Mengaktifkan Iklan Otomatis di Bagian Bawah Halaman

  • 3 min read
  • Jun 29, 2020
Mengaktifkan Iklan Otomatis di bagian Bawah Halaman

Salah satu keresahan mitra Adsense adalah ketika iklan otomatis muncul atau menempel di tepi layar pada bagian atas halaman dan di bawah halaman secara bergantian. Terkadang, hal ini dapat mengganggu pengguna saat membaca artikel di blog.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi tentang cara memasang iklan otomatis yang hanya muncul di tepi layar pada bagian bawah saja layaknya iklan Sticky Ads, yang menempel di layar gawai atau smartphone pengguna.

Namun, apakah kamu sudah mengetahui apa itu iklan otomatis Google Adsense dan keuntungan memasang iklan otomatis Adsense di blog kamu? Berikut sedikit penjelasan tentang iklan otomatis Adsense yang perlu diketahui.

Apa Itu Iklan Otomatis Google Adsense

Sejatinya, jika Anda ingin menggunakan iklan otomatis, pihak Google Adsense memberi penawaran menarik, yaitu mengoptimalkan peletakan iklan di area yang dianggap Google adalah tempat terbaik hanya dengan menempatkan potongan kode yang telah disediakan pada bagian <head> dan </head>.

Format Iklan Otamatis Google Adsense

Jika Anda telah menempatkan potongan pada bagian yang telah ditentukan oleh pihak Google Adsense, Anda pun bisa memilih format iklan Google Adsense, di antaranya:

  • Iklan Dalam Halaman, format iklan ini akan muncul secara otomatis di bagian halaman utama (homepage). Terkadang, juga muncul di bagian tengah artikel.
  • Konten yang Sesuai, format iklan ini merupakan fitur promosi yang ada di Google Adsense. Menurut pihak Google, iklan ini akan meningkatkan jangkauan sekaligus pendapatan Anda.
  • Tanda Pagar, merupakan iklan yang muncul atau menempel di tepi layar pengguna. Jenis iklan ini pun bisa ditutup dengan mudah oleh pengguna.
  • Iklan Vinyet, format iklan ini adalah jenis iklan Google Adsense yang memuat seluruh layar gawai / smartphone, saat pengguna ingin beralih atau meninggalkan sebuah halaman (landingpage).

Nah, setelah tahu jenis iklan otomatis yang disediakan oleh pihak Google Adsense. Sebaiknya ketahui pula, apa saja manfaat iklan otomatis ini.

Manfaat Iklan Otomatis Google Adsense

Ada pun keuntungan iklan otomatis Google Adsense yang perlu diketahui, yaitu:

  • Peningkatan Pendapatan. Iklan otomatis memang memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan Anda sebagai mitra Google Adsense. Pasalnya, Google secara langsung akan menganalisis tempat terbaik mana saja yang layak ditaruh untuk iklan.
  • Sangat Mudah Digunakan. Seperti yang telah saya singgung di atas, iklan otamatis Google ini hanya memerlukan potongan kode yang telah diberikan oleh Google, dan Anda tinggal menempatkan di area yang telah ditunjuk oleh Google.
  • Menyesuaikan Iklan dengan Situs. Pihak Google juga tidak sembarangan dalam memunculkan iklan di blog Anda. Dengan kata lain, pihak Google akan menyesuaikan niche (kategori) blog Anda, sehingga iklan yang muncul pun cukup relevan dengan topik di blog.
  • Mobile Friendly. Tak perlu ragu dengan iklan otomatis. Google Adsense memiliki format iklan yang kaya bagi pengguna, sehingga tampilan iklan pun sudah dioptimasi baik oleh Google sesuai smartphone yang digunakan oleh pembaca.

Setelah mengetahui pengertian iklan otamatis Google Adsense beserta keuntungannya. Mari kita lanjut bagaimana mengubah tampilan iklan otomatis “Tanda Pagar” agar muncul pada tepi layar bagian bawah saja di versi mobile.

Cara Pasang Iklan Otomatis di Bagian Bawah Halaman

Seperti yang telah saya singgung di atas, format iklan otomatis yang muncul di layar pengguna smartphone tidak ubahnya dengan iklan Sticky Ads. Letakperbedaan iklan otomatis dan Sticky Ads adalah pada ketetapan.

Dengan kata lain, meski sama-sama terletak pada tepi layar bagian bawah mobile, iklan otomatis tidak bersifat tetap alias muncul berdasarkan frekuensi. Sementara itu, iklan Sticky Ads bersifat tetap dan selalu menempel pada tepi layar smartphone pengguna.

Untuk menonaktifkan iklan tanda pagar (anchor) di bagian atas, Anda hanya perlu mengubah sedikit saja. Atau dengan menambahkan parameter  overlays: {bottom: true} dan menempelkannya di bagian bagian <head> dan </head>.

BACA JUGA: Cara Mudah Buat Iklan Penelusuran Bersponsor

Perhatikan kode iklan otomatis yang diberikan oleh Google Adsense secara umum di bawah ini

<script data-ad-client=”ca-pub-1234567891234567″ async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>

Jika Anda ingin mengganti format iklan otomatis tersebut, silakan salin tempel kode di bawah ini, dan tempelkan kode di bagian <head> dan </head>. Namun, sebelumnya silakan ganti telebih dahulu kode ca-pub iklan dengan milik Anda sendiri.

<head>
<script async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<script>
  (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
    google_ad_client: “ca-pub-1234567891234567”,
    enable_page_level_ads: true,
    overlays: {bottom: true}
  });
</script>
</head>

Apakah dengan memodifikasi Iklan Otomatis yang telah ditentukan oleh pihak Google Adsense ini melanggar kebijakan?

Tidak. Sebab, Google Adsense telah memastikan bahwa kode (script) di atas adalah sebuah modfikasi yang ditentukan oleh pihak Google sendiri. Jadi, Anda tidak akan melanggar Kebijakan Program Adsense jika memodifikasi iklan dengan cara yang telah disetujui oleh pihak Google Adsense.

Itu tadi cara buat iklan otomatis hanya menempel di bagian bawah saja. Silakan dicoba, dan semoga bermanfaat.