Obati Jerawat dengan Alami Akibat Stres Selama di Rumah Aja

  • Whatsapp
mengobati jerawat dengan alami

Mengobati jerawat dengan alami – Selama pandemi ini kita dianjurkan untuk melakukan semua kegiatan hampir di rumah aja, dan sudah hampir 8 bulan pandemi tak kunjung membaik. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak yang stres akibat terlalu lama di rumah aja, kurangnya liburan, masalah ekonomi, dan jarang berkumpul bersama teman atau saudara juga berdampak pada stres yang kita alami.

Saat Anda stres tubuh akan memproduksi lebih banyak kortisol. Jika Anda kelebihan kortisol atau hormon stres, tubuh juga akan meningkatkan androgen sehingga menyebabkan lebih banyak jerawat yang muncul.

Jerawat yang muncul karena stres memicu ketidakseimbangan hormon. Selama masalah hormon Anda tidak seimbang biasanya jerawat ini muncul di area dahi, hidung, dagu atau biasa dikenal sebagai zona-T. Jerawat ini biasanya berbentuk komedo, whiteheads, jerawat kecil, atau campuran dari ketiganya.

Mengobati jerawat dengan alami biasanya meminimalisir efek samping dari pada menggunakan produk yang dijual bebas di pasaran. Walaupun pengobatan secara alami tidak seefektif itu untuk mengobati jerawat yang disebabkan oleh stres, tapi hal ini lebih baik dari pada membuang waktu dan uang untuk produk yang belum tentu baik anda gunakan. Lalu bagaimana cara mengobati jerawat dengan alami akibat stres selama di rumah aja?

1. Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan theanin yang dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh kita sehingga membantu menurunkan stres anda. Akan tetapi anda tidak boleh menyeduhnya dalam keadaan air mendidih, karena kandungan katekin yang sangat bermanfaat dapat rusak dalam suhu yang tinggi.

Anda bisa menyeduh dalam suhu 70-75 derajat celcius untuk suhu yang paling optimal, dan anda bisa menambahkan lemon ke dalam teh. Karena vitamin C membantu penyerapan katekin dalam tubuh lebih optimal, jangan mencampurkan teh hijau dengan susu sebab kandungan yang dihasilkan oleh susu mengakibatkan penurunan penyerapan di dalam usus.

Teh hijau juga dikenal untuk mengurangi peradangan pada kulit. Anda bisa meminum teh hijau ini secangkir per hari untuk mengurangi stres, dan memperbaiki tekstur kulit anda. Jika anda bosan mengonsumsi teh hijau, anda bisa menggunakan lotion dan gel yang mengandung ekstrak teh hijau.

2. Kurangi Makanan Siap Saji atau Instan

Makanan siap saji biasanya memiliki kandungan lemak tinggi, gula yang berlebih dan sedikit nutrisi, hal tersebut merupakan salah satu penyebab stres dan depresi. Dengan mengurangi makanan siap saji seperti daging olahan, makanan yang digoreng, manis-manis, dan tinggi lemak akan membantu mengurangi stres anda. Sebaliknya selama di rumah aja Anda mungkin dituntut untuk mengurangi makanan tersebut dan beralih mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur setiap harinya.

Makanan yang tidak sehat tentu akan sangat berpengaruh terhadap kulit anda, tak heran mengapa kulit anda mudah berjerawat karena di dalam tubuh anda ada sesuatu yang tidak beres. Cobalah dengan mengonsumsi makanan sehat selama seminggu, jika anda mengonsumsi buah dan sayur setiap hari anda dapat merasakan perbedaan mood dan kulit yang sehat dibanding mengkonsumsi junk food.

3. Konsumsi Lebih Banyak Asam Lemak Esensial

Jika anda selama di rumah aja malas untuk masak dan beralih untuk mengkonsumsi makanan siap saji, bisa jadi anda juga kekurangan asam lemak dalam tubuh anda. Jika Anda kekurangan asam lemak esensial kulit akan mudah berjerawat, membuat hormon anda tidak seimbang, dan konsentrasi anda menjadi berkurang.

Untuk mendapatkan kandungan tersebut Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, alga, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Asam lemak membantu untuk pembentukan sel, mengatur sistem saraf, membangun sisitem kekebalan tubuh, membantu menyerap nutrisi. Selain itu, penting untuk kesehatan fungsi otak dan mata. Maka mulailah untuk penuhi nutrisi anda dengan optimal saat ini.

4. Batasi Gula yang Anda Konsumsi

Di saat Anda di rumah aja, aktivitas yang sering dilakukan mungkin menonton film atau bermain sosial media seharian, tidak dapat dipungkiri di saat Anda melakukan aktivitas tersebut, Anda membutuhkan camilan untuk menemani kegiatan Anda. Atau Anda termasuk seseorang yang tidak pernah bisa absen mengonsumsi teh dan kopi setiap harinya.  Teh, kopi dan camilan yang mengandung banyak gula akan membuat Anda berjerawat hingga stres.

Jika memang serius ingin menghilanhkan jerawat tanpa menggunakan obat-obatan tertentu, Anda dapat memulainya dengan tidak menambahkan gula ke dalam teh ataupun kopi. Karena jika kadar gula di tubuh anda tinggi, tubuh  akan memproduksi lebih banyak insulin, IGF dan meningkatkan sebum. Di mana sebum adalah penyebab utama yang membuat pori-pori anda tersumbat hingga membesar dan mendorong pembentukan jerawat.

5. Menggunakan Tamanu Oil 

Tamanu oil memiliki kandungan bahan alami yang bersifat menenangkan dan berguna untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Selain jerawat anda juga bisa menggunakan tamanu oil ini untuk mengobati bintik-bintik, bekas luka, stretch mark atau flek hitam di wajah dengan mengaplikasikannya langsung ke kulit Anda. Harga tamanu oil ini juga terjangkau dan mudah di dapatkan di berbagai toko online.

Jika Anda tidak terlalu yakin untuk menggunakan tamanu oil ini. Anda dapat mengoleskannya sedikit ke kulit tangan anda, sebelum Anda aplikasikan ke kulit wajah. Jika Anda tidak mengalami iritasi atau peradangan dalam waktu 24 jam, maka aman untuk digunakan.

Nah itulah cara mengobati jerawat dengan alami yang diakibatkan karena stres selama di rumah aja. Anda perlu ingat bahwa penjelasan tersebut adalah cara bagaimana menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran Anda. Karena pola hidup yang sehat akan membuat semuanya menjadi aman dan terkendali. (adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *