasin satu tahun terakhir.

“Justru kami terintegrasi (dengan bus BRT Banjarbakula). Jadi ada beberapa halte yang terintegrasi dengan BRT Banjarbakula,” kata Fajar.

Adapun rute yang dilalui bus Trans Banjarmasin, yaitu rute koridor pertama dimulai dari Terminal Km 6 menuju Pasar Antasari via Jalan Pramuka, Jalan Gatot Subroto, Jalan Achmad yani, dan Jalan Jati-Jalan Pangeran Antasari – pulang pergi.

Untuk Koridor kedua, dimulai dari Pasar Antasari menuju Jalan Pangeran Samudera, Jalan Lambung Mangkarut, Halte 0 Kilometer, Jalan Keramaian, Jalan Tarakan, Jalan S Parman hingga Jalan Hasan Basry Kayutangi – pulang pergi.* (Mla)
 







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar